1. Project
  2. Primavera P6
  3. MS. Project
  4. Orange HRM
  5. ArcView
  6. MapInfo
  7. ArcGis
  8. QGIS
  9. SMS Gateway
  10. Bahasa R
  11. Datamining WEKA
  12. Datamining RapidMiner

Lembaga Peduli Pendidikan Masyarakat

Jl. Raya Lenteng Agung No 6 / Gg Realita Seberang Halte Kampus UI Depok 021-22712148 | 081294749250 | 082111476069 | 085279959498 |
Desktop | Web | Mobile | Database | Project | Olah Data | 2d / 3d | Audio Video | Embedeed System | ERP | Cloud / Server | Pajak | Sertifikasi | Tentang |

INFO KURSUS QUANTUM GIS LP2M ARAY


default image lp2maray.jpg

PENDAHULUAN QUANTUM GIS

adalah perangkat lunak untuk sistem informasi geografis yang bersifat open source dan gratis. QGIS atau yang dulunya dikenal sebagai Quantum GIS ialah salah satu proyek dari OSGeo sebuah organisasi nirlaba dan nirpemerintah yang memiliki tujuan untuk menyatukan berbagai komunitas geospasial dari berbagai belahan penjuru dunia.

Walaupun QGIS merupakan sebuah sistem informasi geografis yang bersifat gratis bukan berarti bahwa QGIS bisa dipandang sebelah mata. Seiring berjalannya waktu hingga sekarang, QGIS telah menjadi andalan dari berbagai kalangan, baik profesional, praktisi, maupun akademisi. Dapat dikatakan bahwa kemampuan QGIS bisa bersaing dengan perangkat lunak sistem informasi geografis lainnya yang bersifat berbayar. Sifatnya yang open source membuat perkembangan dari perangkat lunak ini menjadi cepat sehingga QGIS dapat cross-platform yang artinya kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi, seperti Windows, MacOs X, dan juga Linux.
Quantum GIS didukung oleh komunitas online di OSGeo yang menyediakan disamping kode sumbernya (source code) juga fasilitas pemantau kutu (bug tracker). Seperti sebuah proyek open source pada umumnya, tersedia dukungan bagi pengguna atau pengembang langsung via wiki, berkomunikasi di forum situs OSGeo termasuk melalui blog yang tersedia.

Kemampuan lain dari destop mapping ini adalah kemampuan untuk mengorganisir, memanipulasi dan menganalisis data. Informasi yang disajikan oleh QGIS ini pada pronsipnya adalah hasil penggabungan data grafik dan non-grafik.

Adapun kemampuan QGIS dalam Digitasi Peta adalah sbb:

(Reff:https://www.jasaukurtanah.com)
  • Dapat membuka banyak jenis data spasial; Quantum GIS memiliki bahasa pemrogaman yang memungkinkan dia membuka banyak jenis data spasial dari sumber manapun. Hal ini tentu saja memudahkan kita ketika ingin membuka data-data yang kurang familiar dan tidak dapat dibuka di perangkat lunak komersial. Selain itu, menghemat waktu kita dalam melakukan konversi jenis data tersebut.
  • Tampilan QGIS simpel dan user friendly; Untuk para pengguna baru atau dalam hal ini kita kategorikan newbie, tampilan muka (interface) memang sangat penting. Kesan pertama agar kita bisa menyukai suatu software adalah salah satunya apakah dapat mudah digunakan dan jelas. QGIS memiliki pilihan ‘add data’ sesuai dengan jenis data yang ingin kita pilih seperti vektor, raster, dll
  • Lisensi dan Open Source; Inilah yang menjadi kekuatan utama dari QGIS. Dengan sifatnya yang open source, QGIS dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus melanggar aturan atau dalam bahasa lainnya kita sebut membajak software tersebut. Untuk penggunaan QGIS sendiri kita cukup men-download dan install. Tidak diperukan ketrampilan untuk hack atau crack seperti yang (mungkin) kita lakukan saat menginstal software yang memiliki lisensi berbayar. Selain itu, kita dapat menggunakan seluruh alat dan plugin yang ada di QGIS secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.
  • Remote Sensing Processing Tool yang lebih baik; QGIS memiliki QGIS semi-automatic classification plugin dimana dapat memungkinkan kita mendownload data LandSat dan mengklasifikasikannya dengan cara semi otomatis. Selain itu, Orfeo Toolbox memungkinkan kita untuk mengatur dan melakukan proses yang lebih luas terhadap data tersebut. LASTools sangat cocok dan sesuai digunakan untuk melakukan proses pengolahan data LiDAR dibandingkan LAS Dataset yang ada di salah saru perangkat lunak GIS komersial.
  • GeoCoding dan Alat Data Konversi di QGIS bersifat gratis; Proses GeoCoding adalah memberikan koordinat ataupun nilai X, Y, terhadap nama jalan di peta kita. Di QGIS kita dapat menggunakan 2 plugin untuk melakukan GeoCoding yaitu MMQGIS Plugin dan GeoCode Plugin dan semua plugin itu gratis itu digunakan. Hal ini berbeda dengan proses GeoCoding di perangkat lunak komersial dimana jika kita ingin melakukan GeoCoding kita diharuskan membayar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan GeoCoding Service. Begitu juga jika kita ingin menggunakan alat konversi geometri di perangkat lunak komersial beberapa tools harus memiliki lisensi tersendiri.


Silabus Materi Quantum GIS:

Durasi 5Hari @3jam Biaya : 800.000;

Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis
Pengenalan Toolbar pada  Quantum GIS
Georeferensi Data Raster dan Sistem referensi Koordinat
Pemanfaatan Data Spasial di Geoportal Nasional dan Open Street Map
Membuat dan merubah Data Spasial sendiri
Input dan Editing data spasial
Digitasi on screen/Tracing (Trik-trik digitasi agar lebih mudah, cepat dan Benar)
Pengeditan Data Vektor (Clipping, Convert, Topology,dll)
Membuat, dan merubah Query Data (Mengolah Atribut)
Map Symbology
Labeling
Mengoverlaykan data yang dibuat dengan Google Earth
Input Data excel atau data GPS Hingga dijadikan PETA
Layouting Peta sesuai Kaidah Kartografi
Geoprocessing Data dan Query pada Peta
Modifikasi Layout Peta
Analisis Data Spasial (Raster dan Vektor)





Kursus Quantum GIS Lanjutan

LP2M menyelenggarakan juga Training Quantum Lanjutan untuk memudahkan para pengguna melakukan proses digitasi peta dengan beragam tools, Analisa peta dan Integrasi Map ke Mobile /Web untuk keperluan Project Aplikasi. Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi Ahli GIS yang lebih baik, Tajam dalam menganalisa suatu bentuk data Peta dan Mahir dalam Pembuatan berbagai Aplikasi Terapan


Belajar Minimal 3 hari atau Sampai target aplikasi Selesai; Biaya Mahasiswa : Rp. 1.500.000 s/d 3.000.000;

Tutorial

Link Pembelajaran QGIS LP2M ARAY