Kursus / Bimbel / Aplikasi SMS Gateway

SMS Gateway

Short Message Service | SMS | TELEGRAM |WHATSAPP | IOT

SMS gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima PESAN, dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk / jasa dan lain lain.Aplikasi ini berbasis database local untuk penampungan semua data inbox dan outbox perangkat mobile. Kini aplikasi Bantunya bisa berupa SMSD,Telegram,WhatsApp atau media IOT lainnya.
Definisi sebelumnya adalah proses EUA/External User Application menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateway’s shortcode.Dimana, SMS Gateway membolehkan UEA untuk berkomunikasi dengan Telco SMSC (telkomsel, indosat, dll) atau SMS platform untuk menghantar dan menerima pesan SMS dengan sangat mudah.

SMS Gateway menyediakan UEA dengan interface yang mudah dan standar untuk penggunaan SMS. Seperti berbagai aplikasi web yang telah banyak menggunakan SMS (free sms, pendaftaran, konfirmasi melalui SMS, aplikasi perkantoran, dsb), CMS, acara pengundian di televisi, dll.
UEA melakukan komunikasi dengan SMS Gateway melalui Internet menggunakan standard HTTP GET atau HTTPS.Lalu, Telco SMSC akan menghantar pesan (SMS) tersebut kepada perusahaan SMS Gateway (sesuai dengan nomor yang telah disewa) dengan menggunakan protokol yang khusus.
Dan berdasarkan keyword yang telah dituliskan pada SMS, maka sistem SMS Gateway akan menghantar SMS tersebut ke URL yang telah ditentukan. UEA dapat menghantar SMS reply kepada pelanggan melalui SMS Gateway tersebut. Dan UEA dapat menentukan besarnya biaya (charging) yang akan dikenakan kepada pelanggan.
Suatu perusahaan SMS Gateway biasanya support untuk pesan yang berupa teks, unicode character, dan juga smart messaging (ringtone, picture message, logo operator,dll).


Keunggulan SMS Gateway

  • Sederhana dan mudah untuk diaplikasikan.
  • SMS juga tetap dapat dikirim walaupun ponsel si penerima sedang tidak aktif dalam limit waktu tertentu
  • Penyampaian SMS juga biasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan kita mengirimkan lewat messenger
  • Tidak juga bergantung pada sinyal GPRS yang kadang lambat.
  • Biaya relatif murah
  • Support pengembangan dinamis untuk Auto Reply, Pengiriman massal / broadcast message dan Pengiriman terjadwal
  • Dapat menggunakan jalur SMSC dengan 3 sampai 4 digit nomor unik/cantik:888, 9044, dan seterusnya.
  • Membutuhkan modem GSM/CDMA sebagai media pengiriman/penerima SMS yang terpasang pada sebuah komputer -> SMSC, hanya kapasitas dan kecepatan pengirimannya tidak sebaik performa jika langsung menggunakan jalur SMSC.

SMS WEB/DESKTOP/ANDROID
Dalam SMS gateway, proses pengiriman SMSnya adalah pada SMSC (Short Message Service Center),yang merupakan jaringan telepon selular yang menangani pengiriman SMS. Jika nomer tujuan tidak aktif, maka SMSC akan menyimpan pesan tersebut dalam jangka waktu tertentu, Jika SMS tetap tidak dapat terkirim sampai jangka waktu tersebut berakhir, maka SMS tersebut akan dihapus dari penyimpanan SMSC.

Umumnya, ada dua cara yang digunakan untuk membangun SMS gateway:
+Menggunakan perangkat tambahan berupa modem dan aplikasi pendukung seperti Gammu
+Menggunakan layanan berbayar pihak ketiga/IOT.Kita cukup mengirim SMS secara programatically ke server mereka, sisanya sistem dan perangkat mereka yang akan mengirimkan SMS ke penerima.

+Menggunakan HP Android Sendiri sebagai Proxy,al: SMSGateway.me. Cukup instal aplikasi SMSGateway.me di Android, pastikan pulsa untuk mengirim SMS mencukupi, serta smartphone dalam keadaan menyala saat digunakan. Cara Kerjanya sbb:
  • Aplikasi android tsb mengirim SMS secara programmatically ke server SMSGateway.me, Data diterima Server,cek antrian SMS. Jika ada antrian, aplikasi mengirim SMS langsung melalui smartphone.
  • Aplikasi dari android melakukan permintaaan ke server SMSGateway.me. Permintaan diteruskan ke aplikasi SMSGateway.me di Android. Jika ada SMS masuk, mengirimkan SMS tersebut ke server SMSGateway.me. Server SMSGateway.me mengembalikan balasan berupa data SMS masuk.

Kursus Reguler SMS Gateway

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop SMS Gateway untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Aplikasi SMS Gateway biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran konten produk/jasa, Informasi Tagihan,Check Point SMS, Pengiriman Laporan, Real Time Information,Internal Alerts,SMS Quiz dan lain-lain.



1. Gammu & Wammu

Open Source dan support macam-macam modem,bisa menggunakan script PHP dan database MySQL.

2. Kalkun

Open Source, sudah merupakan aplikasi web berbasis CMS (Content Management System) dan GUI.Support Multiple database backend, Multiuser, Conversation, Flash SMS, Custom folder management, Phonebook management, SMS bomber, SMS advertisement, SMS content/member,Simple Auto Reply, dan Unicode support.

3. PlaySMS

merupakan sistem portal mobile berbasis web yang fleksibel dalam menangani layanan-layanan seperti SMS Gateway, bulk SMS, personal messaging systems, hingga alat komunikasi korporasi (grup).

4. Kannel

merupakan aplikasi open source untuk WAP dan SMS Gateway. OS UNIX (Linux). Kannel menyediakan layanan untuk mengirim SMS melalui komputer yang dilengkapi modem, WAP Push Service, dan konektivitas mobile internet. Untuk menggunakan Kannel, pengembang harus memahami cara memprogram dan menggunakan perintah-perintah dasar yang disediakan oleh Kannel.


PILIHAN JENIS KURSUS