1. DESKTOP
  2. Matlab
  3. Java
  4. VB.Net
  5. C# .Net
  6. Delphi
  7. Bahasa R
  8. Power Builder
  9. C++
  10. Pascal
  11. Python
  12. Fortran
  13. VB6
  14. Cobol
  15. Perl
  16. Ruby
  17. Assembler




Lembaga Peduli Pendidikan Masyarakat

Jl. Raya Lenteng Agung No 6 / Gg Realita Seberang Halte Kampus UI Depok 021-22712148 | 081294749250 | 082111476069 | 085279959498 |
Desktop | Web | Mobile | Database | Project | Olah Data | 2d / 3d | Audio Video | Embedeed System | ERP | Cloud / Server | Pajak | Sertifikasi | Tentang |

INFO KURSUS JAVA LP2M ARAY


kursus java murah lengkap jakarta (4).jpg

PENDAHULUAN JAVA

Java dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari Sun Microsystems, Inc pada tahun 1991. Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya. Bahasa ini pada awalnya disebut “Oak” tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama Oak telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya. Antara pembuatan Oak pada musim gugur 1992 hingga diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak orang yang terlibat dalam desain dan evolusi bahasa ini. Bill Joy, Arthur van Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm merupakan kontributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya.

JAVA MODERN
Java telah digunakan dalam banyak hal dan telah membuktikan keberadaannya pada abad ke 21. Saat ini, Java digunakan bermacam jenis aplikasi seperti aplikasi embedded, aplikasi keuangan, desktop, simulasi pesawat, pemrosesan citra, game, aplikasi perusahaan terdistribusi yang disebut J2EE dan masih banyak lagi.

JAVA VIRTUAL MACHINE (JVM)
Java Virtual Machine merupakan aplikasi sederhana yang ditulis dalam bahasa C untuk mengeksi program yang ditulis dalam bahasa Java. Pada saat kompilasi (perubahan dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa lebih rendah), program tersebut diubah menjadi KODE BYTE. Kemudian pada saat eksekusi, JVM membaca kode byte tersebu dan mengubahnya menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh sistem operasi tempat program tersebut dijalankan.

Karena JVM sangat bergantung pada platformnya (bahasa mesin merupakan bahasa level rendah yang hanya dimengerti oleh suatu mesin tertentu, misalnya Intel, tapi tidak dapat dimengerti oleh mesin lain, seperti Macintosh), byte code ini dapat dibuat untuk terbebas dari kungkungan platform tertentu. Code byte yang dihasilkan dalam proses kompilasi bahasa Java akan selalu sama untuk setiap sistem operasi atau jenis mesinnya, tetapi JVM akan mengubah kode byte tersebut menjadi bahasa mesin tujuannya.

JUST-IN-TIME (JIT) COMPILER
Meskipun Java didesain untuk diinterpretasi, secara teknis tidak ada yang menghalangi Java untuk dikompilasi menjadi bahasa mesin seperti bahasa-bahasa pemrograman lainnya. Sun menyediakan kompiler Just In Time Compiler (JIT) untuk mengkompilasi kode byte itu menjadi bahasa mesinnya pada saat yang bersamaan dengan eksekusinya. Walaupun demikian, pendekatan JIT ini menghasilkan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan interpretasi biasa.

KELEBIHAN JAVA
Bahasa pemrograman lain yang telah ada sebelum Java lahir sudah merupakan bahasa yang baik dan mudah dipelajasi oleh programmer profesional. Akan tetapi para programmer ini menginginkan sesuatu yang baru yang memiliki banyak hal yang menyelesaikan masalah mereka. Utamanya adalah keamanan kode mereka. Hal ini melahirkan pikiran yang revolusioner untuk menemukan bahasa pemrograman lain yang disebut Java. Tidak hanya keamanan tapi juga beberapa hal yang sering disebut sebagai Java-Buzzwords. Kata-kata ini menjelaskan berbagai fitur tambahan dan beberapa hal yang membuat Java demikian sukses dan diterima oleh dunia perangkat lunak. Berikut ini adalah penjelasan serta keuntungan dari kata-kata tersebut.

SEDERHANA DAN BERORIENTASI OBJEK
Seperti diuraikan sebelumnya, Java lahir dari suatu pemikiran mendalam akan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu, seperti C dan C++. Hal ini akan memudahkan programmer profesional untuk dapat mengerti lebih jelas tentang Java, fungsionalitas, dan lain sebagainya apabila ia memiliki pengetahuan dasar tentang C++ dan konsep pemrograman berorientasi objek. Tujuannya agar konsep dasar dari teknologi Java dapat dimengerti dengan mudah, dan programmer dapat segera menghasilkan sesuatu sedini mungkin. Tidak hanya ini, penemu Java memastikan bahwa Java juga bermula dari bahasa pemrograman dasar yang sudah ada pada saat itu. Kemudian mereka membuang berbagai fitur yang rumit dan membingungkan.

Bahasa pemrograman Java didesain sejak awal untuk menjadi bahasa yang berorientasi objek. Setelah kira-kira 30 tahun, akhirnya teknologi objek menjadi kenyataan dan diterima oleh sebagian besar komunitas pemrograman. Konsep berorientasi objek memungkinkan pembuatan software yang kompleks, berbasis network, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknologi Java menghasilkan platform pembuatan perangkat lunak yang baik dan efisien serta berorientasi objek.

KEUNTUNGAN YANG ANDA DAPAT DARI JAVA

  • Mulai dengan cepat: Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, mudah dipelajari, terutama untuk programmer yang sudah menguasai C atau C++
  • Tulis lebih sedikit program: Jumlah kelas, jumlah metode, dll, menunjukkan bahwa program yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java memiliki jumlah 4 kali lipat lebih kecil dari program sama yang ditulis dalam bahasa C++
  • Tulis program lebih baik: Bahasa pemrograman Java menganjurkan praktek membuat program yang baik, dan automatic garbage collection membantu Anda untuk menghindari kebocoran memori.
  • Orientasi objeknya, arsitektur komponen JavaBeans, dan jangkauannya yanga luas, API yang mudah diperluas, memungkinkan Anda menggunakan kode yang ada.
  • Membuat program dengan lebih cepat: Bahasa pemrograman Java lebih mudah dari C++, pemrograman akan menjadi 2 kali lipat lebih cepat, dengan jumlah baris yang jauh lebih sedikit.
  • Menghindari kebergantungan pada platform tertentu: Anda dapat menjalankan program Anda pada banyak platform dengan TIDAK menggunakan library yang ditulis spesifik untuk platform tertentu.
  • Tulis sekali, jalankan di mana saja: Karena aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java dikompilasi ke dalam kode byte yang bebas platform, aplikasi yang ditulis dapat jalan secara konsisten pada platform apa saja.
  • Distribusikan software Anda dengan mudah: Dengan Java Web Start, pengguna program Anda akan dapat menggunakan aplikasi Anda dengan mudah. Sistem pengecekan versi otomatis pada saat program dimulai menjamin pengguna Anda selalu menjalankan versi terkini.
  • Apabila versi baru tersedia, Java Web Start akan melakukan instalasi secara otomatis.

 

LP2M ARAY sebagai tempat pelatihan IT profesional, memberikan solusi yang dapat membantu organisasi dan para profesional untuk meningkatkan kemampuan IT dengan hasil yang lebih baik, peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja. Solusi pelatihan kami rancang dapat memaksimalkan kemampuan peserta pelatihan dengan metode yang komprehensif. Jika anda adalah seorang profesional yang mencari keahlian untuk menemukan cara untuk mencapai keberhasilan bidang IT, maka LP2M ARAY adalah mitra yang tepat untuk Anda sebagai solusi pelatihan terpadu.

Pelatihan ini di peruntukan bagi Pelajar, Mahasiswa, dan Umum.

Kursus Java 5 Hari

Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi Programmer yang mampu mengoperasikan JAVA , mengerti dan familiar dengan bahasa pemograman java , memahami konsep pemograman berorientasi objek , mampu menggunakan Integrated Development Environment Netbeans/Ecclipse ,Mampu membangun program aplikasi desktop berbasis GUI Java.
Selama training, pengajar akan menggunakan kombinasi teori serta praktek langsung dengan studi kasus yang telah dipersiapkan yang menyerupai Aplikasi nyata dan GUI interface agar belajar pemrograman bertambah mudah dan interaktif.

Belajar 5 hari @3 jam; Biaya Mahasiswa : Rp. 400.000;
Kelas Minimal 2 orang
Biaya Privat : 600.000; (1 Peserta tetap jalan)

Target Belajar al penguasaan dalam hal :
PENGENALAN JAVA: Instalasi Java, Menciptakan Aplikasi Java Yang Pertama
DASAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK: Access Modifier, Atribut Dan Method Static, Pemaketan Kelas
PEWARISAN SIFAT: Cara Mewariskan Kelas, Kelas Abstrak, Interface, Penentu Akses Final
STRUKTUR KONTROL: Kondisional (If Else, Switch Case), Perulangan (While, Wo-While, For), Percabangan (Break, Continue)
ARRAY: Definisi Array, Deklarasi Array, Penciptaan Objek Array, Pengaksesan Elemen Array, Mengetahui Jumlah Elemen Array, Array Multidimensi
EXCEPTION: Pelemparan Exception
STRING, EKSPRESI REGULER, DAN FORMAT KELUARAN
PENGENALAN JAVA GUI&JAVA APPLET
NETBEANS: Workspace Netbeans, Membangun Project Baru, Kompilasi Dan Menjalankan Project, Membangun File Jar

Hari1: 
Pengenalan CLI 
Membuat Class, Method Void, Method Non Void
Mengenal OOP java: Inheritance, Overriding, Polymorphisme, ENKAPSULASI
Implementasi OOP pada Operasi Aritmatika 
Perhitungan dengan fungsi Matematika
Membuat kalkulator GUI Matematika
Pembuatan dan penerapan fungsi sendiri

Hari2:
Pembahasan fungsi Matematika GUI 
Membuat GUI Kalkulator Kalimat 
Implementasi Fungsi String
	charAt(int index), equals(Object obj), equalsIgnoreCase(String string)
	compareTo(String string),compareToIgnoreCase(String string)
	indexOf(int ch), substring(int beginIndex)
	concat(String str),replace(char oldChar, char newChar)
	toUpperCase(Locale locale), isEmpty(), split(String regex, int limit)
	toLowerCase(Locale locale), String format()
	trim(),toCharArray(), length()
Pengayaan Materi 2: penggunaan GUI Toolbox radiobutton, ComboBox, ListBox, checkbox 

Hari3:
Perbandingan: If & Nesting If (if..else..end) , switch
Penerapan Statement (While..do / do while) 
Pengenalan Variabel database koneksi Java
Operasi Penyimpanan ke database, menampilkan data, menghapus data
pengayaan materi : penerapan Tabel GUI 

Hari4:
Pengenalan Variabel database Lanjutan
Operasi Penyimpanan ke database, Mengedit data, menghapus data, menampilkan data
Navigasi Antar Halaman
Membuat Relasi database 
pengayaan materi :   Messagebox, Confirmdialog ,Image


Hari5:
Pengkodean Relasi Database 
Penerapan Login Database
List data dari Database
Pembuatan Menu Utama 
Pengaturan Hak Akses

Kursus Java Lanjutan

LP2M menyelenggarakan juga Training JAVA Lanjutan untuk memudahkan para pengguna melakukan Komputasi Matematis lanjutan, Analisa dan Simulasi Grafis untuk keperluan Project Aplikasi. Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi programmer terapan yang lebih baik, Tajam dalam menganalisa suatu bentuk algoritma / metode dan Mahir dalam Pembuatan berbagai Aplikasi Terapan


Belajar Minimal 3 hari atau Sampai target aplikasi Selesai; Biaya Mahasiswa : Rp. 500.000 s/d 1.500.000;

Pilihan 1: 
Java Pengolahan Database, Looks n Feel, Create Update Delete Search Data terhadap kolom tabel database yang dibuat
Penerapan pada Database Dynamic : Ms. Access, Mysql, SQL Server
Penerapan pada Data Static : .xls, .mat, .csv, .txt
Bonus: Penerapan pada GUI

Pilihan 2:
Java Penerapan Algoritma untuk Pengambilan Keputusan dan Pengolahan Data Mining
Algoritma pilihan : Jaringan Syaraf Tiruan / JST /Backpropagation, Support Vector Machine /SVM, Algoritma Genetika /AG, Particle Swarm Optimization /PSO,PCA Eigenface dll
Data Mining pilihan : K-Nearest Neighborhood Classification /KNN, Hidden Markov Model /HMM, Kalman Filter, Extreme Learning Machine / ELM , Learning Vector Quantization /LVQ, dll
Java Fuzzy Implementation : FIS, ANFIS (Adaptive neuro fuzzy inference system)
Bonus: Analisis dan Penerapan pada GUI


Pilihan 3:
Java Komunikasi Serial
Menerapkan Java dari data Mikrokontroller (Arduino /AVR /MCS dll) ke Komunikasi Serial Operating System, 
Realtime menampilkan /monitoring data perubahan variabel terukur pada plot /Grafik /Tabel
Realtime mengendalikan alat menggunakan Java
Bonus: Analisis dan Penerapan pada GUI


Pilihan 4:
Java Untuk Keamanan Data
Kompressi Citra :SPIHT/ENHANCED SOM/HUFFMAN/ LZW/ RLE / OBDD dll
Watermarking :Menyembunyikan Pesan pada Suara, Gambar, Video, Dokumen =>LSB, LCG, dll 
Kriptografi :Mengacak pesan menjadi pola baru => RC4-RC5-RC6, DES, Blowfish, Camellia, RSA, AES, vChipper, McELIECE, dll 
Bonus: Analisis dan Penerapan pada GUI


Pilihan 5:
Java Integrasi ke Mobile / Android / Web
Parsing data from the URL in JAVA Analysis and Visualizations :JSON, XML, Crawling, URL decoding, URL Parser
Integrasi menggunakan IP Camera, CCTV, Barcode Reader, Webcam External, OCR /Optical Character Recognition‎
Bonus: Penerapan pada GUI 


Untuk pengerjaan perusahaan butuh waktu minimal 3 hari kerja. Untuk pengerjaan Skripsi atau tugas akhir biasanya 5 x pertemuan @4-8jam. Siswa diwajibkan hadir untuk mempelajari logika pemrograman, pemahaman algoritma yang dipakai dan source code yang digunakan. Untuk jarak jauh siswa disediakan penginapan dan pengerjaan max 2 sd 3 hari kerja.

Beberapa Aplikasi / Proyek Tugas Akhir Yang Bisa dan Sudah Kami Support menggunakan Java


+ Aplikasi sistem rental finger print pada cv.tagline kreasi askara berbasis Java
+ Keamanan data menggunakan kriptografi lbs methode berbasis Java
+ Perbandingan kemiripan citra antara menggunakan SVM,JST, LVQ dan PCA Eigenface berbasis Java
+ Perancangan sistem parkir berbasis sensor infrared menggunakan rfid dan Java
+ Aplikasi pencarian rumah sakit di jakarta selatan  dengan location base service berbasis Java
+ Pencocokan plat kendaraan menggunakan Hopfield Algorithm
+ Perancangan aplikasi pengenalan benda angkasa dengan teknologi  augmented reality berbasis Java
+ Aplikasi absensi mahasiswa berbasis face recoginition client server pada Java
+ Pengenalan citra Fingerprint menggunakan Java
+ Sistem absensi berbasis webcam dengan eigenface yg terhubung dengan internet client server Java
+ Aplikasi Study kelayakan menggunakan algoritma SAW Java
+ Simulasi adaptive modulasi dan coding pada sistem ofdm berbasis Java
+ Optimalisasi schedulle proyek metode sistem syaraf buatan menggunakan Java 
+ Identifikasi iris mata untuk penentuan jenis penyakit menggunakan Java 
+ Pemilihan Pelajar Berprestasi menggunakan algoritma AHP berbasis Java
+ Rancang Bangun Pengaturan jadwal perkuliahan menggunakan algoritma Genetika Studi kasus Kampus X
+ Pengolahan citra sidik jari menggunakan pca dan svm menggunakan Java 
+ SPK Penentuan penrima BLT berdasarkan ANFIS menggunakan Java 
+ Aplikasi pengambilan keputusan mahasiswa berprestasi menggunakan algoritma fuzzy mamdani/ sugero dengan Java
+ Simulasi pengukuran Fiber Optic dengan Java
+ Aplikasi alat bantu penderita buta warna basis video berbasis Java 
+ Rancang bangun pemilihan target tembakan pada malam hari menggunakan blob berbasis Java
+ Aplikasi Blind Channel Estimation berbasis Java
+ Klasifikasi pencitraan Face Detection menggunakan algortima backpropagation berbasis Java
+ Pembuatan program simulasi diagaram gaya geser dan momen lentur pada balok berbasis Java
+ Analisa kanker kulit dengan JST dan LVQ berbasis Java
+ Pengenalan pada pembuluh darah manusia melalui metode Filter Gabor 2D berbasis Java
+ Implementasi k-means clustering pada penjualan produk minyak berbasis Java
+ Perancangan simulasi lalu lintas dengan fis metode tsukamoto pada Java
+ Estimasi ketinggian permukaan air laut sungai menggunakan kalman filter berbasis Java
+ Estimasi ketinggian air laut menggunakan hidden markov model (hmm) berbasis Java
+ Klasifikasi pencitraan Face Detection menggunakan algortima PCA Eigenface berbasis Java
+ Aplikasi watermaking pada digital audio menggunakan metode low bit coding berbasis Java
+ Perbandingan Steganografi Pada Image Menggunakan LCG 1bit, 2bit, 3bit, 4bit, 5bit, 6bit, 7bit dan 8bit
+ Pengenalan pola pakaian daerah dengan metode jst barkpropagation berbasis Java
+ Sistem penjualan online pada cv. Xyz dengan menggunakan client server pada Java
+ Sistem informasi kos-kosan berbasis client server Java
+ Sistem monitoring dan pengendali perangkat listrik berbasis gui Java
+ Control gate system berbasis Java dan mikrokontroller
+ Rancang bangun pengontrolan alat listrik berbasis Java dan mikrokontroller
+ Perbandingan Teknik Watermarking LSB dan LCG pada Media Image
+ Perbandingan Teknik Watermarking LSB dan LCG pada Media Suara
+ Penghitung beban istrik menggunakan sms gateway berbasis Java dan mikrokontroller
+ Penggerak pintu otomatis menggunakan rfid berbasis Java dan mikrokontroller
+ Miniatur pemilah barang berdasarkan jenis materialnya berbasis Java dan mikrokontroller
+ Absensi digital dgn fingerprint berbasis wireless berbasis Java dan mikrokontroller
+ Alat pembersih sampah pada pintu air berbasis Java dan mikrokontroller
+ Sistem kontrol alat rumah tangga berbasis Java dan mikrokontroller
+ Perancangan sistem aplikasi smoke detector berbasis Java dan mikrokontroller
+ Implementasi Fuzzy Sugeno dan Mamdani dalam penentuan Kelayakan Pengajuan Kredit Nasabah Koperasi
+ Aplikasi kontrol lampu ruangan jarak jauh berbasis Java dan mikrokontroller
+ Prototype pengidentifikasi karyawan menggunakan jaringan wifi berbasis raspberry pi
+ Rancang bangun meter air digital menggunakan keypad token berbasis Java dan mikrokontroller
+ Absensi digital dgn fingerprint berbasis wireless menggunakan Java dan mikrokontroller
+ Sistem security car berbasis Java dan mikrokontroller
+ Monitoring server jarak jauh berbasis Java dan mikrokontroller
+ Rancang bangun sistem monitoring tegangan dan arus suhu pada sistem pencatu daya listrik gedung bertingkat secara wireless berbasis Java dan mikrokontroller
+ Prototype sistem keamanan rumah menggunakan image capturing dan fingerprint berbasis sms menggunakan Java dan mikrokontroller
+ Rancang bangun mesin hot print berbasis Java dan mikrokontroller
+ Prototype sistem keamanan rumah menggunakan image capturing dan fingerprint berbasis sms menggunakan Java dan mikrokontroller
+ Perancangan sistem parkir berbasis sensor infrared menggunakan rfid berbasis Java dan mikrokontroller
+ Perancangan prototype smart movie theater berbasis bluetooth menggunakan Java dan mikrokontroller
+ ALgoritma Genetika untuk pengaturan Jadwal Akademik SMK N Depok
+ Kompressi Citra menggunakan algoritma Huffman berbasis GUI Java
+ Aplikasi keamanan data pada dokumen .rtf berbasis Java
+ Penerapan Metode Interpolasi Linear Pada Pembesaran Citra
+ Sharpening Gambar Dengan Metode Kervel Konvolusi
+ Efek Smearring Dengan Menggunakan Teknik Pertukaran Pixe
+ Implementasi Algoritma Clipping Untuk Program Pemecah File Gambar
+ Penerapan Identifikasi Edge Pada Area Image Dg Menggunakan Algoritma Sobel Edge Detection Dan Crack Edge Relaxation
+ Teknik Kompresi Citra Fraktal Berbasis Metode Two Level Image Partition
+ Metode Akses Spasial Bersarang Pada Citra Dua Dimensi ( The NR-Tree: A spatial Access Method For Two-Dimensional Image)
+ Pembentukan Panorama dengan Image Mosaicing
+ Morphing Berbasis Vektor pada Objek Dua Dimensi Berdasarkan Model Extended Circular Image (ECI)
+ Analisis Dekomposisi Wavelet-Based Subband pada Image Restoration
+ Steganography pada Binary Images Menggunakan EDGE Detection
+ Penerapan Algoritma Genetika untuk pengaturan Jadwal Praktikum Kampus IT Depok
+ Identifikasi Noice pada Blind Image dengan Menggunakan Analisa Local Histogram
+ Implementasi Teknik Adaptive Digital Image Watermarking
+ Perbaikan Kualitas Citra Digital Menggunakan Metode Fuzzy Image Filtering dengan Sharpening
+ Implementasi dan Analisa Perbandingan Antara Algoritma JPEG-LS dan JPEG 2000 pada Lossless Image Compression
+ Aplikasi Adaptasi Format Image Berdasar Type Mini Browser
+ Smoothing Image Dengan Metode Gaussian Filtering
+ Penerapan PSO untuk pengaturan Jadwal Perkuliahan Kampus X Semarang
+ Teknik Kompresi Citra Fraktal Berbasis Metode Two Level Image Partition
+ Deteksi Muka Depan Manusia dari Sebuah Citra Berwarna dengan Template Matching
+ Perancangan dan implementasi sistem citra steganography menggunakan metode transformasi dudex
+ Implementasi Teori Fraktal Pada Kompresi Citra Dengan System Fungsi Iterasi Terpartisi
+ Implementasi Edge Detection Filtering pada Citra Digital dengan Metode Prewitt Operator dan Sobel Operator
+ Perancangan dan Implementasi Teknik Watermarking pada citra Digital menggunakan Blowfish dan Message Digest 5
+ Penajaman Sisi Citra Menggunakan Metode Fourier Phase Only Synthesis dengan pembetulan Fase
+ Pendeteksian Sisi menggunakan Isotropic Operator dengan Proses Awal Pemuliaan Citra menggunakan Teknik Manipulasi Histogram
+ Segmentasi Citra Digital Menggunakan Algoritma Region Merging dan Representasi Quadtree
+ Analisa Performansi Filtering Citra Digital Menggunakan Metoda Two-Dimensional Median Filter Dan Multilevel Median Filter
+ Perancangan Dan Implementasi Teknik Watermarking Pada Citra Digital Dengan Metode Fractal
+ Perancangan Aplikasi Pengolahan Citra dalam Studi Kasus Pengujian Logam
+ Implementasi Pengolahan Citra dalam Proses Seleksi Kemasan Minuman Kaleng
+ Aplikasi Pengolahan Citra Sebagai Alat Bantu Pengawas Keamanan

Tutorial

Link Pembelajaran JAVA LP2M ARAY