INFO Kursus Database Administrator Postgree SQL LP2M ARAY


default image lp2maray.jpg

PENDAHULUAN DATABASE POSTGREESQL

PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Piranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.

PostgreSQL adalah sebuah produk database relasional yang termasuk dalam kategori open source software, tetapi juga memiliki banyak fitur.

Postgreesql didisain untuk skala besar, memiliki ciri berorientasi objek, namun tetap dapat digunakan layaknya RDBMS pada umumnya. Para pengembangnya lebih mengutamakan kelengkapan feature ketimbang dukungan penuh akan standar SQL.Dalam perjalanannya, kelebihan feature ini justru membuat Postgres semakin powerful dan membuatnya dapat disejajarkan dengan database besar lainnya seperti Oracle. Salah satu contoh standar SQL yang belum dipenuhi oleh PostgreSQL adalah referential integrity dan outer-join. Meski demikian, programmer Postgres tetap merencanakan untuk membuatnya memiliki standar SQL yang sudah ditetapkan. Fasilitas standar lain yang telah didukung adalah trigger dan function.

Function dalam PostgreSQL sangat unik karena PostgreSQL tidak menetapkan built-in language untuk penulisan function. PostgreSQL menyerahkan kepada pemakai untuk memilih sendiri bahasa yang diinginkan yang disebut Procedural Language. Pada saat deklarasi function, Anda harus menyebutkan bahasa yang digunakan. procedural language yang tersedia adalah pgSQL dan Tcl. Jadi script function yang dideklarasikan akan diterjemahkan oleh library yang bersangkutan (tergantung bahasa yang dipilih) untuk selanjutnya library tersebut melakukan koordinasi dengan library PostgreSQL.

Tools yang tersedia cukup banyak dan sangat berguna seperti:
pgdump: konversi objek database menjadi script SQL
pgaccess: drag & drop-nya cukup menyenangkan



PostgreSQL didukung oleh banyak bahasa (atau Postgres mendukung banyak bahasa?), antara lain: C++, Java, Perl, Tcl, PHP3 dan Python. Library untuk ODBC dan JDBC juga telah tersedia, sehingga bahasa lainnya yang mendukung keduanya dapat mengakses PostgreSQL.


Beberapa Keunggulan PostgreSQL


Pada training ini, peserta akan belajar tentang konsep dan kapabilitas postgreSQL, mendefinisikan table dan relation (create, constraint, dan serial), menambah dan mengubah data (Insert, update & delete, transaction), Query (select, self join, cross join, inner join, outer join & sub query, pemograman PL/SQL, Administrasi database PostgreSQL, Merancang database.
Selama training, pengajar akan menggunakan kombinasi teori serta praktek langsung dengan studi kasus yang telah dipersiapkan yang menyerupai Aplikasi nyata dan GUI interface agar belajar pemrograman bertambah mudah dan interaktif.
Belajar 5 hari @3 jam; Biaya Mahasiswa : Rp. 800.000;

Hari1: 
	+Installing PostgreSQL
    +The psql Meta-commands
    +Importing Data with psql
    +Using Basic SQL
	+Managing PostgreSQL
    +Working with User Accounts
	+Database Maintenance
	+Backups and Restores
	+The psql Command-Line Format

Hari2:
    +The SQL Query Language
    +Creating Objects
    +Handling Data
    +Querying Data
    +Revisiting the SELECT Command
    +Table Views
    +Table Indexes
    +Transactions
    +Cursors

Hari3:
	+Postgree String Functions
	+Postgree Date and Time Functions
	+Postgree Math Functions
	+Postgree Aggregate Functions
	+Stored Procedures
	+Types of Functions
	+The PL/pgSQL Language
	+Create Triggers
    
Hari4:
	+Controlling Network Users
	+Encrypting Network Sessions
	+Monitoring Users
	+Performance
	+Implementation on PHP Programming

Hari5:    
    +PHP On Case Study: Transaction
    

Kursus Administrator Database Lanjutan

LP2M menyelenggarakan juga Training Database Lanjutan untuk memudahkan para pengguna melakukan Implementasi, Analisa Sistem / Bisnis Proses dan Data Mining /Pengolahan database untuk keperluan Project Aplikasi Klasifikasi, Predictive Modeling, Regresi,Association Analysis, Clustering dan Pohon Keputusan.
Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi programmer terapan yang lebih baik, Tajam dalam menganalisa suatu bentuk Normalisasi dan Mahir dalam membaca Bisnis Proses


Belajar Minimal 3 hari atau Sampai target aplikasi Selesai; Biaya Mahasiswa : Rp. 500.000 s/d 1.500.000;

Untuk pengerjaan perusahaan butuh waktu minimal 3 hari kerja. Untuk pengerjaan Skripsi atau tugas akhir biasanya 5 x pertemuan @4-8jam. Siswa diwajibkan hadir untuk mempelajari logika pemrograman, pemahaman algoritma yang dipakai dan source code yang digunakan. Untuk jarak jauh siswa disediakan penginapan dan pengerjaan max 2 sd 3 hari kerja.

Tutorial

Link Pembelajaran LP2M ARAY