Kursus / Bimbel / Aplikasi Objective-C Xcode

Objective-C Xcode IOS

Apple Inc | OOP | MacOS | Open Source

Xcode sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu (IDE), dan Swift adalah bahasa pemrograman untuk mengembangkan aplikasi IOS dan Mac. Xcode terdiri dari IDE editor, kompiler dan alat lain berupa Interface Builder /Graphical User Interfaces.
Xcode juga menyediakan kontrol versi melalui GIT dan subversi, yaitu mudah untuk melakukan cabang dan menggabungkan operasi dalam team tanpa banyak kode. Xcode juga mudah untuk membandingkan dua versi file, manajemen log dan siapa yang membuat perubahan pada kode, dan mudah juga untuk pengujian.

Xcode mendukung bahasa pemrograman C, C ++, Java, Objective C dan bahasa Swift untuk mengembangkan aplikasi Mac, iPhone, iPad, Apple Watch.

Objective-c merupakan bahasa pemrograman yang bersifat object-oriented (OOP) dan reactive.Artinya bahasa C yang ditambahkan dengan sintak object oriented.Jadi kalaupun mengetikkan bahasa C dan di-compile, maka tidak akan ada masalah.
Bahasa ini digunakan pada Mac OS X, smartphone iPhone /iOS serta untuk mengembangkan API Apple. Perbedaan bahasa pemrogaman Objective-C dengan bahasa pendahulunya yaitu bahasa pemrograman objective C memiliki Smalltalk-style messaging dan kini sudah Standard VLC Media Player.


Berikut adalah kelebihan Objective-C:
  • Dukungan Terhadap Library Pengembangan oleh Apple
  • Objective C Runtime secara dinamis, yaitu secara mandiri membuat keputusan sebagai tipe data atau memori, bahasa lainnya memerlukan pengambilan keputusan selama pembuatan kode berlangsung.
  • Penggunaan yang Terbatas, sebagai bahasa khusus untuk aplikasi atau program teknologi Apple.Khususnya untuk framework Cocoa (framework by Apple)
  • Walau ada Swift, Objective-c masih menjadi bahasa pemrograman yang populer di dunia pemrograman (survei Stack Overflow)
  • Objective C bukan bahasa tersendiri seperti C#, C++, atau Java.Artinya kita bisa menuliskan kode C lalu bisa mengcompilenya tanpa error



Kursus Reguler Objective-C Xcode

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop Xcode + Objective-C untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....

OBJ-C / Swift?

Jawabannya: Jika kita berada di lingkungan Swift, tentu pilih Swift. Pilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk Pemula, baiknya Swift dahulu. Karena Swift jauh lebih mudah, lebih mirip Python / Java.


NB: Cocoa Touch

Adalah kumpulan iOS framework yang memiliki ribuan class, dan dengan bahasa Objective C kita bisa membuat aplikasi iOS.

Memahami C terlebih dahulu sebelum mempelajari Objective-C, banyak digunakan developer dalam hal menyelesaikan masalah pada Obj-C. Dengan mengganti beberapa kode ke C murni bisa menghasilkan solusi yang jauh lebih baik dan hemat memori. Dengan Bingkai Obj-C koding jadi bersifat OOP , polimorfisme dsb demi menghasilkan program yang sangat kompleks.

Contoh Penerapan Aplikasi menggunakan Objective-C Xcode yang umumnya kita support antara lain:


REQUEST CLASS

Kelas Dibuka Sesuai Permintaan Peserta. Umumnya Untuk Studi Kasus khusus, Implementasi, Prototype, Sistem Usulan, CRISP-DM, maunpun Pembaruan (Novelty) dari Aplikasi Client-Server yang sudah ada sebelumnya

  • Pilihan Sistem / Database:

    Android Pengolahan Database, Looks n Feel, Virtual Reality, Augmented Reality, Game Interaktif, Media Pembelajaran Aktraktif, Create Update Delete Search Data terhadap kolom tabel database yang dibuat Penerapan pada Database Dynamic : Sql-Server, Mysql/Mysqli, postGreeSQL, Firebase, MongoDB Penerapan pada Data Static : .xls, .mat, .csv, .txt , API Media Sosial, SMS gateway, Mail Gateway, Auto Respon Telegram/Medsos, SMTP/SMPP, Notifikasi Bonus: Studi Kasus / Sistem Informasi


Contoh Penerapan Untuk Sistem Sekolah

  • Implementasi 1:

    sistem informasi manajemen sekolah, sistem yang berfungsi untuk mengelola sekolah, baik berupa anggaran dan tata kelola pendidikan.

  • Implementasi 2:

    sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan, sistem yang berfungsi untuk menilai guru terbaik yang ada pada sekolah. untuk menilai ini biasanya menggunakan kriteria. dalam hal ini penggunaan metode2 perangkingan (SAW, TOPSIS, WP, Fuzzy dll bisa di gunakan)

  • Implementasi 3:

    sistem pendukung keputusan penentuan pemberian beasiswa, sistem yang berfungsi untuk menentukan layak dan tidak layaknya pemberian beasiswa kepada murid

  • Implementasi 4:

    sistem pendukung keputusan evaluasi kinerja guru, sistem yang berguna untuk mengevaluasi kinerja guru baik dari pengajaran maupun sikap dan kedisiplinan

  • Implementasi 5:

    sistem informasi penerimaan siswa didik, sistem yang digunakan untuk menerima siswa didik baru pada suatu sekolah

  • Implementasi 6:

    sistem informasi perpustakaan sekolah, sistem yang digunakan untuk mengelola buku yang ada diperpustakaan baik peminjaman maupun pengembalian buku disekolah

  • Implementasi 7:

    sistem informasi pengelolaan lpj dana bos, sistem yang digunakan untuk mengelola data bos pada suatu sekolah

  • Implementasi 8:

    sistem pendukung keputusan penentuan kelas terbaik, sistem yang berfungsi untuk mengevaluasi kelas berdasarkan ketentuan yang ada

  • Implementasi 9:

    sistem informasi pembayaran spp dan bangunan, sistem yang digunakan untuk mengelola data spp dan bangunan sekolah siswa

PILIHAN JENIS KURSUS