Kursus / Bimbel / Aplikasi FL Studio 20

FL Studio 20

Audio Editor | FL Studio| FruityLoop Studio |Belgia |DAW

adalah perangkat lunak untuk merekam audio (berupa suara atau pun bunyi instrumen musik), bahkan mampu memproduksi audio (membuatnya dari database suara/musik instrumen yang sudah ada) sehingga menjadi lagu utuh berbagai genre, remix, orkestra, hip hop, dan musik lainnya.Dikembangkan oleh Image-Line dari tahun 2014.Awalnya di kenal dengan nama FruityLoop Studio.

Image-Line juga menawarkan pemutakhiran fitur gratis seumur hidup, yang artinya pembeli akan mendapatkan FL Studio versi berikutnya dengan gratis. Image-Line juga mengembangkan FL Studio Mobile untuk pengguna di iOS dan Android dan FL Studio Groove untuk Windows 8 dan Windows 10.

Selain FL Studio, Image-Line juga menawarkan produk VST Instruments dan aplikasi audio lainnya.
FL Studio memiliki 4 seri : FL Studio Fruity Edition, FL Studio Producer Edition, FL Studio Signature Bundle dan FL Studio All Plugins Bundle, yang setiap tahunnya ditambahkan fitur terbaru atau pun database musik terbaru.


Keunggulan FL Studio

  • Mampu memotong, menyalin, menggabungkan, menghapus, menduplikasi, memisahkan file audio
  • Memiliki plug-in efek untuk bagian suara
  • Built-in editor amplop volume
  • Spektrogram disesuaikan trek modus tampilan
  • Analisis frekuensi window untuk aplikasi audio analisis
  • Tingkat pemutaran kustom untuk melacak setiap, yang hidup-resampled dengan tingkat sampel proyek
  • Mudah untuk operasi menyelaraskan kompleks untuk trek dan kelompok trek
  • Memiliki kemampuan untuk menangkap semua masukkan secara bersamaan pada audio interfacenya.
  • Memiliki fleksibilitas untuk merekam vokal tunggal, gitar atau orkes simfoni secara penuh
  • Dilengkapi dengan Edison untuk meningkatkan kemampuan editor gelombang rekaman. Edison adalah editing audio dan alat rekam dengan analisis spektral, reverb konvolusi, reduksi kebisingan, loop-recording, alat penyusunan loop, dan lain-lain.
  • Mendukung sejumlah jenis audio seperti WAV, MP3, WavPack, OGG, AIFF, format audio REX dan masih banyak lagi



FL Studio hadir dalam beberapa edisi dengan tingkat fungsionalitas yang berbeda. Versi uji coba gratis mencakup semua fitur program, semua plugin, dan memungkinkan pengguna untuk membuat audio proyek ke WAV, MIDI, MP3, dan OGG. Proyek yang disimpan saat dalam mode demo, bagaimanapun, hanya dapat dibuka setelah FL Studio dan pluginnya telah terdaftar. Selain itu, preset instrumen tidak dapat disimpan dan output audio dari beberapa instrumen akan berhenti sebentar setiap beberapa menit hingga program dan pluginnya telah didaftarkan.

Referensi Belajar:

Kursus Reguler FL Studio 20

Target Belajar FL Studio 20 al penguasaan dalam hal :

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop FL Studio 20 untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


Salah satu kelebihan dari FL Studio ini adalah aplikasi ini sudah mensupport untuk multi MIDI-in, sehingga support simpan file kedalam beberapa format seperti WAV, MIDI, dan AAC serta bisa menyimpannya di Dropbox atau e-mail yang ditautkan.

Selain itu FL Studio juga dapat mendukung instrumen tambahan dengan midi-in dan pedal kaki. Bahkan mixer FL Studio memiliki jumlah preset yang dapat memutar lagu dengan tingkat presisi yang tinggi.


Versi FL Studio

  • Versi 9, untuk pemrosesan efek multi-core dan peningkatan dukungan untuk pemrosesan instrumen multi-core.

  • Versi 10, Maret 2011, menyertakan browser proyek baru, memperbaiki beberapa bug, dan menghaluskan poin amplop. Ia juga memperkenalkan Patcher, lingkungan alur kerja modular yang mampu menggabungkan instrumen dan efek dalam jumlah yang tidak terbatas.

  • Versi 11, April 2013, termasuk dukungan multi-sentuh, otomatisasi tempo yang ditingkatkan, plugin baru seperti BassDrum, GMS, Effector, Patcher, dan fitur piano roll baru (VFX Key Mapper, VFX Color Mapper).

  • Versi 12, dirilis April 2015, menambahkan UI vektorial baru, plugin yang diperbarui, dukungan multi-sentuh, mixer yang didesain ulang, dukungan plugin 32 & 64 bit yang ditingkatkan, dan manajemen file yang ditingkatkan.

  • Versi 20, dirilis Mei 2018, melompati versi 13 hingga 19 untuk merayakan ulang tahun ke-20 program tersebut. Ini memperkenalkan dukungan macOS asli, beberapa tanda tangan waktu, konversi MIDI ke audio, pengaturan daftar putar tak terbatas, Peningkatan Kompensasi Penundaan Plugin, kembalinya Editor Grafik Pengurut Langkah, rendering In-situ ("pembekuan"), dan peningkatan lainnya.



Jenis Jenis FL Studio

FL Studio Express

Versi ini memungkinkan untuk pengeditan sequencer-only dan dimaksudkan untuk pembuatan loop 64-langkah. Setiap pola dapat terdiri dari jumlah instrumen yang tidak terbatas — baik sampel, instrumen asli, atau instrumen VST. Instrumen dalam pola dapat diarahkan ke alat Mixer untuk pemrosesan efek, dan efek pada versi 10.0 termasuk Delay, Delay Bank, EQUO, Flangus, Love Philter, Vocoder, Parametric EQ & EQ2, Multiband Compressor, Spectroman, Stereo Enhancer, Wave Permen, Pembentuk Gelombang, dan Soundgoodizer. Tidak ada piano roll, kemampuan playlist, otomatisasi, perekaman audio, atau klien VST / ReWire.

Fruity Edition

Fruity Edition memungkinkan pengguna untuk mengakses daftar putar, piano roll, dan fitur otomatisasi acara, yang memungkinkan pengaturan dan pengurutan yang rumit dan panjang. Ada juga dukungan VST / ReWire sehingga FL Studio bisa menjadi instrument di host lain seperti Cubase, Sonic Solutions, Logic, dan software lainnya. Mulai versi 10.0, edisi ini mencakup instrumen synthesizer Simsynth Live, synthesizer perkusi langsung DrumSynth, synthesizer DX10FM, dan synthesizer Wasp / Wasp XT. Tidak ada fitur perekaman audio. [18] Di FL Studio 12, edisi ini diberi otomatisasi (berbasis spline).

Producer Edition

Edisi Produser mencakup semua fitur Edisi Buah, serta perekaman lengkap untuk audio internal dan eksternal serta alat pasca-produksi. Hal ini memungkinkan untuk titik gambar tangan dan splines berbasis kurva (disebut sebagai "Klip Otomasi"). Plugin termasuk Edison, Slicex (loop slicer dan re-arranger), Sytrus, Maximus, Vocodex dan Synthmaker. Hal ini juga memungkinkan untuk melihat bentuk gelombang klip audio dan kemampuan untuk menambahkan titik isyarat.

Signature Bundle

Edisi ini mencakup Edisi Produser serta serangkaian plugin seperti pemutar Video Fruity, DirectWave Sampler, Harmless, NewTone, Pitcher, Gross Beat, dan Hardcore Guitar Effects Suite

All Plugins Bundle

All Plugins Bundle menyertakan Signature Bundle bersama dengan plugin tambahan, terutama synthesizer.


PILIHAN JENIS KURSUS