1. Database
  2. Sql-Server
  3. Mysql / Mysqli
  4. MariaDB
  5. MongoDB
  6. SQLite
  7. Ms Access
  8. Oracle 11
  9. Paradox
  10. Postgree SQL
  11. Firebird RDBMS
  12. IBM DB2

Lembaga Peduli Pendidikan Masyarakat

Jl. Raya Lenteng Agung No 6 / Gg Realita Seberang Halte Kampus UI Depok 021-22712148 | 081294749250 | 082111476069 | 085279959498 |
Desktop | Web | Mobile | Database | Project | Olah Data | 2d / 3d | Audio Video | Embedeed System | ERP | Cloud / Server | Pajak | Sertifikasi | Tentang |

INFO Kursus Database Administrator MariaDB LP2M ARAY


default image lp2maray.jpg

Pendahuluan MariaDB

Pada tahun 2010, MySQL dibeli oleh perusahaan Oracle. Hal ini membuat khawatir banyak kalangan. Karena sebagaimana yang kita tau, Oracle merupakan perusahaan database terbesar di dunia, yang salah satu saingannya adalah MySQL. Banyak yang khawatir bahwa suatu saat pengembangan MySQL akan dihentikan oleh Oracle. Untuk mengantisipasi hal ini, dikembangkanlah MariaDB sebagai pengganti MySQL. MariaDB dibuat oleh tim yang dulunya juga membuat MySQL. Pada dasarnya, MariaDB adalah cloningan MySQL. Boleh dibilang bahwa MariaDB berisi MySQL yang diberi “merk” MariaDB serta penambahan fitur dan perbaikan performa. Seluruh materi yang dibahas dalam tutorial MySQL di duniailkom ini bisa berjalan baik di MariaDB maupun MySQL. Faktanya, jika kita mendownload aplikasi XAMPP, sekarang sudah di bundle dengan database MariaDB, bukan lagi MySQL. Anda mungkin tidak sadar akan hal ini, karena di sisi programming (misalnya menggunakan PHP) dan query yang dipakai, tidak ada perbedaan antara MySQL dengan MariaDB. Berikut beberapa keunggulan MySQL /MariaDB dibandingkan dengan RDBMS lainnya:

  • Speed
    yaitu memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan pesaing yang berbayar.
  • Reliability
    memiliki test case untuk berbagai skenario yang memerlukan sistem 24 jam online, multi-user dan data ratusan GB dan memiliki performa diatas rata-rata.
  • Skalability
    dapat memproses data yang sangat besar dan kompleks, juga mendukung sistem multi-prosesor.
  • User Friendly
    Cukup download dan install, proses instal yang sangat cepat
  • Portability and Standard Compliance
    Database MariaDB dapat dengan mudah berpindah dari satu sistem ke sistem lainnya. Misalkan dari sistem Windows ke Linux. Aplikasi MariaDB juga dapat berjalan di sistem Linux (RedHat, SuSE, Mandrake, Debian), Embedded Linux (MontaVista, LynuxWorks BlueCat),Unix (Solaris, HP-UX, AIX), BSD (Mac OS X, FreeBSD), Windows (Windows 2000, Windows NT) dan RTOS (QNX).
  • Multiuser Support
    Dengan menerapkan arsitektur client-server. Ribuan pengguna dapat mengakses database MariaDB dalam waktu yang bersamaan.
  • Internationalization
    Atau dalam bahasa sederhananya, mendukung beragam bahasa. Dengan dukungan penuh terhadap unicode, maka aksara non-latin seperti jepang, cina, dan korea bisa digunakan di dalam MariaDB.
  • Wide Application Support
    Biasanya database RDBMS tidak digunakan sendirian, namun ditemani dengan aplikasi atau bahasa pemrograman lainnya untuk menyediakan interface, seperti C, C++, C#, Java, Delphi, Visual Basic, Perl Python dan PHP. Ke semua itu di dukung oleh API (Application Programming Interface) oleh MariaDB.
  • Open Source Code
    Kita pun bisa (jika mampu dan mengerti), mengembangkan MariaDB dengan mempelajari kode programnya. MariaDB di kembangkan dengan bahasa C and C++. Bahkan sudah terdapat berbagai variasi rasa RDBMS baru yang dikembangkan dari code MariaDB, diantaranya: Drizzle, MariaDB, Percona Server dan OurDelta.

 

Kursus Database Administrator MariaDB 5 Hari

LP2M menyelenggarakan Training Database Administrator yang sangat berguna untuk mendapatkan skill tentang cara penggunaan dan optimasi semua fitur yang ada pada aplikasi untuk lebih memudahkan para pengguna melakukan manajemen data. .

Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi Administrator Database yang menguasai bidangnya dengan materi unggulan diantaranya : multi-user, multi-threaded SQL Database Server, Backup, Recovery, dan Replication. Training ini juga mengajarkan tentang instalasi dan konfigurasi MySQL di platform Windows atau Linux dan bagaimana mengoptimasikannya. Selama training, pengajar akan menggunakan kombinasi teori serta praktek langsung dengan studi kasus yang telah dipersiapkan yang menyerupai Aplikasi nyata dan GUI interface agar belajar pemrograman bertambah mudah dan interaktif.
Belajar 5 hari @3 jam; Biaya Mahasiswa : Rp. 800.000;

Hari1: 
    +MariaDB Directory Structure
    +Assigning Account Passwords
    +Designing a Relational Database
    +Data Normalization ->Relationships
    +Creating a Data Model
    +Managing Databases, Tables, Indexes/Keys
    +Retrieving Information About Database Objects
    +Inserting Data in a MariaDB Database
    +Updating Data in a MariaDB Database
    +Deleting Data from a MariaDB Database
    +The SELECT Statement
    +The SELECT Statement Options / Searching

Hari2:
    +The Optional Clauses of a SELECT Statement
    +Using Operators in Your SQL Statements
    +Creating MariaDB Expressions
    +Using Operators in Expressions
    +Comparing and Converting Data
    +Managing Different Types of Data
    +Summarizing Data
    +Performing System Operations
	+Accessing Data in Multiple Tables
	+Creating Joins in Your SQL Statements
	+Creating Subqueries in Your SQL Statements
	+Creating Unions That Join SELECT Statements

Hari3:
	+Exporting Data Out of a Table
	+Copying Data into a Table
	+Importing Data into a Table
	+Introducing AND Performing a Transaction
	+Setting the Autocommit Mode and Transaction Isolation Level
	+Locking Nontransactional Tables
    +Performing Administrative Tasks
    +Managing System Variables

Hari4:
    +The Access Privilege System
    +MariaDB Access Control
    +Managing MariaDB User Accounts
    +Optimizing Performance
    +Optimizing MariaDB Indexing
    +Optimizing SQL Queries
    +Optimizing MariaDB Tables

Hari5:
    +Case Study/Implementation

Kursus Administrator Database Lanjutan

LP2M menyelenggarakan juga Training Database Lanjutan untuk memudahkan para pengguna melakukan Implementasi, Analisa Sistem / Bisnis Proses dan Data Mining /Pengolahan database untuk keperluan Project Aplikasi Klasifikasi, Predictive Modeling, Regresi,Association Analysis, Clustering dan Pohon Keputusan.
Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi programmer terapan yang lebih baik, Tajam dalam menganalisa suatu bentuk Normalisasi dan Mahir dalam membaca Bisnis Proses


Belajar Minimal 3 hari atau Sampai target aplikasi Selesai; Biaya Mahasiswa : Rp. 500.000 s/d 1.500.000;

Untuk pengerjaan perusahaan butuh waktu minimal 3 hari kerja. Untuk pengerjaan Skripsi atau tugas akhir biasanya 5 x pertemuan @4-8jam. Siswa diwajibkan hadir untuk mempelajari logika pemrograman, pemahaman algoritma yang dipakai dan source code yang digunakan. Untuk jarak jauh siswa disediakan penginapan dan pengerjaan max 2 sd 3 hari kerja.

Tutorial

Link Pembelajaran MARIADB LP2M ARAY