Kursus / Bimbel / Aplikasi Unity 3D

Unity 3D

Game Engine 2D 3D | Cross-Platform | Open Source

adalah sebuah salah game engine terbaik yang dikembangkan oleh Unity Technologies dan bersifat cross-platform, artinya anda dapat membuat serta merilis game kita ke berbagai platform terkenal, seperti Windows, Linux, Mac OS, Android, iOs, PS3, PS4, Xbox One, dan lain-lain. Dengan Unity, anda dapat membuat game sesuai keinginan, misalnya 2D dan 3D.
Pada dasarnya, Unity hanya dikhususkan untuk proses pembuatan game saja. Apabila Anda ingin membuat desain atau modeling assets 3D, maka dapat menggunakan software pihak ketiga yang lain seperti 3ds Max, Blender, dan masih banyak lagi.
Unity menawarkan banyak fitur, antara lain Particle FX, Audio reverb zone, 2D sprites maker, Skybox, Ambient lighting, shaders, dan lain-lain. Unity juga mempunyai text editor bernama Mono Develop yang dapat digunakan untuk coding game juga terintegrasi langsung ke Unity Engine, dan assets store untuk mencari 2D / 3D assets yang gratis maupun berbayar.

Keunggulan Unity 3D antara lain :

  1. Gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya. Cukup dengan Unity versi Free (Personal Edition), maka kita sudah bisa membuat karya game.
  2. Cross-platform, artinya project game dapat dirilis ke berbagai platform terkenal.
  3. UI yang ditawarkan cukup user-friendly, sehingga cocok untuk pemula. Banyak fitur yang ditawarkan.
  4. Dokumentasi atau tutorial yang banyak dan gratis untuk dipelajari resmi dari Unity. Silakan Anda dapat mengunjungi situs dokumentasi resminya.
  5. Memiliki assets store, di mana kita dapat mencari assets 2D / 3D gratis maupun berbayar.
  6. Mempunyai text editor bernama Mono Develop. Mirip seperti visual code, Mono Develop ini dapat digunakan untuk coding game dan sudah terintegrasi langsung ke Unity Engine.
  7. Ringan, yakni bisa dijalankan di PC yang tidak terlalu High-Spec.
  8. Proses desain level game menjadi lebih mudah. Unity menawarkan banyak alat untuk desain level game, seperti Terrain Editor, Responsive UI Editor, dan masih banyak lagi.




Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.Scripting

Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.


Game 3D, FPS, 2D

Unity3D dapat membuat game 3D, FPS dan 2d game bahkan Game Online
Fitur-fitur lain tentang Unity berikut selengkapnya ::
  • Membuat Game 2D / 3D

  • Membuat Game FPS

  • Membuat Game Online.

  • Dukungan Konversi : Mobile Android, Iphone, Blackberry, Windows, Linux, Flash, Webplayer

  • Online Publish Google Play, Android market (kita bisa jual tuh game :v :v)

  • Dukungan kode : C#, Javascript dan Boo

  • Dukungan Extensi file, 3ds, obj, fbx

  • Implementasi Virtual Reality

  • Implementasi Augmented Reality

  • Dsb


Kursus Reguler Unity 3D Studio

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop Unity 3D untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....



Game Engine

Digunakan untuk membuat game pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.

Fitur scripting yang ditawarkan oleh Unity, antara lain C# (C-Sharp), Javascript, Boo. Namun, Javascript dan Boo untuk Unity versi terbaru ini sudah ditinggalkan, karena dirasa telah usang (obsolete), sehingga kita dapat menggunakan C# sebagai bahasa pemrograman (scripting) utama dalam proses pengembangan game kita..


Lingkungan Kerja Unity 3D Runtime:

Asset Tracking

Sebuah media terkontrol untuk developer game asset dan script kedepannya.

Multi Platforms

Unity support BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii.Bahkan sampai PlayStation 4 dan Xbox One.

Asset Store

Kita dapat menggunakan asset-asset tersebut untuk kebutuhan pengembangan game kita, ada yang free(sample project) ataupun berbayar. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.

Physics

Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.

Contoh Penerapan Aplikasi menggunakan Unity 3D Java yang umumnya kita support antara lain:


REQUEST CLASS

Kelas Dibuka Sesuai Permintaan Peserta. Umumnya Untuk Studi Kasus khusus, Implementasi, Prototype, Sistem Usulan, CRISP-DM, maunpun Pembaruan (Novelty) dari Aplikasi yang sudah ada sebelumnya

  • Pilihan Sistem / Database:

    Unity 3D Pengolahan Database, Looks n Feel, Virtual Reality, Augmented Reality, Game Interaktif, Media Pembelajaran Aktraktif, Create Update Delete Search Data terhadap kolom tabel database yang dibuat Penerapan pada Database Dynamic : Sql-Server, Mysql/Mysqli, postGreeSQL, Firebase, MongoDB Penerapan pada Data Static : .xls, .mat, .csv, .txt , API Media Sosial, SMS gateway, Mail Gateway, Auto Respon Telegram/Medsos, SMTP/SMPP, Notifikasi Bonus: Studi Kasus / Sistem Informasi


Contoh Penerapan Untuk Game Aplikasi

  • Role Playing Game (RPG)

    mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay/ kita menjelajah dunia game tersebut dan juga kita dapat menentukan ending dari game tersebut.

  • First Person Shooter (FPS)

    adalah game yang tembak menembak yang memiliki ciri utama penggunaan sudut pandang orang pertama yang membuat kita di belakang senjata.

  • Third Person Shooter (TPS)

    adalah game yang mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak menembak hanya saja sudut pandang yang digunakan dalam game ini adalah orang ketiga.

  • Strategy

    adalah genre game yang memiliki gameplay untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka memenangkan permainan.

  • Simulation

    adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip di dunia nyata. Baik nilai, material, referensi dan faktor lainnya. Cara memainkannya juga berbeda. Genre simulasi meliputi game racing, flight, hingga area militer.

  • Tycoon

    adalah game yang menjadikan kita sebagai seorang bussinesman yang akan mengembangkan sesuatu property untuk dikembangkan hingga laku di pasaran.

  • Racing

    adalah game sejenis racing yang memungkinkan kita untuk mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.

  • Action Adventure

    Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang karakter yang penuh dengan penuh aksi yang akan terus ada hingga game tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukkan kategori RPG)

  • Arcade

    adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "Just For Fun" atau untuk kejar mengejar point / highscore.

  • Real Life Simulation

    Game ini meliputi tentang kehidupan sehari-hari, misal cara bercocok tanam, sumulasi mengendarai BUS

  • Puzzle

    berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, hingga mendorong-dorong kotak masuk ke tempat yang seharusnya.


Portofolio Aplikasi Unity 3D

Contoh Aplikasi - Simulasi Penggunaan Program Unity 3D yang Sudah Dibuat / Disupport
	
+ aplikasi alat bantu pembelajaran bahasa inggris tingkat dasar berbasis multimedia interaktif 3D
+ game edukasi untuk membantu anak tk dalam pengenalan matematika berbasis Animasi  3D
+ aplikasi e-learning berbasis multimedia pada tutorial cara cepat belajar membaca alquran pada anak  berbasis Animasi  3D
+ pengembangan aplikasi informasi obyek wisata di bali berbasis multimedia 3D dengan Android
+ aplikasi algoritma minimax pada permainan checkers  TTS 3D
+ rancang bangun multiplayer game real time strategy menggunakan Unity 3D
+ rancang bangun aplikasi game perang pesawat dengan menggunakan Unity 3D
+ rancang bangun aplikasi game merapikan kamar menggunakan Game Engine Unity 3D
+ membangun aplikasi multimedia edukatif-games sebagai alat bantu belajar berbasis Unity 3D
+ rancang bangun alat bantu ajar matematika untuk anak-anak berbasis Unity 3D
+ rancang bangun aplikasi action and strategy games pasukan anti teroris menggunakan teknologi 3D
+ perangkat lunak pembantu pembuatan perangkat bantu ajar tutorial berbasis komputer berbasis Unity 3D
+ aplikasi tutorial cara cepat belajar membaca al qur’an pada anak berbasis multimedia menggunakan Unity 3D
+ perangkat lunak tuntunan shalat wajib untuk remaja berbasis multimedia menggunakan Unity 3D
+ pembangunan prospektus stt telkom interaktif berbasis multimedia menggunakan Unity 3D
+ perangkat lunak ensiklopedi pesawat tempur bermesin jet produksi amerika berbasiskan multimedia menggunakan Unity 3D
+ Pembuatan Game Edukasi Pemberantasan Koruptor berbasis 3D 
+ Pembuatan Game Adventure 2d The Adventure Of Tokoh Pewayangan menggunakan Unity 3D
+ Pembuatan Game 2D Pelopor Tertib Berlalu Lintas Berbasis 3D  menggunakan Unity 3D
+ Pembuatan Game Android Journey of Tokoh Pewayangan  menggunakan Unity 3D
+ Game TTS 3D Pengenalan Komputer menggunakan Unity 3D
+ pembuatan game animasi 3d role playing game untuk pendidikan  menggunakan Unity 3D
+ Game Android The Legend of Gundala Putra Petir: Return! menggunakan Unity 3D
+ Pembuatan Game Edukasi Al-Qur'an Juz 30 Berbasis Android  menggunakan Unity 3D
+ Pembuatan Game Perang Baratayudha : Gugurnya Gatotkaca  menggunakan Unity 3D
+ Pembuatan 3D Virtual Reality : Virtual Kampus Menggunakan Unity 3D 
+ Pembuatan 3D Virtual Reality : Virtual Museum Menggunakan Unity 3D 
+ Pembuatan 3D Virtual Reality : Virtual Area Wisata Menggunakan Unity 3D 
+ Pembuatan Augmented Reality : Virtual Kampus Menggunakan Unity 3D 
+ Pembuatan Augmented Reality : Virtual Museum Menggunakan Unity 3D 
+ Pembuatan Augmented Reality : Virtual Area Wisata Menggunakan Unity 3D 
+ Aplikasi Pembelajaran Dini Terhadap Phobia Ketinggian menggunakan Unity 3D
+ Aplikasi Pembelajaran Dini Terhadap Phobia Hewan menggunakan Unity 3D
+ Aplikasi Simulasi Driver Bus menggunakan Unity 3D

PILIHAN JENIS KURSUS