1. Embedeed System
  2. Arduino UNO
  3. MCS / AVR
  4. Raspberry PI
  5. Labview
  6. Matlab Simulink
  7. Proteus ISIS +Arduino
  8. Scratch +Arduino
  9. ArduinoBlock +Arduino
  10. Workbanch Elektronika
  11. ARCAD / PCB Designer
  12. PLC
  13. SCADA PLC
  14. HMI PLC

Lembaga Peduli Pendidikan Masyarakat

Jl. Raya Lenteng Agung No 6 / Gg Realita Seberang Halte Kampus UI Depok 021-22712148 | 081294749250 | 082111476069 | 085279959498 |
Desktop | Web | Mobile | Database | Project | Olah Data | 2d / 3d | Audio Video | Embedeed System | ERP | Cloud / Server | Pajak | Sertifikasi | Tentang |

INFO KURSUS RASPBERRY PI LP2M ARAY


default image lp2maray.jpg

PENDAHULUAN RASPBERRY PI

Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresolusi tinggi. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation (Universitas Cambridge, Inggris).

Untuk menggunakan Raspberry pi kita memerlukan operating system(contoh OS : windows, linux,mac ,Unix dst) yg dijalankan dari SD card pad board Rasberrry tdk seperti pada board microcontroller AVR yg selama ini kita pakai tanpa OS . Operating system yang banyak dipakai antara lain Linux distro Raspbian . OS disimpan di SD card dan saat proses boot OS hanya bisa dari SD card tdk dari lokasi lain.

OS yang bisa di jalankan di Raspberry board antara lain : Arch Linux ARM, Debian GNU/Linux, Gentoo, Fedora, FreeBSD, NetBSD, Plan 9, Inferno, Raspbian OS, RISC OS dan Slackware Linux

+Raspberry Pi board mempunyai input dan output antara lain :
+HDMI, dihubungkan ke LCD TV yg mempunayi port HDMI atau dgn cable converter HDMI to VGA dapat dihubungkan ke monitor PC.
+Video analog (RCA port) , dihubungkan ke Televisi sbg alternatif jika anda tdk memilih monitor PC .
+Audio output
+2 buah port USB digunakan untuk keyboard dan mouse
+26 pin I/O digital
+CSI port (Camera Serial Interface )
+DSI (Display Serial Interface)
+LAN port (network)
+SD Card slot untuk SD Card memori yg menyimpan sistem operasi berfungsi spt hardisk pd PC.





Keunggulan RaspBerry PI

  • Kelebihan utama Raspberry Pi adalah ia dapat melakukan segala hal yang dapat dilakukan oleh komputer/laptop dengan sistem operasi Linux. Misalnya, membuat server, membuat program dengan berbagai macam bahasa, terutama bahasa tingkat tinggi seperti Python. Untuk fungsi sehari-hari, Raspberry dapat menjalankan sistem operasi berbasis GUI, sehingga dapat menggunakannya untuk melakukan pekerjaan standard seperti browsing, mendengarkan musik, nonton film, bermain game, mengetik dll. Untuk penggunaan tingkat lanjut, Raspberry Pi hampir tidak memiliki batasan. Banyak sekali kemungkinan pengembangan aplikasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Raspberry Pi.
  • Raspberry Pi seakan menggantikan fungsi komputer, tapi dalam bentuk mini. Raspberry Pi bisa disamakan dengan sebuah komputer mini. Anda dapat menjalankan sistem operasi lengkap, seperti Linux dan Android pada Raspberry Pi. Anda juga dapat membuat program pada sistem operasi tersebut yang dapat mengontrol fungsi sistem dan pin general purpose input output yang tersedia. Raspberry Pi didesain untuk digunakan pada level yang lebih tinggi. Dengan perangkat keras yang telah terintegrasi yang bisa digunakan untuk mengatur peralatan seperti ethernet, video, audio processing, jumlah RAM yang besar dan jumlah penyimpanan yang hampir tak terbatas.
  • Raspberry Pi berjalan menggunakan sistem operasi open source, Linux. Raspberry Pi juga dapat dihubungkan dengan ke monitor komputer biasa, dan tambahan port untuk menghubungkannya dengan mouse dan keyboard. Dan untuk penyimpanan data, Raspberry Pi tidak menggunakan Hard Disk namun Raspberry Pi dapat menggunakan SD Card untuk menyimpan data, baik itu data Operating System ataupun untuk media penyimpanan data jangka panjang. Dengan memanfaatkan teknologi SoC (system on chip), Raspberry Pi berjalan di atas arsitektur ARM11 seperti yang dapat ditemui pada iPhone 3G maupun smartphone lain dan dilengkapi dengan videocore 4 GPU yang mampu memutar video dengan kualitas BluRay.


Kekurangan RaspBerry PI
  • Raspberry Pi dapat membaca sensor digital secara langsung, akan tetapi Raspberry Pi tidak bisa langsung dihubungkan dengan sensor analog. Raspberry Pi yang menggunakan sistem operasi dan SD card yang memerlukan prosedur khusus ketika ingin mematikannya. Jadi harus di-shutdown sebagaimana komputer pada umumnya.
  • Raspberry Pi mungkin akan terdapat sedikit lebih lambat karena kernel Linux pada sistem operasi Raspberry Pi memiliki fungsi prioritas proses seperti yang dimiliki oleh semua sistem operasi. Kernel linux harus menangani banyak proses dengan prioritas yang ditentukan, sehingga proses menggerakkan lengan akan lebih lambat.


 

LP2M ARAY sebagai tempat pelatihan IT profesional, memberikan solusi yang dapat membantu organisasi dan para profesional untuk meningkatkan kemampuan IT dengan hasil yang lebih baik, peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja. Solusi pelatihan kami rancang dapat memaksimalkan kemampuan peserta pelatihan dengan metode yang komprehensif. Jika anda adalah seorang profesional yang mencari keahlian untuk menemukan cara untuk mencapai keberhasilan bidang IT, maka LP2M ARAY adalah mitra yang tepat untuk Anda sebagai solusi pelatihan terpadu.

Pelatihan ini di peruntukan bagi Pelajar, Mahasiswa, dan Umum.

Kursus .RaspBerry PI 5 Hari

Dalam Training ini, Peserta tidak sekedar diajak untuk bermain Raspberry Pi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, namun meng-eksplorasi banyak sisi terkait dengan antarmuka dengan divais lain, termasuk mikrokontroler; serta mengembangkan mikrokontroler sebagai partner. Pembelajaran dimulai dengan mengenal Raspberry Pi dan lingkungan pemrogramannya, serta hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kerusakan. Dilanjutkan dengan mendalami General Purpose I/O (GPIO), memrogram sejumlah periferal dan menggunakan fasilitas komunikasi data. Materi kursus juga meliputi juga implementasi web base (web server), Databse (mysql), dan Pemrograman menggunakan Python.
Belajar 3 hari @4 jam; Biaya Mahasiswa : Rp. 400.000;

Hari1:
+What is raspberry
+Praktek langkah-langkah Install raspberry cara .img
+Praktek langkah-langkah Install raspberry cara NOOBS
+Praktek menjalankan raspberry Directly
+Praktek menjalankan raspberry VNC server-client
+Praktek menjalankan raspberry Web Base
+Praktek menjalankan raspberry Putty / Telnet
+Perintah dasar CLI raspberry
+Membuat Account Baru dan Lupa Password



Hari2:
+Membuat Raspberry Web-server
+Membuat Raspberry Database-server
+Membuat aplikasi web di raspberry 
+Membuat aplikasi Web Realtime reading di raspberry 
+Share Dokumen /Directory Raspberry PI
+Pemrograman di Raspberry PI menggunakan python
+Studi Kasus


Hari3:
Praktik GPIO Raspberry PI
Lampu - Relay - LCD - Switch/Button

Kursus RaspBerry PI Lanjutan

LP2M menyelenggarakan juga Training untuk keperluan Lanjutan keahlian RaspBerry PI. Dalam Training ini, Peserta tidak sekedar diajak untuk bermain Raspberry Pi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, namun meng-eksplorasi banyak sisi terkait dengan antarmuka dengan divais lain, termasuk GPIO; Pembelajaran dimulai dengan mengenal Raspberry Pi dan lingkungan pemrogramannya, serta hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kerusakan. Dilanjutkan dengan mendalami General Purpose I/O (GPIO), memrogram sejumlah periferal dan menggunakan fasilitas komunikasi data. Materi kursus juga meliputi juga implementasi web base (web server), Databse (mysql), dan Pemrograman menggunakan Python.

+Raspberry PI Inegrated + Arduino Sensor I/O + Android + Mysql Server
+Raspberry PI Inegrated + Arduino GPS I/O + Android + Mysql Server
+Raspberry PI Inegrated + Arduino SMS Gateway + Android + Mysql Server

Tutorial

Link Pembelajaran RASPBERRYPI LP2M ARAY