INFO Kursus Database Administrator MongoDB + PHP LP2M ARAY


default image lp2maray.jpg

PENDAHULUAN MongoDB

Ada beberapa kekurangan dalam database SQL yang umum ditemukan, seperti skema database yang kaku (fixed), kesulitan membuat query untuk tabel dengan relasi yang kompleks, susah diperbesar sekalanya, dsb terutama untuk keterkaitannya dengan Bigdata.

Database NoSQL (Not Only SQL) hadir untuk menutupi kekurangan-kekurangan tersebut. Selain itu, NoSQL sudah menjadi tuntutan teknologi yang harus dipelajari dalam pengembangan software modern masa kini.
Contohnya, sekarang lagi populer yang namanya MEAN Stack (MongoDB, ExpressJs, AngularJS, dan NodeJS).

MongoDB adalah database No SQL yang tidak mengenal istilah relasi dan tidak menggunakan konsep schema seperti SQL. MongoDB sangat cocok untuk membangun sebuah sistem seperti blog, forum, portal berita, social networking, dan website yang tidak membutuhkan proses transaksi seperti sistem bank .
Pada database SQL, data disimpan dalam bentuk tabel. Sedangkan pada MongoDB data disimpan dalam bentuk dokumen dengan format JSON

Berikut beberapa keunggulan MySQL dibandingkan dengan RDBMS lainnya:

 

Kursus Database Administrator MongoDB 5 Hari

LP2M menyelenggarakan Training Database Administrator yang sangat berguna untuk mendapatkan skill tentang cara penggunaan dan optimasi semua fitur yang ada pada aplikasi untuk lebih memudahkan para pengguna melakukan manajemen data. .

Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi Administrator Database yang menguasai bidangnya dengan materi unggulan diantaranya :

Training ini juga mengajarkan tentang instalasi dan konfigurasi MySQL di platform Windows atau Linux dan bagaimana mengoptimasikannya. Selama training, pengajar akan menggunakan kombinasi teori serta praktek langsung dengan studi kasus yang telah dipersiapkan yang menyerupai Aplikasi nyata dan GUI interface agar belajar pemrograman bertambah mudah dan interaktif.
Belajar 5 hari @3 jam; Biaya Mahasiswa : Rp. 800.000;

Hari1: 
	+Pengantar NoSQL dan MongoDB
	+Instalasi MongoDB
	+Perintah dan operasi MongoDB dasar
    +Instalasi MongoChef (MongoGUI)
    +Tipe Data MongoDB.
	+Belajar tentang JSON / BSON, koleksi dan dokumen database 
	+Operasi CRUD dasar

Hari2:
	+Memahami CRUD dan fungsinya
    +konsep CRUD, MongoDB Query & Syntax
    +membaca dan menulis query dan optimasi kueri.
	+Manajemen & Administrasi Data ->Health Check, Backup, Recovery, sharding dan profiling database
    +Data Import / Export, Performance tuning dll.

Hari3:
	+Pengindeksan Data dan Agregasi
	+Konsep agregasi data dan jenis, konsep pengindeksan data, sifat dan variasi.
	+Keamanan MongoDB
	+Bekerja dengan data tidak terstruktur

Har4:
	+Proyek MongoDB
    +Menghubungkan PHP ke database
    +Memahami koleksi dan dokumen via PHP
    +Membaca dan menulis dasar-dasar dari database
    +Belajar tentang Relasi Antar Tabel Menggunakan PHP
    
Hari5:
    +Case Study/Implementation

Kursus Administrator Database Lanjutan

LP2M menyelenggarakan juga Training Database Lanjutan untuk memudahkan para pengguna melakukan Implementasi, Analisa Sistem / Bisnis Proses dan Data Mining /Pengolahan database untuk keperluan Project Aplikasi Klasifikasi, Predictive Modeling, Regresi,Association Analysis, Clustering dan Pohon Keputusan.
Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi programmer terapan yang lebih baik, Tajam dalam menganalisa suatu bentuk Normalisasi dan Mahir dalam membaca Bisnis Proses


Belajar Minimal 3 hari atau Sampai target aplikasi Selesai; Biaya Mahasiswa : Rp. 500.000 s/d 1.500.000;

Untuk pengerjaan perusahaan butuh waktu minimal 3 hari kerja. Untuk pengerjaan Skripsi atau tugas akhir biasanya 5 x pertemuan @4-8jam. Siswa diwajibkan hadir untuk mempelajari logika pemrograman, pemahaman algoritma yang dipakai dan source code yang digunakan. Untuk jarak jauh siswa disediakan penginapan dan pengerjaan max 2 sd 3 hari kerja.

Tutorial

Link Pembelajaran LP2M ARAY