Kursus / Bimbel / Aplikasi Firebase Google

Firebase Google

NoSQL | GCM | FCM | Open Source

adalah suatu layanan dari Google yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan lintas platform seperti Android, iOS, dan aplikasi web. Nama lengkapnya: Firebase Cloud Messaging (FCM), yaitu sebagai layanan yang diberikan Firebase untuk menggantikan Google Cloud Messaging (GCM) (untuk aplikasi Google GCM disarankan segera migrasi ke FCM). Firebase merupakan platform yang dikembangkan oleh perusahaan Firebase inc yang diakuisisi oleh Google (2014).

Teknologi FCM adalah untuk memberikan pemberitahuan dan membuat komunikasi dua arah antara perangkat. Teknologinya ada 2 yaitu:
+XMPP (Extensible Messaging and Presence Protocol) /instalasi server dahulu
+HTTP (Hypertext Transfer Protocol)/langsung pakai console builtin.



Dengan adanya Firebase, pengembang aplikasi bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan usaha yang besar. Dua fitur yang menarik dari Firebase yaitu Firebase Remote Config dan Firebase Realtime Database. Selain itu terdapat fitur pendukung untuk aplikasi yang membutuhkan pemberitahuan yaitu Firebase Notification.

Fitur Firebase Google

  • Firebase Authentication, layanan sistem otentikasi yang menerapkan kode client-side, sehingga pengguna dapat mendaftar dan login ke aplikasi Facebook, GitHub, Twitter dan Google (Google Play Games), Juga mendukung otentikasi menggunakan sandi, nomor telepon, penyedia identitas gabungan yang populer, seperti Google, Facebook, dan Twitter, dan lain-lain
  • Firebase Remote Config, memungkinkan digunakan untuk melakukan perubahan konfigurasi di dalam aplikasi Android / iOS, tanpa harus melakukan pembaruan aplikasi di Play Store / App Store.
  • Firebase menyediakan realtime database dan backend sebagai layanan.
  • Firebase Storage, dirancang untuk pengembang aplikasi yang perlu menyimpan dan menampilkan konten buatan pengguna, seperti foto atau video dan menambahkan keamanan Google pada unggah dan unduh berkas untuk aplikasi Firebase, bagaimanapun kualitas jaringannya. Pengembang dapat menggunakannya untuk menyimpan gambar, audio, video, atau konten lain yang dibuat pengguna secara langsung dari Firebase SDK Klien. Firebase Storage didukung oleh Google Cloud Storage.
  • Firebase Hosting menyediakan hosting yang cepat dan aman untuk aplikasi web serta konten yang statis dan dinamis
  • Firebase Remote Config, memungkinkan pengembang mengganti / mengubah beberapa konfigurasi aplikasi Android / iOS tanpa harus memberikan pembaruan aplikasi melalui Play Store / App Store. Salah satu konfigurasi yang bisa dimanipulasi adalah seperti warna / tema aplikasi.
  • Firebase Realtime Database adalah fitur yang memberikan sebuah NoSQL database yang bisa diakses secara waktu nyata oleh pengguna aplikasi. Dan hebatnya adalah aplikasi bisa menyimpan data secara lokal ketika tidak ada akses internet, kemudian melakukan sinkronisasi data segera setelah mendapatkan akses internet.
  • Firebase Crash Reporting, membuat laporan rinci tentang kesalahan dalam aplikasi.
  • Firebase Performance memberikan wawasan tentang kinerja aplikasi yang dialami pengguna aplikasi.
  • Firebase Tes Lab untuk Android dan iOS menyediakan infrastruktur berbasis cloud untuk menguji aplikasi Android dan iOS. Dengan satu operasi, pengembang dapat memulai pengujian aplikasi di berbagai macam perangkat dan konfigurasi perangkat. Hasil pengujian termasuk log, video, dan tangkapan layar, tersedia dalam proyek di Firebase console.
  • Firebase Notifications, memungkinkan pemberitahuan untuk pengguna yang ditargetkan oleh pengembang aplikasi seluler tanpa biaya
  • Firebase App Indexing, memasukkan aplikasi ke Google Search. Jika pengguna sudah menginstal aplikasi, pengguna dapat menjalankannya dan dapat langsung membuka konten yang dicari.
  • Firebase Dynamic Links, adalah URL cerdas yang secara dinamis mengubah perilaku untuk memberikan pengalaman terbaik di berbagai platform (situs web / iOS / Android) serta tautan dalam ke APP. Dynamic Links berfungsi di semua pemasangan aplikasi: jika pengguna membuka Dynamic Links di iOS atau Android dan aplikasi belum dipasang, pengguna akan diminta untuk memasang aplikasi tersebut terlebih dahulu. Setelah dipasang, aplikasi akan mulai berjalan dan dapat mengakses link.
  • Firebase Invites adalah solusi siap pakai untuk berbagi aplikasi melalui email atau SMS. Untuk menyesuaikan pengalaman pengguna invites atau untuk menghasilkan link secara terprogram, gunakan Firebase Dynamic Links.


Firebird Sebagai Database Realtime, yaitu menggunakan Websocket yang tidak memerlukan panggilan individu ke setiap database, sedang RDBMS lainnya menggunakan panggilan HTTP untuk mendapatkan dan mensinkronkan data. Semua data kita telah disinkronkan secara otomatis melalui Websocket tersebut, secepat kemampuan kapasitas jaringan Kita.

Firebase memungkinkan kita untuk menyimpan file apapun kedalam Google cloud storage langsung dari klien. Penyimpanan ini memiliki aturan keamanannya sendiri yang akan melindungi image kita dari pengguna lain sambil memberikan akses tulis yang mendetail kepada klien kita yang terautentikasi.

Real Time Database adalah sebuah NoSQL database yang disediakan oleh Firebase. NoSQL database adalah database yang tidak menggunakan sistem relasi layaknya pada database tradisional (MySQL dll.). Metode penyimpanan data di dalam NoSQL menggunakan objek yang menggunakan format JSON (JavaScript Object Notation).

Firebase memungkinkan kita untuk menggunakan NoSQL database yang di’share kepada semua user, dan ketika terjadi perubahan data pada database tersebut, user akan segera mendapatkan update data secara real time. Tetapi bukan berarti database ini tidak mempunyai unsur keamanan, karena kita bisa mengatur hak akses yang berbeda untuk setiap user.

Salah satu fitur yang menarik adalah aplikasi bisa menyimpan data secara lokal ketika tidak ada koneksi internet, kemudian melakukan sync data segera setelah mendapatkan kembali koneksi internet. Real Time database ini sepertinya cocok untuk aplikasi instant messaging.

Kursus Reguler Firebase Google

Biaya Rp. 800.000;

Pada training Firebase Google ini, akan mempelajari bagaimana menambah dan menghapus records database. Kemudian, belajar untuk membuat database server dan aplikasi form/report untuk beberapa penggunaan. Juga belajar untuk mengimpor data dari sumber lain, serta bagaimana cara untuk melindungi database dengan permission. Target Belajar Firebase Google al penguasaan dalam hal :

  • Hari ke-1:

    +Managing Firebase Google
    +Handling Data
    +Querying Data
    +SQL Query Language
    +Table Views And Indexes

  • Hari ke-2:

    +Firebase Google String Functions
    +Firebase Google Date and Time Functions
    +Firebase Google Math Functions
    +Types of Functions
    +The SQL Language
    +Implementation on Android Programming

  • Hari ke-3:

    +Android On Case Study: Transaction


"application development platform that helps you build, improve and grow your app".


Fitur Firebase Google

  • Authentication : Sekarang sebagian besar aplikasi ingin mengetahui identitas penggunanya sehingga nanti aplikasi dapat menyimpan data pengguna secara aman di cloud dan memberikan pengalaman personal yang sama di setiap perangkat pengguna. Fitur ini menyediakan layanan backend dengan SDK yang mudah dan siap digunakan untuk mengautentikasi pengguna ke aplikasi anda. Jadi dengan menggunakan fitur ini kita bisa membuat login menggunakan gmail, facebook, twitter dan lainnya.

  • Hosting : Firebase Hosting yaitu layanan hosting konten web yang berkelas produksi untuk para pengembang aplikasi. Kita bisa menerapkan aplikasi web serta menyajikan konten statis ataupun dinamis ke CDN global secara cepat hanya dengan satu perintah saja.

  • Cloud Storage : Fitur ini dibuat untuk para pengembang aplikasi yang ingin menyimpan dan menampilkan konten buatan pengguna seperti image dan video.



    Layanan Firebase

    • SPARK : kita bisa menggunakan layanan ini secara gratis

    • FLAME : untuk menggunakan layanan ini kita dikenakan biaya $25 / bulan

    • BLAZE : sedangkan jika ingin menggunakan layanan yang ketiga ini kita dikenakan biaya sesuai dengan pemakaian


PILIHAN JENIS KURSUS