Kursus / Bimbel / Aplikasi IONIC + Mysql

IONIC + Mysql

HTML5, CSS dan AngularJS | Open Source

adalah Teknologi web untuk membuat suatu aplikasi mobile.Framework aplikasi mobile hybrid dengan HTML5, CSS dan AngularJS. Ionic menggunakan Node.js SASS, AngularJS sebagai engine-nya, dilengkapi juga dengan komponen-komponen CSS seperti button, list, card, form, grids, tabs, dsb. Karena hybrid maka aplikasi hanya dibuat 1 kali tetapi sudah bisa dirilis/dibuild di lebih dari 1 platform alias cross-platform. Ionic sebagai frameworknya, untuk menjadi aplikasi Android atau iOS Kita tetap pakai Phonegap (UI component Ionic sebagai Viewnya dan AngularJS sebagai Controllernya).

Filosofi phonegap adalah bagaimana caranya membuat sebuah web agar bisa berkomunikasi dengan sebuah hardware device PhoneGap memiliki Foreign Function Interface(FFI) yang bisa membantu kita untuk mengakses native features dari suatu device. Native Feature yang dimiliki oleh suatu platform seperti camera, geolocation, accelerometer, file dan sebagainya bisa kita akses menggunakan Javascript melalui interface FFI. Selain itu kita juga bisa mengakses Native User Interface yang dimiliki suatu platform menggunakan FFI. Misalkan untuk menampilkan sebuah dialog.


Keunggulan Ionic/Phonegab

  • Multi Platform. Dapat digunakan pada berbagai platform sistem operasi mobile seperti Android, Blackberry, IOS dan sebagainya.
  • Dalam pengembangannya, hanya menggunakan HTML, Javascript dan CSS dengan kata lain tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman Java (Android), Objective C (IOS) ataupun C# (Windows Phone), dan sebagainya.
  • Bersifat Open Source, sehingga module yang ada akan terus dikembangkan oleh para developer.
  • Bereknologi web terbaru
    AngularJS sebagai implementasi logicnya (karena memiliki respon cepat serasa aplikasi native), sedang jQuery adalah kurang di mobile, Ideal untuk Android 4 dan ios 7 Keatas
  • Berbasis Apache Cordova /Phonegap

Ionic Lab digunakan untuk mendesain tampilan antarmuka aplikasi,sedang jQuery Mobile kita harus koding manual.Dikarenakan Ionic hanyalah sebuah framework, untuk merubah kodingan kita menjadi aplikasi Android atau iOS perlu menggunakan tool tambahan seperti Cordova / Phonegap.

Referensi yang bisa digunakan untuk panduan framework Ionic:
  • Website resmi Ionic Framework: http://ionicframework.com/
  • Situs untuk mengunduh Ionic Lab: http://lab.ionic.io/
  • Forum resmi Ionic: http://forum.ionicframework.com/
  • Blog Ionic: http://blog.ionic.io/
  • Website resmi AngularJS, teknologi yang digunakan Ionic untuk implementasi logic: https://angularjs.org/

Di atas Ionic Framework kita bisa menggunakan beberapa front-end framework seperti Angular, React, Vue, Stencil, dan vanila Javascript.

Saat ini Ionic Framework baru secara resmi mendukung penggunaan Framework Anglar dan dukungan untuk Vuejs dan Reactjs masih dalam tahap pengembangan.Ionic versi 2 dan 3 juga rilis mengikuti versi Angular. 23 Januari 2019 Ionic versi 4 dirilis dengan selogan “Ionic for Everyone” (Ionic untuk siapa saja).

Kursus Reguler Ionic + Mysql

Target Belajar Ionic + Mysql al penguasaan dalam hal :

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop Ionic + Mysql untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Apache Cordova

adalah nama awal PhoneGap, yang kini dikembangkan Apache Cordova.
Hybrid karena aplikasi ini tidak murni berbasis HTML / Javascript, juga tidak murni berbasis Native Programming Language (hardware HP). dan hebatnya Phonegap adalah kita tidak perlu belajar lebih dalam mengenai bahasa native tersebut.

Apache Cordova memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi mobile dengan menggunakan CSS3, HTML5 dan JavaScript daripada menggunakan API yang spesifik untuk masing-masing platform seperti Java untuk Android, Swift untuk iOS dan C# untuk Windows Phone. Dengan satu kode sumber yang sama, Apache Cordova dapat membungkus aplikasi agar dapat berjalan di banyak jenis device.

Aplikasi web ini dapat dikonversi menjadi aplikasi Android, mulai dari cara instalasi Cordova beserta perangkat lain yang diperlukan seperti Java Development Kit (JDK), Apache Ant, dan Android SDK Tools, membuat dan memodifikasi halaman HTML dan membuild ke dalam bentuk Android package installer (.apk).

Library cordova.js adalah nyawa dari aplikasi Phonegap, bekerja di belakang layar dan melakukan pekerjaan pemanggilan fitur-fitur asli platform.Cordova.js dan Cordova.jar bekerja saat melakukan pemanggilan API tertentu yang menjembatani antara bahasa pemrograman Phonegap dan fitur asli dalam aplikasi mobile seperti Camera, GPS, Accelerometer, Compass, File System dan lain sebagainya

IONIC DEVELOPER:

  1. Ionic CLI

    adalah tool command line yang digunakan untuk membuat project dan menjalankan project # http://ionicframework.com/docs/cli/start.html.

  2. ionic Lab

    adalah Versi GUI dari Ionic CLI #https://lab.ionic.io/

  3. Ionic Creator

    adalah produk free dalam mendesain tampilan UI aplikasi, berupa WebApp / Browser # https://creator.ionic.io/app/login. Berbeda dengan jQuery mobile atau platform lain yang memaksa kita coding manual untuk mendesain tampilan UInya.

  4. Ionic ViewApp adalah mempreview program Ionic langsung dari Android. Aplikasi yang bisa di preview oleh ViewApp bisa aplikasi yang kita buat atau aplikasi orang lain yang dishare di Ionic Market.



    Contoh Penerapan Aplikasi menggunakan Ionic + Database yang umumnya kita support antara lain:


REQUEST CLASS

Kelas Dibuka Sesuai Permintaan Peserta. Umumnya Untuk Studi Kasus khusus, Implementasi, Prototype, Sistem Usulan, CRISP-DM, maunpun Pembaruan (Novelty) dari Aplikasi yang sudah ada sebelumnya

  • Pilihan Sistem / Database:

    Ionic + Mysql Pengolahan Database, Looks n Feel, Create Update Delete Search Data terhadap kolom tabel database yang dibuat Penerapan pada Database Dynamic : Ms. Access, Mysql, postGreeSQL, Firebase, MongoDB Penerapan pada Data Static : .xls, .mat, .csv, .txt , API Media Sosial, SMS gateway, Mail Gateway, Auto Respon Telegram/Medsos, SMTP/SMPP, Notifikasi Bonus: Studi Kasus / Sistem Informasi


Contoh Penerapan Untuk Sistem Sekolah

  • Implementasi 1:

    sistem informasi manajemen sekolah, sistem yang berfungsi untuk mengelola sekolah, baik berupa anggaran dan tata kelola pendidikan.

  • Implementasi 2:

    sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan, sistem yang berfungsi untuk menilai guru terbaik yang ada pada sekolah. untuk menilai ini biasanya menggunakan kriteria. dalam hal ini penggunaan metode2 perangkingan (SAW, TOPSIS, WP, Fuzzy dll bisa di gunakan)

  • Implementasi 3:

    sistem pendukung keputusan penentuan pemberian beasiswa, sistem yang berfungsi untuk menentukan layak dan tidak layaknya pemberian beasiswa kepada murid

  • Implementasi 4:

    sistem pendukung keputusan evaluasi kinerja guru, sistem yang berguna untuk mengevaluasi kinerja guru baik dari pengajaran maupun sikap dan kedisiplinan

  • Implementasi 5:

    sistem informasi penerimaan siswa didik, sistem yang digunakan untuk menerima siswa didik baru pada suatu sekolah

  • Implementasi 6:

    sistem informasi perpustakaan sekolah, sistem yang digunakan untuk mengelola buku yang ada diperpustakaan baik peminjaman maupun pengembalian buku disekolah

  • Implementasi 7:

    sistem informasi pengelolaan lpj dana bos, sistem yang digunakan untuk mengelola data bos pada suatu sekolah

  • Implementasi 8:

    sistem pendukung keputusan penentuan kelas terbaik, sistem yang berfungsi untuk mengevaluasi kelas berdasarkan ketentuan yang ada

  • Implementasi 9:

    sistem informasi pembayaran spp dan bangunan, sistem yang digunakan untuk mengelola data spp dan bangunan sekolah siswa


Installasi Ionic Versi 5



Selain langkah diatas, Membuat Aplikasi bisa juga dilakukan melalui Github:
npm install -g @ionic/cli cordova-res
git clone https://github.com/riadimrt/latihan-b.git latihan-b
cd latihan-b
npm install && ionic serve

NB:
ionic serve adalah untuk menjalankan proyek aplikasi di browser.
ionic serve --lab untuk menampilkan perbedaan tampilan aplikasi ketika dibuka di 3 platform yang berbeda.
ionic run android untuk running test di perangkat Android langsung (Btw sudah tersetting JDK Java, Android SDK, +mode USB Debugging).
ionic build android untuk mengcompile menjadi .APK.
Ionic Framework hanya salah satu untuk membuat aplikasi seluler berjenis hybrid selain PhoneGap, jQuery Mobile, Framework7 dan lain sebagainya, BTW banyak kemudahan yang ditawarkan Ionic Framework.

Reff:
https://ionicframework.com/docs/intro/cdn
https://dashboard.ionicframework.com/app/d9db0827/getting-started/overview
http://lab.ionic.io/old.html
https://ionicframework.com/docs/angular/your-first-app/6-deploying-mobile
https://dashboard.ionicframework.com/app/d9db0827/deploy/deployments
https://ionicframework.com/blog/understanding-itms-90809-uiwebview-api-deprecation/

PILIHAN JENIS KURSUS