Kursus / Bimbel / Aplikasi J2EE + Mysql

J2EE + Mysql

Java 2 Enterprise Edition | JVM Java Virtual Machine

J2EE adalah framework yang menggunakan satu bahasa pemrograman untuk banyak platform, yang lebih murah dan dapat dipertandingkan dengan framework komersial lainnya. Selain itu, time-development J2EE lebih singkat, best-practice banyak, produktif dan mempunyai komunitas yang besar.

J2EE sudah standarisasi dalam pengembangan menggunakan arsitektur distributed multi-tier, berbasis komponen modular dan dijalankan diatas server aplikasi (application sever).
J2EE sering dianggap sebagai middle-ware atau teknologi yang berjalan di server. Juga mencakup teknologi yang dapat digunakan disemua lapisan dari sebuah sistem informasi (JDBC , JMS, CORBA, Java Beans, Java Server Pages dan teknologi XML).
J2EE memudahkan integrasi system lama dengan system baru. Web servicenya untuk mengintegrasikan beberapa system. Cobra merupakan antar muka dengan code yang ditulis dalam bahasa yang berbeda yang mungkin terdapat dalam remote machine. JNI untuk loading native library. JMS (Java Messaging Sistem) merupakan fitur yang memfasilitasi integrasi dengan system messaging yang sudah ada.

Contoh Web Container lainnya ServletExec, Resin, Jrun, Blazix. Web Container juga dapat bekerja sama dengan web server, misalnya Tomcat dengan Apache, Jrun dengan IIS.


Logika Level J2EE

  • JKomponen client-tier yang berjalan dikomputer klien.
  • Komponen web-tier yang berjalan J2EE server
  • Komponen business-tier yang berjalan di J2EE server
  • Software enterprise information system(EIS) yang berjalan di EIS server.


Database adalah tempat untuk menyimpan dan mengelola data. Kata “relasional” berarti data yang disimpan di dataset dikelola sebagai tabel. Setiap tabel saling terkait. Jika software tidak mendukung model data relasional, maka yang dipanggil hanyalah DBMS.

MySQL adalah Database management system (DBMS)/ manajemen basis data yang menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup terkenal. Mysql adalah jenis RDBMS (Relational Database Management System) / ada attribut baris, kolom, tabel dan relasinya. MySQL bersifat Open Source, dapat dipakai oleh beberapa user dalam waktu bersamaan tanpa membuatnya crash atau berhenti bekerja.

Kursus Reguler J2EE + Mysql

Target Belajar J2EE + Mysql al penguasaan dalam hal :

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop J2EE + Mysql untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Platform Java

J2EE menyediakan tempat untuk membangun dan menjalankan multitier enterprise editions.
Terdiri dari paket J2SE, Enterprise JavaBeans, Java Servlets, JavaServer Pages, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.

Tiga Platform Java

  1. Java Standard Edition (J2SE) Platform Standar pada Java yang bertugas untuk rancangan antarmuka pemakai yang dapat berupa masukan ataupun keluaran. Contohnya : Java dan GUI

  2. Java Micro Edition (J2ME) Platform menengah pada java yang bertugas sebagai Mobile Application atau sebagai embedded System. Contoh : Handphone, PDA, Web Phone, Navigasi mobil

  3. Java Enterprise Edition (J2EE) Platform teratas java yang memiliki cakupan luas. Digunakan sebagai pengembangan aplikasi dalam bentuk komponen.

Komponen pada J2EE:

  1. Client dan Applet, yang merupakan komponen yang berjalan pada Client

  2. Web, merupakan java servlet dan java server yang pages yang berjalan pada server

  3. Enterprise JavaBeans (EJB) yang merupakan bisnis komponen dan berjalan pada server

Contoh Penerapan Aplikasi menggunakan J2EE + Mysql yang umumnya kita support antara lain:


REQUEST CLASS

Kelas Dibuka Sesuai Permintaan Peserta. Umumnya Untuk Studi Kasus khusus, Implementasi, Prototype, Sistem Usulan, CRISP-DM, maunpun Pembaruan (Novelty) dari Aplikasi yang sudah ada sebelumnya

  • Pilihan Sistem / Database:

    J2EE + Mysql Pengolahan Database, Looks n Feel, Create Update Delete Search Data terhadap kolom tabel database yang dibuat Penerapan pada Database Dynamic : Ms. Access, Mysql, postGreeSQL, Firebase, MongoDB Penerapan pada Data Static : .xls, .mat, .csv, .txt , API Media Sosial, SMS gateway, Mail Gateway, Auto Respon Telegram/Medsos, SMTP/SMPP, Notifikasi Bonus: Studi Kasus / Sistem Informasi


Contoh Penerapan Untuk Sistem Sekolah

  • Implementasi 1:

    sistem informasi manajemen sekolah, sistem yang berfungsi untuk mengelola sekolah, baik berupa anggaran dan tata kelola pendidikan.

  • Implementasi 2:

    sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan, sistem yang berfungsi untuk menilai guru terbaik yang ada pada sekolah. untuk menilai ini biasanya menggunakan kriteria. dalam hal ini penggunaan metode2 perangkingan (SAW, TOPSIS, WP, Fuzzy dll bisa di gunakan)

  • Implementasi 3:

    sistem pendukung keputusan penentuan pemberian beasiswa, sistem yang berfungsi untuk menentukan layak dan tidak layaknya pemberian beasiswa kepada murid

  • Implementasi 4:

    sistem pendukung keputusan evaluasi kinerja guru, sistem yang berguna untuk mengevaluasi kinerja guru baik dari pengajaran maupun sikap dan kedisiplinan

  • Implementasi 5:

    sistem informasi penerimaan siswa didik, sistem yang digunakan untuk menerima siswa didik baru pada suatu sekolah

  • Implementasi 6:

    sistem informasi perpustakaan sekolah, sistem yang digunakan untuk mengelola buku yang ada diperpustakaan baik peminjaman maupun pengembalian buku disekolah

  • Implementasi 7:

    sistem informasi pengelolaan lpj dana bos, sistem yang digunakan untuk mengelola data bos pada suatu sekolah

  • Implementasi 8:

    sistem pendukung keputusan penentuan kelas terbaik, sistem yang berfungsi untuk mengevaluasi kelas berdasarkan ketentuan yang ada

  • Implementasi 9:

    sistem informasi pembayaran spp dan bangunan, sistem yang digunakan untuk mengelola data spp dan bangunan sekolah siswa


Penjelasan Skema Gambar:

1.	J2EE Server merupakan server dari J2EE yang menyediakan 2 container yaitu : Web Container dan EJB Container
	1.1 Web Container adalah web server berbasis java yang menampung komponen web  serta melakukan pengelolaan dan eksekusi terhadap JSP Page dan komponen pada servlet.
	Beberapa pembuat Web Container antara lain:
	-   Free software: Apache Tomcat, JResin, Jetty, Sun Glassfish
	-   Sun SJSAS, JBoss, IBM Websphere, Oracle Weblogic.
	  Web, seperti servlet dan JSP. Terdiri dari file-file class servlet atau file-file class yang dibutuhkan JSP, file gambar, file HTML, dan deskriptor dari web deployment. Package   yang digunakanbiasanya adalah WAR dengan ekstensi file .war.

	Bagian dari web container :
		-Servlets
		Teknologi Servlet adalah teknologi utama pada java untuk menambahkan fungsi ke server yang digunakan untuk merespon permintaan dari model. Mempunyai kemampuan untuk membaca kumpulan data yang diminta oleh server dan menghasilkan response yang dinamis yang berdasarkan pada data tersebut, servlet tidak terbatas pada kondisi HTTP.
		- JavaServerPages (JSP)
		JSP seperti HTML. Menghasilkan keluaran dengan cara lain pada pemograman Java seperti : mencetak karakter String ketika mengeluarkan output, dalam hal ini HTTP-response, sangat complex dan sangat sulit untuk melakukan proses encode HTML melalui penggunaan String literal.

	1.2 EJB (Enterprise Java Beans) Container
	Model komponen berbasiskan container yang dapat didistribusikan dan menangani pengelolaan container  pada komponen Java. Client dari  aplikasi  EJB  adalah  aplikasi lain,  bukan end-user. Biasanya digunakan untuk lingkup bisnis
	EJB, terdiri dari file-file class dari enterprise bean dan deskriptor dari EJB deployment. EJB biasanya menggunakan package berupa JAR dengan ekstensi file .jar.

2.	Aplikasi Client
Memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan terhadap client. Terdiri dari file class client dan deskriptor client.

3.	Applet Container
Memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan terhadap applet, mengelola, serta mengeksekusi applet. Terdiri dari browser web dan Java Plug-in yang berjalan secara bersama-sama






Penjelasan Skema Gambar:

1.    JMS (Java Messaging Service)
Memberikan suatu API yang umum dan framework yang membuka pengembangan aplikasi-aplikasi messaging yang portable dalam bahasa pemrograman java. JMS API mendukung model-model pemrograman messaging yang umum pada saat ini.
2.    JNDI ( Java Naming and Directory Interface )
JNDI adalah API Java untuk naming service dan directory. Naming service atau layanan penamaan adalah sebuah layanan yang menyediakan pembuatan nama standar untuk satu kumpulan data. Konsep kunci untuk mengingat sebuah naming service  yaitu bahwa jndi menyediakan  nama unik untuk setiap entri yang didaftarkan, yang dinamakan dengan binding.
3.    JTA (Java Transaction API)
Berguna untuk implementasi aplikasi distribusi secara tradisional
4.    Java Mail
Menyediakan framework platform independence dan protokol independence untuk membangun aplikasi Java berdasarkan mail
5.    RMI- IIOP (Remote Method Invocation over the Internet Inter-ORB Protocol)
IIOP pada CORBA, ORPC pada DCOM, atau JRMP pada Java RMI) untuk mengirimkan pesan (message) ke server. Internet Inter-ORB Protocol (IIOP) merupakan protokol jarak jauh yang mendasari.
6.    JDBC (Java database connectivity)
Berfungsi untuk mengakses sistem database manajemen. JDBC memiliki beberapa kegunaan, yaitu membantu programmer untuk koneksi dengan data source, membantu mengirimkan query dan update statements ke database, dan menerima serta memroses hasil yang didapatkan dari database sesuai dengan query yang diberikan.



Aplikasi web dengan J2EE dibangun dengan menggunakan :

-Java Runtime environment : Yang berjalan pada server dan client -JSP Page & Servlet : Memiliki tugas untuk menghandle request dan mengenerate dynamic contact -Komponen Server-Side JavaBean : Sebagai encapsulation dan state -Static HTML dan sejenisnya -Client Side Java Applets, Komponen JavaBean dan aArbitrary Java Class Files

Penjelasan Skema Gambar:

Pada jenis arsitektur ini, sebuah program client terhubung pada sebuah server untuk informasi yang dibutuhkan untuk melengkapi tugas-tugas yang telah diset oleh user. Client digunakan untuk aplikasi web thin clients. Program client, pada hal ini adalah browser, hanya sebuah interface yang oleh user digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas. Yang lainnya, dari data yang user perlukan untuk dioperasikan, logika yang menentukan aliran program dan eksekusi, berada pada server.  Dari suatu perspektif web base maka server client memiliki beberapa tugas :
-  Server menerima permintaan-permintaan dari para client web browser dan kemudian meresponnya.
-   Beberapa permintaan yang datang dari client disertai nama dan alamat item yang client cari, sebagaimana beberapa data user yang disediakan.
-      Server menerima permintaan tersebut, memprosesnya, dan kemudian merespon data yang dicari oleh client atau sebuak kode error yang mengindikasikan bahwa item tidak terdapat pada server atau jika terjadi beberapa error lain.

1.        Request
       Dilakukan oleh client untuk meminta membuka sebuah halaman yang diinginkan dari server                      (URL)
2.        Respon
Dilakukan oleh server unutk memberikan respon terhadap permintaan halaman/request dari client, dapat berupa dokument atau pemberitahuan
3.        Client
Berupa browser yang berfungsi sebagai interface yang digunakan oleh user. Dalam hal ini client melakukan kegiatan meminta data kepada server
4.        Server
Adalah data yang diperlukan user untuk operasi. Berisi logika aliran program dan eksekusi.

Permintaan dari client :
-            Dikirim melalui URL
-            Ditanggapi oleh protocol HTTP

Reff: http://rentagultom.blogspot.com/

PILIHAN JENIS KURSUS