INFO KURSUS LISREL DI LP2M ARAY


default image lp2maray.jpg


PENDAHULUAN LISREL

LISREL adalah software untuk menyelesaikan Structural Equation Modelling (SEM) Berbasis Covariance. Software ini mengembangkan notasi yang dipergunakan dalam SEM dan beberapa program sejenis menggunakan notasi tersebut, di antaranya Program AMOS (Analysis of Moment Structure). (Lisrel salah satu yang paling canggih di antara program sejenis dalam kasus SEM).

LISREL mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan persamaan struktural yang relatif rumit, karena kita tidak perlu menggambarkan path diagramnya, tetapi hanya menuliskan notasinya, dan Program akan secara otomotis menggambarkan model yang kita bentuk. Hal ini akan memudahkan kita dalam melakukan estimasi, mengingat keterbatasan layar monitor yang tersedia, sehingga kita sering kesulitan untuk menggambarkan model penelitian kita.
Akan tetapi, LISREL juga dirancang untuk melakukan penggambaran path diagram.

Keunggulannya, Lisrel adalah suatu aplikasi windows yang diperuntukkan untuk suatu perhitungan pemodelan diantaranya Structural Equation Modeling, Multilevel Structural Equation Modeling, Multilevel Linear and Nonlinear Modeling, Formal Inference-based Recursive Modeling dan Generalized Linear Modeling.
LISREL telah menyediakan menu untuk analisis data yang tidak normal, misalnya data ordinal. Program LISREL akhir-akhir ini mempunyai menu untuk analisis faktor dengan menggunakan data ordinal.
Pengoperasinnya bisa cara syntax maupun dengan program sederhana. Syntax tentu akan disukai bagi pengguna yang memang faham dengan bahasa pemograman. Sementara Simplis atau simple lisrel merupakan alternatif bagi mereka yang awam dengan bahasa pemograman.
Adanya berbagai pilihan metode estimasi sudah tersedia di Lisrel, sehingga tidak terpaku kepada satu metode estimasi Maximum Likelihood. Itu tergantung kondisi data, metode estimasi mana yang akan kita gunakan.

Kelemahan Lisrel, adalah karena menggunakan cara script, sehingga salah ketik membuat program menjadi error. Bahkan penggunaan huruf besar dan huruf kecil merupakan hal yang penting dalam penulisan sricpt.
Kekurangan lainnya adalah ketidakmampuannya mengolah data SEM dengan jumlah sampel yang sedikit. Ketika kita memiliki sampel kurang dari 200, sementara modelnya kompleks, maka terkadang hasil estimasi tidak sesuai dengan harapan kita.



Silabus Training LISREL

	
Statistik	
Notasi-Pemodelan SEM
Path Analysis
Tools Lisrel
Penggunaan Data Ordinal
Implementasi Lisrel 
Analisa Keluaran
Studi Kasus




FASILITAS BELAJAR

1. Modul Pelatihan
2. Sertifikat Pelatihan


BIAYA PELATIHAN DAN WAKTU

Durasi 5Hari @3jam
Biaya : Rp. 1.200.000;

Terima Jasa Olah Data

Jasa Olah Data Statistik dalam Bidang Jasa Survey, Riset Pasar, Training dan OlahData Statistik / Analisis Data Statistik.
Dengan didukung oleh banyak konsultan yang sudah terlatih dan spesialis di bidangnya juga berpengalaman di bidangnya, Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada Anda.

Support: Berbagai metode analisis data statistik untuk pemecahan masalah statistik Anda.
Analisis data statistik seperti Analisis Validitas & Reliabilitas Kuesioner, Analisis Regresi & Korelasi, Analisis Multivariate, Analisis Time Series, Analisis Data Panel, Analisis Path / Analisis Jalur, Analisis Structural Equation Modelling (SEM), dan puluhan jenis analisis data statistik lain yang didukung oleh kemampuan Kami dalam menggunakan Software Statistik dan perhitungan manualnya.

In House Training /Materi Lanjutan : Pengantar Statistik, Analisa statistik, Peramalan Bisnis, Pelatihan Design of Experiment, Analisa SEM dengan tools pilihan, Statistik Proses Control, Pengolahan Data Panel, Laporan.

Tutorial

Link Pembelajaran LP2M ARAY