Kursus / Bimbel / Aplikasi Cakewalk SONAR 3.01

Cakewalk SONAR 3.01

Audio Editor | DAW | Freeware

adalah stasiun kerja audio digital (untuk merekam, mengedit, mixing, mastering dan outputting audio) yang dibuat oleh Cakewalk (Boston, Massachusetts),kini diakuisisi oleh perusahaan musik Singapura BandLab Technologies, dan diganti namanya menjadi Cakewalk.

Sonar menyediakan fasilitas terbatas untuk video, surround sound (5.1, 7.1), dan mendukung file .avi, .mpeg, .wmv dan .mov. Sonar memiliki kemampuan untuk menampilkan video sebagai gambar mini yang terdapat dalam trek terpisah.
Dengan perangkat keras yang sesuai, juga memungkinkan untuk mengeluarkan video ke layar monitor eksternal melalui FireWire. Format SMPTE umum, ukuran bingkai dan kecepatan bingkai didukung. Dimungkinkan untuk mentransfer file loop audio dari perangkat lunak lain yang kompatibel ke Sonar dan menyelesaikan mixdown akhir.

Berbagai opsi ekspor audio (termasuk master 64-bit) al: AIFF, AU, CAF, FLAC, RAW, SD2, W64 (Sony Wave-64), dan WAV (Microsoft).
Dimulai dengan versi 6, Sonar dapat memanfaatkan pemrosesan internal 64-bit, mesin audio 64-bit, dan mixer 64-bit pada versi 64-bit Windows Vista dan Windows 7. Sebelum pengenalan Sonar X2 pada Oktober 2012, versi penting dari Sonar level awal (Sonar Home Studio dan Sonar Essential) hanya 32-bit. Dengan dirilisnya Sonar X2, keluarga program lengkap menjadi 64-bit asli. Lanjut dengan Sonar Platinum (Januari 2016), rilis dipindahkan ke siklus bulanan, dengan fitur baru dan produk demo yang diperkenalkan dengan setiap pembaruan.

Keunggulan Cakewalk SONAR

  • Mampu merekam dan memanipulasi jumlah yang tidak terbatas multitrack audio digital (hanya dibatasi oleh hardware)
  • Mampu secara komprehensif merekam dan memanipulasi data MIDI
  • Mampu menerapkan efek khusus DirectX apa pun, seperti gema/reverb dan delay, banyak versi yang dibundel dengan efek.
  • Mampu menggunakan instrumen virtual, seperti software: synthesizer, sampler, dan mesin drum
  • Menghubungkan ke aplikasi multimedia lainnya dengan akurasi sampel melalui Rewire.
  • SONAR Producer Edition mencakup standar industri lengkap 64-bit MASTERING suite.
  • Mampu memotong, menyalin, menggabungkan, menghapus, menduplikasi, memisahkan file audio
  • Memiliki plug-in efek untuk bagian suara
  • Built-in editor amplop volume
  • Spektrogram disesuaikan trek modus tampilan
  • Analisis frekuensi window untuk aplikasi audio analisis




Pada 17 November 2017, Gibson mengumumkan bahwa mereka menghentikan pengembangan dan produksi aktif produk bermerek Cakewalk, termasuk semua versi SONAR. Setelah 30 tahun, Cakewalk, Inc. berhenti beroperasi, dengan hanya forum web perusahaan dan server otorisasi lisensi yang masih berfungsi.

Pada 23 Februari 2018, BandLab Technologies yang berbasis di Singapura mengumumkan pembeliannya atas beberapa aset Cakewalk, Inc. dan semua kekayaan intelektualnya.

Tujuan yang dinyatakan BandLab adalah melanjutkan pengembangan produk andalan perusahaan sebelumnya, SONAR (sekarang diubah namanya menjadi Cakewalk oleh BandLab) sebagai bagian dari portofolio perangkat lunak stasiun kerja audio digital freeware.

Referensi Belajar:

Kursus Reguler Cakewalk SONAR

Target Belajar Cakewalk SONAR al penguasaan dalam hal :

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop Cakewalk SONAR untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Cakewalk SONAR adalah perangkat komprehensif yang mencakup multitrack, bentuk gelombang, dan tampilan spektral untuk membuat, mencampur, mengedit, dan memulihkan konten audio.



Software ini juga memiliki mixer full digital yang dapat membantu kita mengatur levels, dan parameter lainnya dari berbagai audio track secara bersamaan. Karakteristik – karakteristik ini merupakan ciri dari DAW (Digital Audio Workstation) yang membuat Sonar Cakewalk sangat berguna dalam pemrosesan audio.

Sonar Cakewalk 3.01

Versi terakhir dari produk ini sudah bisa menampilkan editor piano roll, dukungan untuk notasi musik terbatas dan bahasa skrip default yang disebut CAL (Cakewalk Application Language).

Cakewalk adalah pendahulu SONAR yang memiliki hampir semua fitur yang sama, termasuk dukungan untuk CAL, dan merupakan satu-satunya DAW utama di pasar yang mendukung bahasa skrip. Cakewalk memiliki piano roll dan dukungan CAL sejak Windows 16-bit Versi 3.01.

Kita juga dapat menggunakan software ini untuk menggabungkan berbagai efek suara ini secara bersama. Ini merupakan karakteristik performa yang sering ditemukan pada software yang memiliki DAW.


Reff:

Software | Version


PILIHAN JENIS KURSUS