Kursus / Bimbel / Aplikasi SOAP Web Services

SOAP Web Services

Simple Object Access Protocol | XML | WSDL

adalah standar komunikasi antar aplikasi/program berbasis XML dengan menggunakan HTTP/SMTP/TCP/FTP, meskipun berbeda OS, teknologi, dan bahasa pemrogramannya.Yaitu, layanan meng-encode header HTTP dan file XML sehingga program pada suatu komputer dapat memanggil program pada komputer lain dan mengirimkan informasi, dan bagaimana program yang dipanggil memberikan tanggapan.

Istilah:
SOAP menggunakan XML untuk format pesannya untuk menyampaikan informasi. REST adalah pola arsitektur sistem jaringan dan kependekan dari Representational State Transfer.
WSDL: Daftar Menu ttg layanan apa saja yang disediakan/Deskripsi Layanan Web.
Kelas Proxy: rutin program yang mau dibuat dalam mengambil data yang disediakan via list di WSDL.
SOAP: aplikasi protocal untuk agar bisa saling berkomunikasi.
XML Output: hasil keluaran web service akan data yang ada.
REST: gaya/aturan /pola peraturan yang berlaku / benar agar data bisa diakses, yaitu menggunakan HTTP untuk mengirim pesan ke layanan

Keunggulan SOAP Web Services

  • Mudah untuk mengembangkan dengan semantic transport
  • Bahasa, platform, dan transport agnostic
  • Dirancang untuk menangani lingkungan komputasi terdistribusi
  • merupakan standar yang berlaku untuk web servis, sehingga mempunyai dukungan yang lebih baik dari standar yang lain (WSDL, WS-*) dan tools dari berbagai vendor
  • Web Service mengijinkan perangkat lunak dan service dari perusahaan dan lokasi yang berbeda untuk dikombinasikan.
  • Web service mengijinkan penggunaan kembali service dan komponen didalam suatu infrastruktur.
  • Web service dapat secara bebas digunakan (loosely coupled) dengan demikian memudahkan suatu pendekatan terdistribusi ke peintegrasian aplikasi.

Struktur Dokumen SOAP Sebuah pesan SOAP adalah sebuah dokumen XML yang berisi elemen-elemen berikut: +Envelope sebagai sebuah pesan SOAP
+Header sebagai informasi header
+Body sebagai panggilan dan merespon informasi
+Fault sebagai pesan kesalahan yang terjadi pada waktu proses


Referensi Belajar:

Kursus Reguler SOAP Web Services

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop SOAP Web Services untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Adalah library web service berbasis SOAP menggunakan bahasa PHP.

NuSOAP ditulis oleh Dietrich Ayala dengan proyek awal bernama SOAPx4. Selanjutnya disewa NuSphere untuk terus mengembangkan proyeknya dan diberi nama NuSOAP.



Contoh penulisan SOAP

Lain-Lain :


WSDL merupakan suatu dokumen XML yang menjelaskan method-method apa saja yang tersedia dalam suatu web services, parameter apa saja yang diperlukan untuk memanggil suatu method, dan apa hasil dari method yang akan dipanggil.WSDL adalah dokumen XML yang menjelaskan layanan web yang diberikan.

Extensible Markup Language (XML) merupakan sebuah bahasa yang fungsi utamanya adalah sebagai media penyimpanan data.XML didesain untuk mampu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur.XML merupakan salah satu metamarkup language yang berupa teks biasa seperti dokumen HTML.


PILIHAN JENIS KURSUS