Kursus / Bimbel / Aplikasi Juniper OS /JunOS

Juniper OS

Junos OS, Operating System dari Juniper Network

Juniper Networks, Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP (Internet Protocol). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks, Ericsson, dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.

OS Junos mengotomatiskan operasi jaringan dengan presisi yang efisien, meningkatkan efisiensi operasional, dan menghemat waktu dan sumber daya yang berharga untuk peluang pertumbuhan terbaik.

Juniper Networks awalnya berfokus pada router inti, yang digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP) untuk melakukan pencarian alamat IP dan mengarahkan lalu lintas internet.
Melalui akuisisi Unisphere, pada tahun 2002, perusahaan ini memasuki pasar router edge, yang digunakan oleh ISP untuk mengarahkan lalu lintas internet ke konsumen individu.
Hingga tahun 2003, Juniper memasuki pasar keamanan TI dengan perangkat keamanan JProtect sendiri sebelum mengakuisisi perusahaan keamanan NetScreen Technologies pada tahun berikutnya.
Pada awal tahun 2000-an, Juniper memasuki segmen perusahaan, yang menyumbang sepertiga dari pendapatannya pada tahun 2005.
Pada 2014, Juniper telah berfokus pada pengembangan produk jaringan yang ditentukan perangkat lunak.


Keunggulan JunOS

  • Bersifat otomatis, yang menolong mengurangi kesalahan yang mungkin ditemui pengguna.
  • Metode dalam router dan switch Juniper disederhanakan sehingga lebih mudah dan akrab
  • Pengoperasiannya Yang Lebih Baik /Mudah bisa mengurangi kemungkinan Kesalahan Pemorgraman
  • Sistem Operasi yang Lebih Aman,karena spesialnya mengamati keamanan dengan perangkat lunak JUNOS-nya, melindungi peralatannya dengan firewall dan VPN di antara perangkat keamanan lainnya.
  • Shell JUNOS Membuat Pemrograman Menjadi Lebih Mudah Sekarang atau Esok + SUpport Teknis Juniper (JTAC)
  • Banyaknya manfaat Dari Arsitektur Modular JUNOS, al memberikan banyak profit dikala menggunakan switch dan router Juniper.
  • Memungkinkan Pengguna untuk memiliki kontrol penuh atas modul Sendiri/Modular, yaitu dalam hal menggunakan pelaksanaan-pelaksanaan bidang kontrol individual.




Sudah banyak perusahaan – perusahaan ISP, Operator Telphone Celular, dan perusahaan lainnya,menggunakan jasa Juniper.dan Juniper pun mengklasifikasikan produk – produk mereka seperti berikut : ” Check It Out”

Beberapa jenis seri device yang diproduksi oleh Juniper yaitu: T-Series, M-Series, E-Series, MX-Series, J-Series routers, EX-Series Ethernet Switches and SRX-Series Security. Junos lebih bagus berjalan pada perangkat yang di produksi oleh Juniper.

Klasifikasi model Router Juniper al:



Switching Produk:
EX Series: Enterprise ethernet switches
WLAN Products: Controllers, access points and software
QFX Series: Enterprise ethernet switches (QFX5100 ethernet switch)

Dibawah ini beberapa model Router nya:

  • M-Series /Combined IP/MPLS edge routers: M7i, M10i, M40e, M120, M320
  • J-Series: J2320, J2350, J4350, J6350
  • T-Series /Multichassis IP/MPLS Core Routers: T320, T640, T1600, TX Matrix, TX Matrix Plus
  • E-Series: E120, E320, ERX310, ERX705, ERX710, ERX1410, ERX1440
  • MX-Series /Edge routers: MX80, MX240, MX480, MX960, MX80, MX240, MX480, MX960
  • PTX Series /Packet transport routers: PTX3000 packet transport router
  • ACX Series /Universal access routers


  • Referensi Belajar:

Kursus Reguler Juniper OS/Junos

Target Belajar Juniper OS al penguasaan dalam hal :

  • Pengenalan Perangkat

  • TCP/IP + Layer Transport

  • Dasar Jaringan + Topologi

  • Perintah2 Junos OS

  • User Interfaces

  • Konfigurasi Junos Switch dan Routing

  • Monitoring dan Maintenance Jaringan

  • Praktek dan Trouble Shooting

  • Routing Policy dan Firewall Filter


Maaf teman-teman... Kursus / Workshop Juniper OS/Junos untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Workshop JNCIA-Junos adalah level standar yang diperlukan untuk tenaga ahli router Juniper OS dan atau untuk persiapan sertifikasi Junos Juniper.



Seri dari Juniper:

M-Series Router /Multiservice Edge Router. Router ini dirancang khusus untuk perusahaan Corporate seperti Service Provider Network, dengan 7 Gbit/s up to 320 Gbit/s of throughput, M40 router adalah product pertama yang di rilis pada tahun 1998.

Gambar Router MX-Series

Kedua adalah J-Series Router, Router kelas Enterprise ini yang disebut Modular Router ini banyak di gunakan oleh perusahaan – perusahaan Nasional yang memiliki banyak cabang, dimana router seri “J” ini bisa mengolah data untuk Server, VoIP, Remote Access, CRM/ ERP / SCM dll, memberikan troughput yang stabil dengan fleksibelitas dan menambahkan fitur – fitur canggih untuk routing, QOS, Security, dan manajement perfomance

Gambar Router PTX-Series

Ketiga Yaitu T-Series, Router ini adalah core router dirancang untuk kelas tinggi dengan troughput dari 320 Gbit/s sampai 2,56 Tbit/s dengan tingkat maximum forwarding rate 30.7 juta pps, Router ini juga memberikan Virtualisasi untuk core network.

Gambar Router JRR-Series

Selanjutnya ialah E-Series Router, Router jenis ini sangat cocok dipakai untuk Routing protocol dimana mendukung BGP-4, IS-IS, OSPF dan RIP, Seri ini juga ideal digunakan untuk Penyedia layanan dengan operasi kapasitas yang tinggi POPs.

Gambar Router ACX-Series

Type terakhir dari artikel saya adalah MX-Series dari Juniper dirancang untuk meningkatkan inisiatif TI terdepan untuk penggabungan data center, virtualisasi server dan kesinambungan teknologi informasi. Di mana menyediakan kemampuan hi port -density routing dan switching yang memungkinkan penghematan daya listrik, ruang, serta biaya pendinginan hingga 50 persen.

Gambar Router CTP-Series

Sejak Oktober 2018, Juniper mengumumkan penawaran baru yang disebut EngNet, yang merupakan seperangkat alat dan informasi pengembang yang dimaksudkan untuk membantu perusahaan bergerak menuju sistem automatisasi pada sistemnya.

Reff:https://teknonesia.com/2011/12/mengenal-juniper/


PILIHAN JENIS KURSUS