Kursus / Bimbel / Aplikasi Cisco Router OS

Cisco Router OS

IOS Internetwork Operating System

Cisco adalah hardware Jaringan Area Luas atau Wide Area Network(WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke loaksi berjauhan dan berada di jaringan lain, yaitu dengan menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data(CPU).

Cisco system adalah perusahaan pertama yang mengeluarkan sebuah router yang mendukung banyak protokol jaringan secara komersial. Protokol jaringan tersebut kemudian dikembangkan menjadi beberapa protokol baru yang kemudian hari dikenal dengan cisco proprietary network protokol. Beberapa di antaranya adalah: Cisco Discovery Protocol (CDP), Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP), VLAN Trunking Protocol.

Produksinya al: Router, Switch, Catalyst, Firewall, Pesawat VoIP, Wireless Access Point dan banyak lagi yang lain yang sudah INCLUDE software sistem operasi khusus milik Cisco yaitu Internetwork Operating System (IOS).

Mengapa Belajar Cisco Router

  • Routing dan Switching merupakan Core Jaringan Komputer Sehingga semua harus paham mengenai teknologi routing switching.
  • Mayoritas perusahaan besar menggunakan perangkat cisco, Sehingga standarisasi pengetahuan tentang Router OS menjadi paling prioritas. Standart materi di Cisco Basic/ CCNA sudah disusun secara sistematis, distandarkan sehingga konsepnya terpakai di semua perangkat selain cisco.
  • Support Foundational Knowledge yang Benar-Benar Solid dan Mudah Didapat Memulai dengan jalur pemahaman Materi CCNA Routing-Switching, berarti nantinya pengguna akan diarahkan untuk terjun ke dunia IT Networking yang benar-benar nyata dengan segala kompleksitasnya.
  • Tidak Perlu Khawatir akan ‘Cisco Minded’ Justru kita perlu khawatir jika ‘other vendor minded’. Karena cisco sebagai networking leader umumnya menjadi patokan bagi vendor-vendor lain. Maka tak jarang jika nantinya pengguna menemukan perangkat yang cara konfigurasinya mirip-mirip dengan cisco.
  • Membuka Peluang untuk Kenaikan Gaji Memiliki Pengetahuan basic Cisco sudah pasti meningkatkan peluang pengguna agar bisa diterima bekerja di perusahaan-perusahaan besar.





Len dan Sandy Bosack (Suami-Istri) pada 1980 bekerja pada perusahaan komputer yang berbeda. Mereka mengalami kesulitan agar komputer yang bekerja di departemen yang berbeda tersebut dapat berkomunikasi. Sehingga mereka membuat sebuah gateway yang mereka tempatkan di ruang tamu.

Dan 1984, mereka membuat sebuah produk dengan nama cisco (dengan c kecil). Dan inilah cikal bakal dunia networking. Saat sebuah server gateway cisco di buat, penemuan ini telah merubah dunia networking hingga sekarang. Banyak yang mengira bahwa cisco adalah San Francisco System. Padahal ini adalah dua hal yang berbeda. Dan pada tahun 1992, perusahaan tersebut dirubah menjadi Cisco System, Inc.



Klasifikasi model Router Cisco al:

  • Advanced Gateway Server (AGS)
  • Mid-Range Gateway Server (MGS)
  • Compact Gateway Server (CGS)
  • Integrated Gateway Server (IGS)
  • Advanced Gateway Server Plus (AGS+)

    Netacad Referensi Belajar: adalah singkatan dari Networking Academy, sebuah program akademi atau portal online learning yang dimiliki oleh Cisco System. Kita bisa mengunjunginya di halaman https://www.netacad.com

    Ada 2 jenis kursus di Netacad:
    Self-placed: Training secara online
    Intructor-led: Training harus ke tempat kursus CCNA, jadi kita harus mencari tempat training yang bekerja sama dengan Cisco.


Kursus Reguler Cisco Router OS

Target Belajar Cisco Router OS al penguasaan dalam hal :

  • Pengenalan Perangkat

  • TCP/IP + Layer Transport

  • Dasar Jaringan + IP addressing + Topologi

  • LAN dan desain WAN (termasuk model OSI)

  • Perintah2 Cisco Router OS

  • User Interfaces

  • Konfigurasi Cisco Switching dan VLAN

  • Pemahaman Protokol router dan routing(OSPF, EIGRP dan RIP)

  • Monitoring dan Maintenance Jaringan

  • Praktek dan Trouble Shooting

  • Routing Policy dan Firewall Filter



Berikut merupakan tingkat level pembelajaran yang dirancang secara bertahap dari level pemula hingga expert oleh Cisco:

CCNA (Cisco Certified Network Associate) /sertifikasi tingkat pertama agar memiliki keterampilan jaringan dasar dan mampu menangani network dengan kapasitas sekitar 250-500 users.

CCNP (Cisco Certified Network Professional) adalah sertifikasi tingkat kedua yang berisi pendalaman materi serta kasus-kasus yang lebih kompleks dibandingkan CCNA. Melalui sertifikasi ini, Kita akan mampu menangani network dengan kapasitas di atas 500-2000 user dan bersifat multi-area. Untuk memiliki sertifikasi CCNP, Kita diharuskan memiliki sertifikasi CCNA terlebih dahulu.

CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert) adalah sertifikasi tingkat tertinggi yang berisi pendalaman serta materi khusus hingga level ahli. Dengan memiliki sertifikasi CCIE, Kita akan mampu menghandle network dengan kapasitas lebih dari 2000 user. Jika Kita ingin memiliki sertifikasi CCIE ini, Kita perlu lulus ujian sertifikasi CCNA dan CCNP.

Maaf teman-teman... Kursus / Workshop Cisco Router OS untuk Kelas Reguler / MHS sedang dalam tahap penyelesaian... U Kursus atau Workshop sudah ada hanya untuk saat ini masih dalam kategori Kelas BIMBEL / Studi Kasus dan...silakan hubungi Admin untuk info lebih detail....

Terimakasih atas perhatiannya....


merupakan perusahaan yang berkecimpung dibidang teknologi jaringan sesuai Slogannya =" welcome to the human network"
Selamat datang kedalam dunia Jaringan. Dan Cisco merupakan salah satu produk untuk Teknologi Informasi nomor satu didunia, terutama untuk sytem,perangkat keras jaringan serta telekomunikasinya.



A. Cisco Internetwork Operating System (IOS)

Cisco telah mengembangkan teknologinya dari tahun ke tahun. Cisco telah memberikan solusi dari setiap permasalah dalam hal komunikasi dan jaringan. Semakin banyak produk hardware yang telah Cisco rilis. Selain itu, Cisco juga membuat sebuah software yang diberi nama Cisco Internetwork Operating System atau biasa disebut IOS. IOS menyediakan segala fitur yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pengoperasian jaringan.

B. Cisco Digital Network Architecture (DNA)

Cisco menyediakan portofolio hardware atau perangkat keras dan software atau perangkat lunak yang bisa membawa pelanggan ke era baru dari jaringan. Hari ini, Cisco memperkenalkan teknologi dan layanan Cisco DNA suite Today Cisco yang khusus dirancang untuk bekerja dalam satu sistem dan memberdayakan pelanggan untuk bergerak dengan kecepatan digital

C. Software-Defined Access (SD-Access)

SD-Access menggunakan penegakan kebijakan otomasi dan segmentasi jaringan di atas satu struktur jaringan untuk menyederhanakan akses jaringan secara dramatis untuk pengguna, perangkat dan hal lainnya. Dengan melakukan otomasi atas kegiatan operasional sehari-hari seperti konfigurasi, penyediaan dan penanganan masalah atau troubleshooting, SD-Access memangkas waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan jaringan, memperbaiki isu resolusi dari hitungan minggu dan bulan menjadi hanya dalam hitungan jam, serta mengurangi dampak dari pelanggaran keamanan.

Reff:https://www.monitorteknologi.com/pengertian-dan-fungsi-cisco/



Software Simulator Jaringan

1. Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah salah satu tool yang digunakan untuk melakukan simulasi suatu jaringan komputer. Dengan memakai tool ini , kita bisa melakukan simulasi konfigurasi pada device jaringan seperti aslinya. Lumayan menghemat anggaran bukan?? hehe. Tetapi , tool ini pun ada kekurangannya, yaitu konfigurasi pada beberapa device dihilangkan , yaitu pengurangan command pada Cisco IOS.

Versi 7 Unduh 32bit disini atau Unduh 64bit disini

2. GNS3

GNS3 (Graphic Network Simulator) adalah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer.

Pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco, juniper, Mikrotik, dll. Sehingga kita berada pada kondisi lebih nyata dalam mengkonfigurasi router langsung daripada di Cisco Packet Tracer. Yang lebih hebatnya lagi, simulasi jaringan yang kita buat dapat dikoneksikan ke jaringan nyata, jadi seperti belajar di lab virtual.

Software bisa di Unduh disini

3. Cisco Aspire CCNA Edition

Cisco CCNA Aspire Edition adalah game edukasi berbasis simulasi, terdekat dalam genre untuk simulasi strategis dan game quest. Cisco CCNA Aspire Edition dimaksudkan untuk memberikan pengguna kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknis mereka.

Cisco CCNA Aspire Edition memiliki media-fidelity, jaringan-mampu, lingkungan pembelajaran berbasis simulasi yang memungkinkan siswa untuk merancang jaringan, mengkonfigurasi, dan atasi masalah jaringan komputer pada tingkat CCNA Cisco ® kompleksitas.

Software bisa di Unduh disini

4. IPSims

Pada permainan yang berjudul IPSims ini, pemain dihadapkan pada simulasi jaringan komputer, layaknya jaringan komputer pada dunia nyata, pemain harus memberikan alamat IP, subnet mask, dan gateway dengan benar pada tiap – tiap router dan host yang tersedia di tiap stage.

Sistem permainan game ini sendiri adalah menjodohkan antara jawaban dan soal. Petunjuknya berasal dari diagram jaringan yang tampak pada tiap stage. Pemain diberi waktu 5 menit untuk menyelesaikan tiap stage. Semakin cepat pemain menyelesaikan stage, skor yang didapat juga semakin besar.

IPSims dilengkapi dengan fitur upload score online, sehingga pemain dapat menunjukkan nilai yang telah dicapai ke pemain lainnya. Selain dapat mengupload score, pemain juga dapat menunjukkan nilainya melalui posting di Twitter, Facebook, atau MySpace. Dengan fitur ini, pemain bisa memberikan tantangan kepada teman – temannya melalui posting via situs jejaring sosial tersebut, dengan demikian, makin banyak orang yang merasa tertantang dan mencoba permainan ini.

Software belum bisa di Unduh karna pengembangan / pembuatan berhenti,

5. iNetwork

iNetwork merupakan interaktif learning yang mengajarkan pengguna tentang jaringan. Aplikasi ini dikembangkan di University of Technology Sydney (UTS) oleh mahasiswa yang akan menyelesaikan sarjananya, diantaranya Minh Trieu, Joel Baltaks, Melissa Ye, John Ton, Peter Huynh, Peter Luong. Ada yang kenal gak ya …. Big Smile
iNetwork dibuat menggunakan bahasa C# .NET Framework. Cara menggunakannya juga sangat mudah, karena dibuat berbasis GUI. Jadi tinggal pake mouse dan klik–klik pada menu yang ada. Aplikasi ini portable, jadi tidak perlu melakukan instalasi, cukup melakukan ekstrak, kemudian jalankan file iNetwork Simulator.exe

Software bisa di Unduh disini

6. Netnotep Simulator

Hampir sama dengan INetwork namun ini lebih simple dan sederhana namun lumayan untuk dicoba. Netnotep bisa anda gunakan untuk membuat Planning Jaringan Untuk Perusahaan, Warnet dsb. Selain itu Kita Bisa Presentasi dengan Menggunakan Program tersebut dan menjelaskan satu persatu. Software ini juga gratis & sangat mudah serta hasilnya juga sangat maximal .

Software bisa di Unduh disini

7. Boson Netsim

Jika Packet Tracer merupakan software simulasi jaringan, Boson Netsim merupakan Router Simulator yaitu simulasi yang khusus untuk Router. peralatan yang ada disini yang pasti adalah Router, tersedia berbagai Series mulai dari Series 800, 1000, 1600 1700, 2500, 2600, 3600, 4500. Selain Router juga ada Switches tersedia berbagai Series diantaranya Series 1900, 2900, 3500. Untuk Connectornya yaitu Ethernet, Serial, ISDN. Selain itu masing masing pelatan dilengkapi dengan Informasi mengenai Class, Speed, Model. Pokoknya siplah buat anda yang ingin belajar configurasi Router.

Software bisa di Unduh disini, password: www.download.ir

8. Virtualbox & Mikrotik

VirtualBox adalah sebuah software untuk menginstal sistem operasi secara virtual. Dengan sifatnya yang virtual berarti virtualbox dapat digunakan sebagai media untuk mengeksplore berbagai macam software baik itu sistem operasi, software-software tertentu dengan platform tertentu, juga bisa digunakan untuk melaksanakan simulasi jaringan tanpa device-device network fisik yang akan menekan biaya eksperimen (alias ngirit).
Sebuah jaringan komputer tidak akan lepas dari interface-interface yang menjadi media komunikasi antar device/host, virtualbox mengakomodasi hal itu dengan menyediakan fasilitas setting interface/adapter jaringan. Ada beberapa tipe adapter jaringan, tipe-tipe tersebut adalah:

NAT : Tipe ini akan menyebabkan host virtual dapat melakukan ping ke host nyata dan tidak sebaliknyaBridge.
Bridge : Tipe ini menyebabkan semua host baik host virtual maupun host nyata akan bisa saling ping.
Internal Network : Tipe ini akan menyebabkan hanya host-host dilingkungan virtual saja yang bisa saling berkomunikasi (ping).

Untuk Software Virtual bukan hanya VirtualBox saja tetapi masih ada puluhan software lainnya yang serupa seperti VMWare

Virtualbox bisa di Unduh disini
Mikrotik bisa di Unduh disini


Reff: https://kopas.id/8-software-simulator-jaringan-keren-dan-menarik-untuk-belajar-jaringan/


Bedah Router


CISCO 3925/K9 Cisco Integrated Services Router ini menawarkan akselerasi enkripsi perangkat keras tertanam, slot DSP yang mendukung suara dan video, firewall opsional, pencegahan intrusi, pemrosesan panggilan, pesan suara, dan layanan aplikasi.
Komunikasi datanya diaktifkan melalui infrastruktur pensinyalan dan pemrosesan media yang kaya, termasuk beragam protokol, interworking media, sinyal dan keamanan media, transcoding, konferensi, dan QoS. Router ini memiliki berbagai antarmuka gateway suara, mendukung beragam antarmuka pensinyalan dan fisik jaringan. Hal Ini mendukung opsi konektivitas kabel dan nirkabel seperti T1 / E1, T3 / E3, xDSL, tembaga, dan fiber Gigabit Ethernet.
Cisco 3925 Integrated Services Router menawarkan kinerja dan fleksibilitas yang sangat baik untuk penyebaran jaringan dari kantor bisnis kecil ke kantor perusahaan besar (termasuk hotel). Router ini juga menawarkan perlindungan investasi kepada pelanggan. Arsitektur modular dirancang untuk mendukung peningkatan kebutuhan bandwidth, interkoneksi time-division multiplexing (TDM), dan distribusi daya terintegrasi penuh ke modul yang mendukung 802.3af PoE dan Cisco ePoE. Sebagian besar modul yang tersedia pada generasi sebelumnya 3800 Series Integrated Services Routers didukung pada router ini.

Sebagai gambaran, satu Cisco IOS Universal mencakup semua fungsi diberikan bersama router. Kita dapat mengaktifkan fitur-fitur canggih dengan mengaktifkan lisensi perangkat lunaknya.
Paket teknologi dan lisensi fitur, yang diaktifkan melalui infrastruktur lisensi perangkat lunak Cisco, menyederhanakan pengiriman perangkat lunak dan mengurangi biaya operasional penggunaan fitur baru.
CISCO 3925/K9 merupakan router yang cukup Handal karena memberikan layanan yang menjamin keamanan pengiriman data hingga suara, video, dan aplikasi dalam lingkup hotel.



CISCO 3925/K9 memiliki fitur:
Modular Services Performance Engine (SPE) 100, yang dapat ditingkatkan untuk kinerja yang lebih tinggi untuk mengakomodir perkembangan jaringan WAN generasi berikutnya:


Fitur CISCO 3945/K9
Router ini memiliki 3 port router dan menawarkan Modular Services Performance Engine 150, jadi meningkatkan ke WAN generasi berikutnya adalah sebuah pilihan yang terbaik.
Ketika sistem jaringan internet biasa mengharuskan kita menghubungkan beberapa perangkat, seperti dua komputer desktop dan router nirkabel untuk menghubungkan perangkat mobile ke web, router Cisco ini memiliki tiga port, empat slot modul layanan terintegrasi, EHWIC, dan empat yang ditingkatkan slot kartu antarmuka WAN berkecepatan tinggi, sehingga router seri Cisco ini menawarkan konektivitas yang nyaman untuk penelusuran cepat dan Cisco iOS untuk pertukaran data.

Wireless unified communications for voice commands, integrated threat control through a Cisco series firewall, and identity management with Cisco Systems public key infrastructure. Start surfing the net with your Cisco router knowing

Beberapa fitur keamanan router cisco termasuk perangkat keras yang tetanam dengan enkripsi VPN, DSP (Digital Signal Processors), ISR (Interrupt Service Routine), komunikasi terpadu nirkabel untuk perintah suara, pengendalian ancaman terintegrasi melalui firewall seri Cisco, dan manajemen identitas dengan infrastruktur kunci publik Cisco Systems.


PILIHAN JENIS KURSUS