Kursus / Bimbel / Aplikasi VMware ESXi

VMware ESXi

vSpare | Nativ Hypervisor | Bare Metal OS

VMware ESXi ini adalah bagian produk vSpare yang digunakan untuk virtualisasi /Nativ Hypervisor (bisa langsung diinstall pada server) /Bare Metal (menginstall VM (Virtual Machine)). VMWare vSphere Hypervisor™ ESXi tersedia secara free dan dapat digunakan dilingkungan perusahaan.
Sedang vSphere adalah software suite dari VMware yang terdiri dari: VMware ESXi, vCenter, vMotion, vReplication, dsb.(Standard, Enterprise, Operations Management Enterprise Plus).

VMWare ESXi didesain juga untuk penggunaan di Enterprise atau Corporate level sehingga cocok bagi para pengguna yang ingin menggunakan teknologi virtualisasi powerful secara mudah.

Virtualisasi Desktop misalnya seperti VirtualBox, VMWare Server atau KVM, Xen Hypervisor, VMWare Workstation maupun VMWare ESXi Server yang berjalan diatas OS tertentu disebut sebagai :Hybrid Hypervisor/Hosted Architecture. Kelemahannya adalah adanya delay proses /membagi dua resourcesnya antara host dengan guest.
Sehingga, Untuk mengatasi problem tersebut, muncul teknologi virtualisasi dengan model /Arsitektur Bare Metal OS /Native Hypervisor / Type I, yang berjalan langsung pada hardware untuk menangani virtual mesin. Contoh teknologi virtualisasi bare metal OS adalah Microsoft Hyper-V hypervisor, VMware ESXi, Citrix XenServer, dan lain sebagainya.


Berikut beberapa fitur-fitur dari vSphere 6 :

  • Skalabilitas ESXi, mendukung clustering hingga 64hosts, dapat menjalankan 8000 VMs per cluster, 480 Logical CPUs, 12TB RAM per host, 1024 VMs, 128 CPU per VM, dan 4TB RAM per VM, dan juga mendukung hot-add RAM, USB 3.
  • Mendukung teknologi Nvidia GRID (vGPU dan vDGA), yaitu teknologi dimana VM dapat menggunakan VGA Nvidia langsung ke hardware tanpa melewati Hypervisor.
  • Skalabilitas vCenter, mendukung hingga 1000 hosts dan 10.000 VMs. Dan juga mendukung PostgreSQL database.
  • Terdapat vSphere App HA (High Availability).
  • Terdapat vSphere Web Client, yang mana dapat untuk memanajemen vCenter ataupun ESXi melalui web client.
  • Terdapat vMotion yang mana dapat migrasi VMs secara langsung melalui virtual switches, vCenter, dan dengan jarak hingga 150ms RTT.
  • Terdapat vSphere Replication yang mana dapat membackup VM apabila terjadi bencana.


Catatan Penting
  • VMWare vSphere menggunakan engine yang sama, yaitu ESXi Hypervisor, artinya versi free / lisensi /VMWare vSphere Enterprise Plus maka installernya adalah sama yaitu: Hypervisor ESXi (VMware-VMvisor-Installer)
  • Lisensi membuka atau mengaktifkan feature-feature yang secara default tidak aktif pada versi free /versi lisensi yang lebih rendah. Misal, VMWare vSphere versi Essentials tidak bisa menggunakan feature VMWare vMotion (Live Migration) sedangkan versi Enterprise bisa menggunakannya meski sama-sama menggunakan Hypervisor ESXi installer yang sama.
  • ESXi Hypervisor atau VMWare vSphere ESXi bersifat free dan berbentuk CLI/konsole. Sehingga untuk melakukan management pada ESXi harus menggunakan SSH atau lebih leluasa jika menggunakan VMWare vSphere Client.
  • Jika kita memiliki lisensi VMWare vCenter, kita bisa menggunakan vCenter untuk melakukan management terhadap banyak ESXi.
  • Saat pertama kali diinstall, ESXi Hypervisor akan bersifat free trial selama 60 hari sampai kita memasukkan serial number. Serial number bisa didapatkan dengan melakukan registrasi secara gratis di website VMWare. Jika kita baru mulai memakai vSphere untuk melakukan migrasi sistem dari server fisik ke server virtual, pilihan lisensi
  • vSphere Essentials Kit merupakan pilihan yang tepat(termurah),Support 3 server + vCenter
  • VMWare vSphere Essentials Kit Plus : VMWare Data Protection /VM backup, vMotion untuk Live Migration, High Availability dan lain-lain, Support 3 host + vCenter


Kursus Reguler VMware ESXi

Target Belajar VMware ESXi al penguasaan dalam hal :

  • Instalasi Host, VM, Konfigurasi NAT

  • Mensetting vCenter Client

  • Mengelola ESXi Server

  • Mengelola Virtual Machines

  • Membangun thin-provisioned VM

  • Mengelola Access Control Aplikasi pada VM

  • Mengelola Resource VM

  • Backup dan Tunning VM



Materi Lanjutan VMware ESXi al penguasaan dalam hal :

  • Instalasi vCenter Server

  • Mengelola akses kontrol dan Konfigurasi vCenter Server

  • Mengelola Storage banyak eSXi

  • Mengelola Jaringan banyak eSXi

  • Mengelola VM antar eSXi

  • Mengelola vMotion®

  • Mengelola vSphere® Web Client and VMware vSphere® Client™

  • Mengelola Storage vMotion®

  • Mengelola vMotion®

  • Mengelola Data Protection™



Maaf teman-teman... Kursus / Workshop VMware ESXi untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


vSphere

vSphere seperti Microsoft Office suite yang memiliki banyak perangkat lunak seperti MS Office, MS Excel, MS Access dan sebagainya. Juga terdiri dari: vCenter, ESXi, clien vSphere dan sebagainya.

ESXi

ESXi adalah Server Virtualisasi /Hypervisor Tipe 1. Semua mesin virtual atau OS Guest diinstal pada server ESXi. Untuk menginstal, mengelola, dan mengakses server virtual yang berada di atas server ESXi memerlukan Clien vSphere (bagian vSphere Suite juga) untuk portal manajemen berbasis HTML5/web.

Server vCenter

adalah aplikasi manajemen terpusat yang memungkinkan kita mengelola mesin virtual dan banyak host ESXi secara terpusat. Clien vSphere juga dapat digunakan untuk mengakses Server vCenter untuk mengelola server ESXi. Server vCenter merupakan suatu hal yang wajib digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan fitur perusahaan seperti vMotion, Ketersediaan Tinggi VMware, Manajer Pembaruan VMware, Penjadwal Sumber Daya Terdistribusi (DRS) VMware, dan sebagainya. Kita dapat dengan mudah mengkloning mesin virtual yang ada di server vCenter.


VMware vSphere merupakan platform dalam membuat virtualisasi server yang dikembangkan dengan manajemen yang konsisten.

Yang dikerjakan oleh vSphere adalah

  1. Virtualisasi server yang bisa diandalkan
    Kita dapat mengumpulkan semua server x86 kedalam suatu kumpulan sumber daya untuk alokasi berbagai beban sumber daya server. Informasi lebih lanjut mengenai Powerful Server Virtualization dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/compute.html
      
  2. Storage yang efisien
    Mengurangi kompleksitas storage pada backend dan memampukan penggunakan storage yang efisien pada infrastruktur cloud. Informasi lebih lanjut mengenai Efficient Storage dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/storage.html.
     
  3. Kemampuan High Availability
    Memaksimalkan uptime, meminimalkan downtime mendadak, meminimalkan downtime yang direncanakan misalnya untuk keperluan pemeliharaan server dan storage. Informasi lebih lanjut mengenai High Availability pada vSphere dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/availability.html
      
  4. Layanan Jaringan
    Menyediakan layanan jaringan dalam lingkungan cloud dengan administrasi dan manajemen yang ditampilkan secara sederhana. Informasi lebih lanjut mengenai Network Services dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/network.html .
     
  5. Otomatisasi platform
    Mengurangi biaya dalam mengoperasikan cloud, mempersingkat pekerjaan rutin dengan menginjinkan vSpehere mengerjalan solusi yang berulang yang akurat. Informasi lebih lanjut mengenai Platform Automation dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/automation.html
     
  6. Manajemen yang konsisten
    Memanfaatkan manfaat dari cloud data center dengan antar muka manajemen yang mudah. Tersedia dalam vSphere Operations Management. Informasi lebih lanjut mengenai Consistent Management dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/management.html#ConsistentManagement
     
  7. Operasional yang pintar
    Kemampuan vSphere menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kita pilih. Tersedia pada vSphere Operations Management.
    Informasi lebih lanjut mengenai Intelligent Operations dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/management.html#IntelligentOperations
      
  8. Otomatisasi dalam pengerjaan
    Mengamankan proses otomatisasi manajemen infrastruktur. Tersedia pada vSphere Operations Management. Informasi lebih lanjut mengenai Operations Automation dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/management.html#OperationsAutomation
     
  9. Keamanan yang handal
    Melindungi dengan maksimal data dan aplikasi kita. Informasi lebih lanjut mengenai Robust Security dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/scale-security.html
     
  10. Integrasi dengan Cloud API
    Memberikan keleluasan untuk memanaje infrastruktur cloud kita. Informasi lebih lanjut mengenai Cloud API Integration dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/openstack/

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi

https://www.vmware.com/products/vsphere/

https://www.proweb.co.id/articles/datacenter/vmware_vsphere.html


PILIHAN JENIS KURSUS