Kursus / Bimbel / Aplikasi Steinberg Nuendo 10

Steinberg Nuendo 10

Audio Editor | DAW | Yamaha

Nuendo adalah Digital Audio Workstation (DAW) yang dikembangkan oleh Steinberg untuk musik dan perekaman MIDI, aransemen dan pengeditan.
Versi pertama Nuendo dirilis oleh Steinberg pada tahun 2000. Versi 2 diikuti pada tahun 2003, memperkenalkan beberapa aspek fungsionalitas yang sebelumnya ditemukan dalam versi SX DAW lain dari Steinberg, Cubase, pada saat itu.

Versi 3 Nuendo dirilis pada tahun 2005, tak lama setelah penjualan Steinberg kepada perusahaan multinasional dan konglomerat Jepang, Yamaha. Ini adalah versi pertama dari perangkat lunak yang mendukung format file AAF.
Versi 4 (September 2007) memperkenalkan sistem otomasi baru dan plug-in format VST3 baru; [6] versi 5 (Juli 2010) menambahkan alat baru untuk ADR dan desain suara; [7] dan versi 6 (September 2013) menyertakan kenyaringan baru metering dan konsol pencampuran baru.

Nuendo versi 7 pertama kali ditampilkan pada Game Developers Conference pada Maret 2015, [9] kemudian dirilis pada Juni 2015 [10]. Ini memperkenalkan fitur yang dikenal sebagai Game Audio Connect, memungkinkan untuk transfer langsung aset audio menggunakan middleware Wwise Audiokinetic.
Versi 8 Nuendo dirilis pada bulan Juni 2017, menampilkan versi 2 dari fungsi Game Audio Connect, pengacakan suara, dan fitur pemrosesan offline baru.
Versi 10 telah diumumkan dan dipratinjau di GDC 2019 di San Francisco pada 20-22 Maret 2019 , kemudian dirilis pada 24 April 2019



Keunggulan Steinberg Nuendo

  • Mampu memotong, menyalin, menggabungkan, menghapus, menduplikasi, memisahkan file audio
  • Memiliki plug-in efek untuk bagian suara
  • Built-in editor amplop volume
  • Spektrogram disesuaikan trek modus tampilan
  • Analisis frekuensi window untuk aplikasi audio analisis
  • Tingkat pemutaran kustom untuk melacak setiap, yang hidup-resampled dengan tingkat sampel proyek
  • Mudah untuk operasi menyelaraskan kompleks untuk trek dan kelompok trek
  • Interface (Tampilan Layar Pengguna) sangat User-friendly, hadir dengan lebih intuitif dan lebih mudah untuk disesuaikan, serta kemampuannya untuk mengubah layout tampilan layar sesuai dengan versi sebelumnya atau versi terbarunya.
  • Performa Maksimal, yang memungkinkan kita untuk merekam lebih banyak sumber audio secara bersamaan. Karena tidak banyak software audio profesional yang dapat melakukan hal ini.
  • Kemampuan Restorasi Audio, yang memungkinkan kita untuk memperbaiki track audio yang memiliki suara kurang jernih. Seperti suara – suara yang ada pada musik piringan hitam. Dengan menggunakan software ini, kita dapat menghilangkan suara kurang jernih dari musik yang kita inginkan.
  • Memiliki Rekam Jejak yang baik, yaitu dalam hal kapabilitas pemrosesan audio. Dengan update yang sering dilakukan tentunya, kita bisa menemukan fitur – fitur yang lebih menarik lagi ke depannya.
  • Adanya fasilitas pitch correction yang powerfull dalam hal menangani frekuensi yang fals. Pitch Correction difungsikan untuk biasanya vokal yang sedikit fals, atau ingin membuah sebuah harmoni vokal yang keren.
  • Support Falistas, yaitu untuk menulis MIDI atau aransemen musik memakai MIDI : dinamika, staccato, pizzcato dsb.
  • Mudah mentransformasi sebuah suara menjadi karakter suara yang lain dengan hanya mengambil nada nada dasar dari suara itu. Contoh misalnya, ingin suara BAss audio yang sudah ada value take manualnya menjadi midi, karena jika sudah menjadi midi kita dapat merubah karakter suaranya sesuai keinginan kita. Misal suara bass dapat dirubah menjadi sebuah suara violin, keyboard bahkan menjadi ketukan seperti drum.




Nuendo & Cubase adalah Digital Analog Workstation ( DAW ) yang dikembangkan oleh Steinberg. Dan tampilan desktop, sekilas keduanya adalah sama bahkan fitur – fiturnya memiliki kesamaan.
Keduanya memiliki fitur & kemampuan untuk kepentingan memproduksi musik. Baik dalam hal MIDI recording, arranging and editing.Juga banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio

Secara umum Fungsi dasarnya adalah sbb:
+Nuendo,Di rancang sejak awal untuk melayani bidang kerja produksi baik untuk Music Production & Post Production Juga Video. Misalnya saat kita ingin maksimal bekerja me-mixing lagu dalam format Surround 5.1 atau Surround 7.1. Artinya, Nuendo berkemampuan dalam mengintegrasikan alurkerja ( workflow ) dari kegiatan memproduksi audio secara menyeluruh(VR / Virtual Reality).Dan Nuendo dari mulanya telah memiliki kemampuan untuk ‘terhubung & berkomunikasi’ dengan hampir seluruh aplikasi & perangkat apapun
+Cubase, Dirancang sejak awal untuk melayani bidang kerja Audio Production saja /Music Producer yang bekerja membuat aransemen musik, merekam vokal dan instrumen musik, menggunakan Virtual Instruments, mixing dan mastering.
NB: Tetapi pada versi 3 atau 4, perbedaan Nuendo dan Cubase sudah tidak terlalu jauh berbeda sehingga kita bisa belajar dari salah satu dan bisa di aplikasikan pada dua DAW tsb.

Referensi Belajar:

Kursus Reguler Steinberg Nuendo 10

Target Belajar Steinberg Nuendo 10 al penguasaan dalam hal :

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop Steinberg Nuendo 10 untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Steinberg Nuendo 10 adalah perangkat komprehensif yang mencakup multitrack, bentuk gelombang, dan tampilan spektral untuk membuat, mencampur, mengedit, dan memulihkan konten audio. Audio Workstation yang powerfull ini dirancang untuk mempercepat alur kerja produksi video dan penyelesaian akhir audio - dan menghadirkan perpaduan yang halus dengan suara yang murni.



Software ini juga memiliki mixer full digital yang dapat membantu kita mengatur levels, dan parameter lainnya dari berbagai audio track secara bersamaan. Karakteristik – karakteristik ini merupakan ciri dari DAW (Digital Audio Workstation) yang membuat Nuendo sangat berguna dalam pemrosesan audio.

Versi Steinberg Nuendo Terbaru

Version 10 had been announced and previewed at GDC 2019 in San Francisco on March 20-22 2019, then released on April 24, 2019



Versi terbarunya (Nuendo 10) sudah memiliki ekspor Audio Canggih, Sampler Track 2, Scale Assistant, Advanced Key Editor, Global Tracks, Frequency 2, Squasher, Score Editor, New Sample, SuperVision, Imager, MultiTap Delay Surround Support, Windows 10 Variable DPI, Multiple Side-Chain, Nuendo Artists / Elemen Peningkatan, Dukungan Eucon, VST Connect SE 5, Alur Kerja dan Peningkatan UI, Akselerasi Logam Apple + SpectraLayers One terbaik.

Steinberg Nuendo juga sudah mendukung Sound Effects yang beragam dan Keberadaan Batch Processing, sehingga memungkinkan kita untuk membuat efek suara yang beragam. Efek suara yang dimaksud merupakan efek perlambatan suara, pembalikan suara, distorsi, dan masih banyak lagi. Semua efek suara ini dapat diaplikasikan pada audio kita termasuk beberapa pengaturan yang memudahkan kita untuk mendapatkan suara seperti yang kita inginkan.

Kita juga dapat menggunakan software ini untuk menggabungkan berbagai efek suara ini secara bersama. Ini merupakan karakteristik performa yang sering ditemukan pada software yang memiliki DAW.

Jika kita memiliki banyak file audio yang ingin kita proses, kita juga dapat melakukan batch processing yang tentu merupakan nilai tambah untuk performa Steinberg Nuendo 10.

Nuendo dapat dikatakan sangat mewakili software – software yang digunakan untuk kegiatan ‘audio post-production’. Nuendo secara dedikatif terus melakukan konfigurasi ulang agar menjadi software yang hebat bagi ‘audio post’.

Bidang seperti TV post-production membutuhkan elemen produksi yang berulang – ulang dengan penanganan yang cepat & mudah. Menghasilkan suara yang spesifik & effect yang tepat.

Contohnya kemampuan Nuendo dalam menyimpan klip – klip audio agar bisa digunakan dalam serial TV tertentu. Adanya options untuk melakukan rendering ‘extensive batch’, sistem pengelolaan konten MediaBay & juga workflow dari post-production dengan berorientasi kepada fitur – fitur editing. Karena hal tersebut, Nuendo bisa dikatakan sebagai DAW yang berada diurutan teratas untuk dipilih untuk pengerjaan ‘Audio- Post’ dalam bidang produksi film. Dengan adanya ‘surround mixing console’ yang sangat pro, teknologi VCA fader, film – mixing automation system, routing yang luas & metering yang canggih serta engine khusus untuk memutar video.

Reff:

Books | Forum | Agus Hardiman | Magazine | Blog


PILIHAN JENIS KURSUS