Kursus / Bimbel / Aplikasi Hackintosh

Hackintosh

Mac OS X | OSX86 | Ilegal

Mac terkenal dengan sistem operasinya yang aman, stabil dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, ada banyak hal ekslusif yang bisa hanya bisa dijalankan dengan Mac namun sayangnya Mac juga terkenal dengan harganya yang mahal. Sekarang, Kita bisa mencoba dan menggunakan Mac sehari-hari dengan PC tanpa perlu membeli Mac, setidaknya untuk waktu yang cukup lam. Semua ini berkat Hackintosh.

Hackintosh adalah teknik memasang sistem operasi bernama Macintosh OS X (Mac OS X) besutan Apple di mesin non Apple. Pada dasarnya Mac OS X yang dibuat oleh Apple ini tidak bisa dipasang di mesin/PC selain buatan Apple. Produk Apple yang menggunakan Mac OS X antara lain Macbook Air, Macbook Pro, iMac, Mac Mini, ataupun Mac Pro. Artinya dengan Hackintosh, OS X dan macOS bisa diinstall di komputer atau laptop yang bukan keluaran Apple.






Memiliki Hackintosh PC dapat Banyak Manfaat.
1. Terjangkau
Anda dapat membeli komponen Anda sendiri dan membuat PC yang lebih murah 
daripada yang dijual oleh Apple.

2. Mudah Disesuaikan
Karena terbatasnya opsi perangkat keras yang ditawarkan oleh MacBook,
 membuatnya sulit untuk menyesuaikan perangkat keras MacBook sesuai 
 dengan kebutuhan Anda.

Hackintosh memecahkan masalah ini dengan memungkinkan untuk memilih 
perangkat keras yang kompatibel berbeda untuk membangun PC yang sesuai
 dengan kebutuhan Anda.

Laptop juga disertakan, Anda hanya perlu menemukan satu yang memiliki 
kompatibilitas Hackintosh.

3. Mudah Upgrade
Ingin meningkatkan kinerja PC Anda? Pergi saja ke toko perangkat keras 
PC dan dapatkan komponen yang lebih kuat. Anda dapat dengan mudah 
mengganti perangkat keras jika terjadi kesalahan.

4. Game
Karena Anda dapat dual boot windows dan Mac OS di PC Anda, Anda dapat
membangun mesin game yang kuat. Anda dapat memainkan game di Windows
dan beralih ke MacOS jika Anda melakukan beberapa pembuatan konten.

Bahkan Dengan Semua Manfaat Luar Biasa Ini, Akan Selalu Ada Harganya.
Berikut adalah beberapa kerugian memiliki Hackintosh.

1. Tidak Ada Garansi Dari Apple
Karena ini adalah mesin non-Apple, jangan berharap Apple untuk 
mengganti komponen atau mesin Anda jika terjadi kesalahan.

2. Pembaruan Harus Diperiksa Pertama
Pembaruan yang dirilis oleh Apple harus ditentukan jika mereka 
kompatibel oleh para ahli terlebih dahulu sebelum Anda dapat 
menginstalnya dengan aman.

Kegagalan untuk melakukan ini dapat menyebabkan crash atau hasil di 
driver tidak berfungsi.

3. Tenggelam dalam Waktu
Jika Anda tidak berpengalaman atau ini adalah pertama kalinya Anda, 
Anda pasti akan menghabiskan banyak waktu untuk memperbaikinya.
Reff: HACK MAC OS / OSX86

HACK MAC OS / OSX86

Kenapa PC tidak bisa dipasang Mac OS X? Hal ini dikarenakan mesin di era sebelum rilis OS X 10.4 (codename: Tiger), mesin Apple masih menggunakan prosesor berbasis PowerPC (PPC), yang memiliki arsitektur prosesor yang berbeda dengan kebanyakan PC yang berada di pasaran yang menggunakan basis arsitektur Intel x86. Perbedaan set instruksi pada masing-masing teknologi inilah yang menyebabkan ketidakmungkinan Mac OS X dipasang di mesin berbasis Intel x86.

Namun semua berubah ketika tahun 2005, pada kongress WWDC (Worldwide Developers Conference), Steve Jobs selaku CEO dari Apple mengumumkan bahwa perusahaan Apple akan menggunakan teknologi Intel x86 sebagai otak dari semua mesin Mac.

Hal ini tentunya membawa angin segar bagi sebagian kalangan developer untuk menyematkan Mac OS X ini ke mesin non Apple. Rilis software Mac OS X berbasis PowerPC masih berlanjut sampai dengan Rilis 10.5 (codename: Leopard), dan pada tahun 2009, ketika rilis Mac OS X 10.6 (codename: Snow Leopard), Apple benar-benar menghapus dukungan terhadap mesin berbasis PowerPC ini.

Era hackintosh dimulai, kalangan enthusiast developer dengan kemampuan di atas rata-rata rupanya telah berhasil menemukan cara memanipulasi booting Mac OS X agar mengenali mesin non Apple sebagai mesin Apple yang terdaftar resmi. Dont Steal Mac OS X.kext adalah software dengan algoritma rumit dari Apple yang bertugas untuk melindungi produk Mac OS X dipasang di mesin non Apple.

Berkat usaha keras seorang developer dari netkas.org, dia berhasil menemukan kunci/ decrypter dari algoritma software “Dont steal Mac OX X.kext” yang bernama dsmos.kext. Selanjutnya muncul juga Decrypt.kext serta AppleDecrypt.kext yang fungsinya juga sebagai decrypter. Seiring bergulirnya waktu, Apple melengkapi keamanan dari Mac OS X dengan SMC (System Management Controller). Tentu saja sang pembuat decrypter langsung menelurkan generasi terbaru dari decrypternya, yang kemudian berubah nama menjadi FakeSMC.kext. Jadi, kepada pengguna hackintosh sekalian, berterima kasihlah kepada penemu decrypter ini.

Sampai saat ini, Decrypter FakeSMC masih digunakan sebagai driver wajib untuk menyalakan sebuah mesin Hackintosh. Tanpa FakeSMC, mustahil mesin non Apple bisa menyalakan OS X yang terkenal elegan ini. FakeSMC bekerja dengan cara memberitahukan bahwa mesin yang sedang berjalan dianggap sebagai real Mac.

Kursus Reguler Hackintosh

Target Belajar Hackintosh al penguasaan dalam hal :

  • INSTAL OS /VM

  • Merakit / memilih PC

  • Membuat IMAGE OS

  • Setting BIOS

  • Add New Hardware

  • Setting IP

  • Mengelola User

  • Mengatur Layout/Theme

  • Testing



Maaf teman-teman... Kursus / Workshop Hackintosh untuk Kelas Reguler / MHS beleum diselenggarakan... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas Studi Kasus (Khusus Untuk Proses Edukasi / Riset saja) dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Ada Lima Versi Hackintosh yang Paling Banyak digunakan: High Sierra, Mojave, Sierra, Yosemite, dan Mavericks.

Dalam workshop / training yang ada, kita menggunakan Mavericks.

Hackintosh adalah PC atau laptop Windows / Linux yang dimodifikasi agar bisa menjalankan sistem operasi MacOS (memanfaatkan Mac OS tanpa harus menggunakan peralatan MacBook dan iMacs).
Beberapa orang lebih suka Mac OS daripada MacBook ke sistem operasi lain karena keamanan, kecepatan dan tidak adanya bloatware.


Perbedaan MacOS dan Hackintosh


OS-nya resmi, namun tidak mendapat update

Hackintosh ber OS=Apple MacOS, yang sama pada komputer Apple tetapi bukan dari Apple.Hardwarenya bisa kita ubah-ubah sesuka hati kita, tetapi untuk meng-update OS Hackintosh kita secara manual tiap kali ada update di iTunes.

Jauh lebih murah dari pada membeli iMac atau MacBook

Dengan memilih Hackintosh, kamu bisa menghemat lebih dari setengah harga dari seperangkat komputer Apple, baik itu iMac ataupun MacBook.

Bisa upgrade komponen dan overclock CPU

Kita bisa berkehendak penuh untuk mengetahui dan mengotak-atik komponen dalam komputer tanpa harus dibatasi. Termasuk tapi tidak terbatas dari RAM, HDD, SSD, prosesor, dan lain sebagainya.

Main game dengan grafis berat di MacOS? Gak masalah!

Komputer dan laptop Apple cenderung dibanderol dengan harga yang cukup tinggi meski memiliki spek yang terbilang reguler. Untuk itu, Hackintosh bisa jadi solusi para pengguna yang familiar dengan sistem operasi MacOS namun ingin nge-game dengan spek tinggi yang tentunya bisa di-upgrade sesuka hati.

Instalasi ribet, namun worth it Dengan segala komponen PC yang digunakan untuk menggunakan Hackintosh, tentu semua bisa setuju kalau penampilan fisik Hackintosh tidak seringkas dan sesimpel perangkat komputer atau laptop Apple sesungguhnya. Meski punya fungsi yang sama persis, pengguna Hackintosh harus bisa merelakan simplisitas fisik yang ditawarkan perangkat Apple.

Hackintosh Ilegal


Menurut perjanjian lisensinya, Mac OS hanya boleh digunakan pada perangkat keras Apple.

Oleh karena itu, jika Kita menginstal Mac OS pada PC non-Apple,Maka Kita telah melakukan pelanggaran kontrak/EULA Mac OS X ...bahwa dilarang memasang Mac OS X di mesin selain mesin bermerk Apple.

Namun hingga kini, Apple belum mengambil tindakan apa pun terhadap individu yang telah melanggar kontrak.

Pada 2008, Apple sempat mengajukan gugatan kepada psystar corporation, atas tindakannya menjual “Open Computer” berupa PC dengan Mac OS X Tiger yang terpasang didalamnya (pre-installed). Dalam hal ini Apple menganggap tindakan psystar corporation sebagai pembajakan yang melanggar DMCA (Digital Millennium Copyright Act) yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap produk karya digital. Pada akhirnya psystar ditutup dan diganti dengan Quo Computer.

Fakta bahwa Apple mengklaim bahwa membuat hackintosh melanggar DMCA, dan bahwa EULA mereka adalah kontrak yang tidak dapat diubah, tidak membuat keduanya demikian. Ada putusan yang menguntungkan mereka dari kasus Psystar, tetapi tidak jelas apakah putusan tersebut berlaku untuk pengguna akhir atau hanya untuk perusahaan seperti Psystar yang menjual kembali hackintosh.

Peluang seseorang untuk digugat pada dasarnya adalah nol, karena Apple tidak ingin PR buruk mengungkapkan taktik yang menjijikkan, monopolistik, dan anti-konsumen kepada publik lebih dari yang diperlukan. Bahwa, bahkan jika EULA Apple dipaksakan berlaku, klausul yang melarang penggunaan pada perangkat keras non-Apple jelas merupakan perjanjian yang mengikat dalam pelanggaran terhadap tindakan anti-trust Clayton tahun 1914, dan jadi akan diusir.

Walaupun sempat dihadang tragedi semacam itu, Hackintosh justru semakin menjamur dan menggelinding layaknya bola salju. Banyak orang yang penasaran dan berkeinginan memasang Mac OS X di PC intel x86. Menarik betul hackintosh ini. Banyak sekali forum-forum yang membahas perkembangan Hackintosh, mulai dari yang lokal seperti Mac-Inul, Kaskus, dan tentunya ada juga forum-forum internasional seperti Tonymacx86, Osxlatitude, Hackintosh, Insanelymac.

Tak ketinggalan grup di Facebook juga menjadi salah satu acuan dari para member, karena selain kemudahan navigasi grup, update dari masing-masing thread cukup mudah ditelusuri. Di grup dan forum-forum tersebut, Verians bisa menemukan banyak hal mulai dari troubleshooting hingga curhatan antar member. Forum-forum inilah yang membesarkan hackintosh dan berjasa bagi penyebaran pengetahuan tentang Mac OS X.

Reff: Perbedaan Hackintosh dan MacOS | Mengapa Hackintosh


Proses Instalasi


Hal yang harus dipersiapkan sebelumnya: (Spek Core I3, Ram 4G)

Pertama-tama, silakan buat USB Installer macOS Sierra terlebih dahulu. Caranya bisa kamu lihat di postingan ini. Selanjutnya:

  1. Buka Clover bootloader, Install pada USB Installer yang sudah kita buat.
  2. Pada Installation Type, klik Customize dan atur sesuai dengan pilihan berikut:
    • Bootloader / Install Boot0af in the MBR
    • Clover EFI / Clover-EFI 64Bit SATA
    • Drivers64UEFI / EmuVariableUefi-64
    • Drivers64UEFI / OsxAptioFixDrv-64
    • Drivers64UEFI / PartitionDxe-64
  3. Setelah itu klik Install.
  4. Jangan lupa download file .kext yang akan dibutuhkan pasca instalasi. File .kext ini serupa dengan .dll pada Windows. Beberapa file .kext yang saya gunakan diantaranya adalah: FakeSMC.kext, NullCPUPowerManagement.kext, serta AppleIntelE1000e.kext. Silakan googling untuk mengetahui dimana dan bagaimana cara mendownloadnya.
  5. Letakkan file Kext tersebut pada direktori EFI/Clover/Kexts/10.12 pada USB Installer macOS Sierra.
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi BIOS sebelum menginstall macOS. Tekan F12 ketika Dell Optiplex 990 boot untuk masuk ke pengaturan BIOS. Pengaturan yang saya pakai:
    • System Configuration / SATA Mode: AHCI
    • Performance:
      • Multicore = All
      • Intel SpeedStep = Enabled
      • C-States = Enabled
      • TurboBoast = Enabled
    • Virtualization:
      • Intel Virtualization Technology: enabled
      • VT for Direct I/O: disabled
      • Trusted Execution: disabled
  7. Langkah selanjutnya boot PC dari USB Installer dan lakukan instalasi macOS Sierra seperti biasa.
  8. Ketika macOS di Dell Optiplex boot pertama kali pasca instalasi, jalankan Clover dan lakukan instalasi seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Tetapi kali ini destinasinya adalah harddisk pada PC.
  9. Pindahkan kext yang ada di folder EFI/Clover/Kexts/10.12 pada USB ke folder yang sama di harddisk PC. Restart.
  10. Sampai pada tahap ini seharusnya instalasi sudah selesai dan kamu bisa menikmati macOS Sierra di Dell Optiplex 990. Apabila resolusi yang kamu dapatkan tidak sesuai atau tidak mendapatkan resolusi natif, silakan cari dan download driver kartu grafis yang kamu gunakan lalu install. Jangan lupa restart sesudahnya.
Hackintosh 3 Juta
Hackintosh Dell Optiplex 990

Fitur yang tersedia

App Store, iMessages, iCloud, LAN Network, Wifi (Dengan TP-Link TL-WN725N + driver), Sleep, Restart, semuanya jalan dengan lancar di Hackintosh Dell Optiplex 990 saya. Oh ya, apabila ingin menggunakan Bluetooth misalnya untuk Magic Keyboard, Mouse atau Trackpad, tinggal cari dongle USB Bluetooth.

Fitur yang tidak tersedia rasanya hanya Continuity seperti Handoff dan Universal Clipboard. Hal ini dikarenakan Apple mengharuskan penggunaan wireless card khusus yaitu Apple Broadcom BCM94360CD – 802.11 a/b/g/n/ac. Bila kamu benar-benar ingin menikmati fitur tersebut, silakan pesan wireless card tersebut di eBay atau AliExpress.

Sebagai tambahan informasi, ada baiknya kamu tidak login menggunakan Apple ID utama kamu di awal penggunaan Hackintosh. Karena dari yang saya pernah baca, Apple melakukan banned Apple ID yang digunakan sign in pada Hackintosh. Pengalaman saya, setelah login di Hackintosh Dell Optiplex 990, langsung muncul pop-up verifikasi dan perintah mengganti password Apple ID di iPhone, iPad dan MacBook Air saya. Jadi untuk berjaga-jaga silakan gunakan Apple ID yang lain bikin baru ya.

Performa

Dari hasil Geekbench pada Hackintosh Dell Optiplex 990, saya mendapatkan skor 3116 untuk single core dan 6124 untuk multi core. Tidak terlalu buruk karena pada single core dan multi core sebanding dengan MacBook Pro Retina (Late 2013). Bahkan pada multi core mampu mengalahkan MacBook (Early 2016). Hasil Geekbench bisa kamu lihat di bawah ini.

Hackintosh 3 Juta
Hasil benchmark dengan GeekBench
Hackintosh 3 Juta
Perbandingan hasil GeekBench single core
Hackintosh 3 Juta
Perbandingan hasil GeekBench multi core

Untuk pekerjaan standar seperti menulis, browsing, dan edit foto, Hackintosh saya mampu menanganinya dengan lancar. Lebih cepat malah dari Macbook Air saya yang sudah berumur.

Catatan lainnya

Membuat Hackintosh kini sudah semakin mudah dibandingkan dengan 3 atau 4 tahun yang lalu. Pilihan hardware yang semakin banyak dan kompatibel dengan macOS adalah salah satu faktornya. Bahkan TonyMacx86 mempunyai golden build yang sudah ditest dan pasti berhasil menjalankan macOS. All you need to do is buy and assembling the parts. Hal yang perlu diingat, golden build bukan berarti akan terus cocok dengan versi macOS terbaru. Apabila Apple merubah kode atau sistem di macOS terbaru, bisa saja golden build tersebut tidak berlaku lagi.

Meskipun proses membuat Hackintosh semakin mudah, ada baiknya kamu pertimbangkan matang-matang sebelum mencobanya. Setidaknya perlu banyak kesabaran, baca dan googling referensi tentang Hackintosh agar ketika terjadi masalah, dapat dengan mudah melakukan troubleshooting. Sekali lagi, jika kamu memiliki budget lebih untuk laptop atau komputer baru, silakan beli MacBook atau iMac saja. Lebih praktis.

Faktor lain yang membuat orang lebih memilih Hackintosh ketimbang Mac asli adalah kebutuhan akan Mac dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Bagi para pengguna profesional, kebutuhan akan Mac dengan spesifikasi yang tinggi serta fleksibilitas untuk upgrade baik RAM, CPU dan GPU adalah hal penting. Fleksibilitas itulah yang ditawarkan oleh Hackintosh. Selama tidak dibatasi oleh budget maka siapa saja bisa membuat Hackintosh dengan spesifikasi yang tidak akan pernah dijual oleh Apple atau dijual oleh Apple dengan harga selangit. Saya sendiri berencana mengganti prosesor Hackintosh tersebut dengan Core i5 atau i7 juga upgrade RAM ke 16GB.

Kekurangan dari Hackintosh adalah sistemnya yang kurang stabil dibandingkan dengan Mac. Kamu tidak bisa sembarangan melakukan update macOS. Bisa jadi update yang dikeluarkan oleh Apple tidak cocok dan justru membuat Hackintosh kamu tidak bisa lagi digunakan. Belum lagi kalau data-data yang tersimpan ternyata tidak bisa diselamatkan.



List of macOS versions and the software they run
Operating system Safari Mail QuickTime iTunes Messages/iChat iWork
11 "Big Sur" 14.0 13.0 10.5 N/A 14.0 2020
10.15 "Catalina" 13.1.2 N/A 13.0
10.14 "Mojave" 12.0 12.9.5 12.0
10.13 "High Sierra" 11.0 10.4 12.8.2 11.0 2019
10.12 "Sierra" 12.1.2 10.0 2018
10.11 "El Capitan" 11.1.2 9.3 9.2 2014
10.10 "Yosemite" 10.1.2 8.0
10.9 "Mavericks" 9.1.3 7.3 10.3 12.6.2 2013
10.8 "Mountain Lion" 6.2.8 Un­known 10.2 12.4.3[70] '09
10.7 "Lion" [note 1] 6.1.6 10.1 12.2.2[71] 8.0b or 6.0.1
10.6 "Snow Leopard" 5.1.10[72] 4.5[73] 11.4[74] 5.0
10.5 "Leopard" 5.0.6 3.6 7.7 10.6.3[75] 4.0
10.4 "Tiger" 4.1.3 2.1.3 7.6.4 9.2.1[76] 3.0
10.3 "Panther" 1.3.2 1.x 7.5 7.7.1[77] 2.1[78] '05
10.2 "Jaguar" [note 2] 1.0.3 6.5.3 6.0.5 2.0 Keynote
10.1 "Puma" N/A 6.3.1 4.7.1 N/A N/A
10.0 "Cheetah" [note 3] 5.0 2.0.4


Hardware compatibility

List of macOS versions, the supported systems on which they run, and their RAM requirements
Operating system Supported systems[97] RAM requirement
11
  • MacBook (2015 or newer)
  • MacBook Air (2013 or newer)
  • MacBook Pro (Late 2013 or newer)
  • Mac mini (2014 or newer)
  • iMac (2014 or newer)
  • iMac Pro (2017)
  • Mac Pro (2013 or newer)
4 GB
10.15
  • MacBook (Early 2015 or newer)
  • MacBook Air (Mid 2012 or newer)
  • MacBook Pro (Mid 2012 or newer)
  • Mac mini (Late 2012 or newer)
  • iMac (Late 2012 or newer)
  • iMac Pro (2017)
  • Mac Pro (Late 2013 or newer)
10.14
  • MacBook (Early 2015 or newer)
  • MacBook Air (Mid 2012 or newer)
  • MacBook Pro (Mid 2012 or newer)
  • Mac mini (Late 2012 or newer)
  • iMac (Late 2012 or newer)
  • iMac Pro (2017)
  • Mac Pro (Late 2013 or newer; Mid 2010 and Mid 2012 models
    with recommended Metal-capable graphics cards[98])
2 GB
10.1210.13
  • MacBook (Late 2009 or newer)
  • MacBook Pro (Mid 2010 or newer)
  • MacBook Air (Late 2010 or newer)
  • Mac mini (Mid 2010 or newer)
  • iMac (Late 2009 or newer)
  • Mac Pro (Mid 2010 or newer)
10.810.11
  • MacBook (Early 2015) (Only 10.10 and 10.11)
  • MacBook (Late 2008 Aluminum, or Early 2009 or newer)
  • MacBook Pro (Mid/Late 2007 or newer)
  • MacBook Air (Late 2008 or newer)
  • Mac mini (Early 2009 or newer)
  • iMac (Mid 2007 or newer)
  • Mac Pro (Early 2008 or newer)
  • Xserve (Early 2009)
10.7 Intel Macs (64-bit)[99]
Rosetta support dropped from 10.7 and newer.
10.6 Intel Macs (32-bit or 64-bit)[99] 1 GB
10.5 G4, G5 and Intel Macs (32-bit or 64-bit) at 867 MHz or faster
Classic support dropped from 10.5 and newer.
512 MB
10.4 Macs with built-in FireWire and either a New World ROM or Intel processor 256 MB
10.3 Macs with a New World ROM[100] 128 MB
10.010.2 G3, G4 and G5 iBook and PowerBook, Power Mac and iMac
(except PowerBook G3 "Kanga")
Referensi: https://adityadaniel.com | https://en.wikipedia.org/wiki/MacOS |

PILIHAN JENIS KURSUS