1. DESKTOP
  2. Matlab
  3. Java
  4. VB.Net
  5. C# .Net
  6. Delphi
  7. Bahasa R
  8. Power Builder
  9. C++
  10. Pascal
  11. Python
  12. Fortran
  13. VB6
  14. Cobol
  15. Perl
  16. Ruby
  17. Assembler




Lembaga Peduli Pendidikan Masyarakat

Jl. Raya Lenteng Agung No 6 / Gg Realita Seberang Halte Kampus UI Depok 021-22712148 | 081294749250 | 082111476069 | 085279959498 |
Desktop | Web | Mobile | Database | Project | Olah Data | 2d / 3d | Audio Video | Embedeed System | ERP | Cloud / Server | Pajak | Sertifikasi | Tentang |

INFO KURSUS FORTRAN LP2M ARAY


kursus fortran murah lengkap jakarta (4).jpg

PENDAHULUAN Fortran

Bahasa FORTRAN yang dipakai, pada dasarnya adalah yang mengikuti standar FORTRAN 77.Walaupun sudah tidak diproduksi lagi, namun untuk melakukan kompilasikompilasi program dalam buku ini, piranti lunak Compaq Visual Fortran (CVF) versi 6.5 masih tetap digunakan karena alasan-alasan kemudahan dan juga kepraktisannya. Selain CVF tersebut, kompailer lain yang digunakan adalah versi GNU Project (piranti lunak bebas alias open source, dapat juga dilihat situsnya: http://www.gnu.org/), yaitu g77 dan g95.

FORTRAN merupakan bahasa tingkat tinggi tertua dan yang pertama. Sebelum hadir FORTRAN, bila seseorang akan memprogram komputer, maka ia harus menggunakan bahasa mesin yang rumit. Pada tahun 1950, seorang ahli dari pabrik komputer IBM (International Bussiness Machine) bernama John Backus berhasil mengmbangkan suatu bahasa computer yang mudah dipakai, bahkan oleh orang yang awam computer sekalipun. Bahasa itu disebutnya FORTRAN (Formula Translation). Bahasa ini cukup mudah dipahami dan efektif untuk digunakan. Sehingga, bukan hal yang aneh apabila dengan cepat, bahasa ini berkembang di masyarakat. Bahasa FORTRAN ditujukan terutama sebagai aplikasi di bidang sains dan teknik. Namun saat ini, bahasa FORTRAN harus bersaing dengan bahasa-bahasa pemrograman lain secara kompetitif. Menggunakan bahasa FORTRAN tidak terlalu sulit, karena para ahli telah menyusun kamus dalam FORTRAN untuk menterjemahkan bahasa FORTRAN ke dalam bahasa mesin. Nama lain kamus ini adalah ”Compiler”. Tentang generasi- generasi bahasa FORTRAN sampai sejauh ini dikenal FORTRAN, FORTRAN II, FORTRAN III, dan FORTRAN IV.

Keistimewaan ada pada FORTRAN IV karena ditunjang oleh kemajuan dalam hal perangkat keras yang berkembang pada masa itu. Bahasa FORTRAN memang cukup ampuh menangani permasalah dan pemenuhan kebutuhan di bidang bisnis dan sains. Fortran 95 hanyalah merupakan versi Fortran terbaru dengan mengalami sedikit perbaikan kecil dari Fortran versi sebelumnya. Walaupun demikian, tetap ada beberapa kemampuan tambahan jika dibandingkan Fortran 90.

Sampai saat ini, bahasa FROTRAN telah mengalami berbagai kemajuan dan perkembangan dalam standar international, yang dapat disebutkan secara kronologis sebagai berikut :
FORTRAN 66 – dikenal juga sebagai FORTRAN IV, sebagai standar yang pertama kali diperkenalkan oleh American National Standards Institute atau ANSI,dan diterima secara international pada tahun 1972.
FORTRAN 77 – ANSI X3.9-1978 – sebagai standar bahasa pemrograman FORTRAN terstruktur (structured programming) yang pertama diperkenalkan.
FORTRAN 90 – ISO/ IEC 1539:1991 – mengalami berbagai revisi untuk menjadikan bahasa FORTRAN sebagai bahasa pemrograman komputer yang modern.
FORTRAN 95 – ISO/IEC 1539-1:1997 – merupakan perbaikan minor dari versi FORTRAN 90
FORTRAN 2003 – ISO/IEC 1539-1:2004(E) – mengalami beberapa penambahan object-oriented support dan interoperabilitas dengan bahasa C (sebagai natifnya).


Kelebihan bahasa Fortran adalah:
  • proses eksekusi / kompilasi program yang cukup cepat.
  • metode penulisan program sangat fleksibel, setiap bagian blok program dapat ditulis secara tidak berurutan.
  • mendukung teknik kompilasi secara menyeluruh (all compilation), maksudnya misalkan kita memiliki 5 buah file Fortran yang saling berhubungan maka semua file tersebut dapat langsung dikompilasi semua dalam satu perintah dengan bantuan makefile yang kita buat, bagian ini akan dijelaskan pada bab yang akan datang.
  • memilki kompilator (compiler) yang cukup banyak berkembang.



 

LP2M ARAY sebagai tempat pelatihan IT profesional, memberikan solusi yang dapat membantu organisasi dan para profesional untuk meningkatkan kemampuan IT dengan hasil yang lebih baik, peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja. Solusi pelatihan kami rancang dapat memaksimalkan kemampuan peserta pelatihan dengan metode yang komprehensif. Jika anda adalah seorang profesional yang mencari keahlian untuk menemukan cara untuk mencapai keberhasilan bidang IT, maka LP2M ARAY adalah mitra yang tepat untuk Anda sebagai solusi pelatihan terpadu.

Pelatihan ini di peruntukan bagi Pelajar, Mahasiswa, dan Umum*.

Kursus Fortran Selama 5 Hari

Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi Programmer yang mampu mengoperasikan Fortran , mengerti dan familiar dengan bahasa pemograman fortran , memahami konsep pemograman berorientasi objek , mampu menggunakan Integrated Development Environment Fortran/ GUI Fortran ,Mampu membangun program aplikasi desktop berbasis GUI Fortran
Selama training, pengajar akan menggunakan kombinasi teori serta praktek langsung dengan studi kasus yang telah dipersiapkan yang menyerupai Aplikasi nyata dan GUI interface agar belajar pemrograman bertambah mudah dan interaktif.
Belajar 5 hari @3 jam; Biaya Mahasiswa : Rp. 800.000;


Target Belajar al penguasaan dalam hal :
Kurikulum bisa disesuaikan : Math & Science menurut Kurikulum Nasional
Basic Fortran Programming, Expressions and Operators, Decisions, Loops, and Preprocessor Directives, Object-Oriented Programming
More about Classes and Objects, Derived Classes, Interfaces, Strings, Dates, Times, and Time Spans, Arrays and Indexers, Collections, Delegates and Events, Exceptions and Debugging, Threads, Streams and Input/Output    .
Atau Dengan silabus dasar Semua program CLI adalah sbb: +Pemahaman Perintah2 Umum Bahasa Pemrograman, deklarasi, tipe data, karakter control, tandaoperasi, binary operator, relational operator, string operator, komentar program, stateman program, pembuatan prosedur dan fungsi. +Penerapan Input dan Output pada pemrograman (output terformat, letak di layar, bentuk pointer, bentuk di printer). +Praktik formulasi perulangan : for-loop, while-do, do-loop, repeat-until, fungsi tersarang. +Praktik formulasi penyeleksian kondisi : if , if tersarang, case-of, case-of else dll +Praktik operasi-operasi String : del, insert, toString, copy, concat, length dll +Praktik membuat prosedur : tanpa / dengan parameter, prosedur tersarang, prosdur rekursif dll +Praktik membuat function: tanpa / dengan parameter, fungsi tersarang, fungsi rekursif dll +Praktik dan implementasi fungsi Rekursif: Faktorial, pencarian, quick short dll. +Praktkik Integrasi ke Database +Praktik dan Implementasi studi kasus Adapun Dengan Rincian Pembahasannya adalah sbb: Hari1: Pengenalan Variabel Membuat kalkulator matematika Pembahasan fungsi matematika pada Pembuatan dan penerapan fungsi sendiri Pengayaan Materi : penggunaan input, loop, menu pilihan Hari2: Membuat kalkulator kalimat / fungsi String charAt(int index), equals(Object obj), equalsIgnoreCase(String string) compareTo(String string),compareToIgnoreCase(String string) indexOf(int ch), substring(int beginIndex) concat(String str),replace(char oldChar, char newChar) toUpperCase(Locale locale), isEmpty(), split(String regex, int limit) toLowerCase(Locale locale), String format() trim(),toCharArray(), length() Pengayaan Materi : penggunaan input, loop, menu pilihan Hari3: Operasi Skalar, Vectors Pengenalan Matrik 2d, 3d Operasi Matematika Matrix pengayaan Materi : penggunaan input, loop, menu pilihan Hari4: Perbandingan Logika: If & Nesting If (if..end, if..else..end, if..elseif..else..end) in Penerapan Statement (For Loop) Penerapan Statement (Repeat Until) Penerapan Statement (While..do) pengayaan Materi : break, resume, penggunaan input, loop, menu pilihan Hari5: Studi Kasus Menampilkan bentuk matrik yang sudah ditentukan
Lintas Bidang, Berbagai Bidang, Interdisipliner, Multidisipliner.
Kami dapat membantu anda untuk mengembangkan sistem informasi, sistem pendukung keputusan, sistem pakar ataupun jenis aplikasi lainnya yang berkaitan dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan.
Di bidang kesehatan : kedokteran umum, kedokteran gigi, kedokteran hewan dan farmasi.
Di bidang teknik : teknik arsitektur, teknik elektronika, teknik sipil, teknik mesikn, teknik kimia, teknik fisika, teknik informatika dan teknik komputer.
Di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam : matematika, biologi, fisika, kimia dan ilmu komputer. Di bidang ilmu sosial dan politik : ilmu pemerintahan, sosiologi, sosiatri, komunikasi, administrasi negara, administrasi niaga/bisnis, administrasi perkantoran dan sekretaris, hubungan masyarakat, perpustakaan, kearsipan, dokumentasi dan informasi, psikologi, ekonomi, manajemen, akuntasi, perpajakan, geografi, sejarah dan arkeologi.
Di bidang keguruan dan ilmu pendidikan : ilmu pendidikan, manajemen pendidikan, teknologi pendidikan, pendidikan ilmu pengetahuan sosial, pendidikan ilmu pengetahuan alam, pendidikan matematika, pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan biologi, pendidikan ekonomi, pendidikan akuntansi, pendidikan manajemen, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, pendidikan sejarah, pendidikan geografi, pendidikan sosiologi, pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan dan sastra inggris, pendidikan dan sastra jawa, pendidikan dan sastra daerah, pendidikan seni rupa, pendidikan seni musik, pendidikan seni tari, pendidikan seni drama, pendidikan jasmani, pendidikan olahraga, pendidikan kesehatan, bimbingan dan konseling, pendidikan guru sd, pendidikan agama budha, pendidikan agama hindu, pendidikan agama islam, pendidikan agama katholik, pendidikan agama konghucu, pendidikan agama kristen, pendidikan teknologi informasi dan komunikasi.
Di bidang lainnya : pertanian, peternakan, kehutanan, kelautan dan lain-lain.

Kursus Fortran Lanjutan

LP2M menyelenggarakan juga Training Fortran Lanjutan untuk memudahkan para pengguna melakukan Komputasi Matematis lanjutan, Analisa dan Simulasi Grafis untuk keperluan Project Aplikasi. Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi programmer terapan yang lebih baik, Tajam dalam menganalisa suatu bentuk algoritma / metode dan Mahir dalam Pembuatan berbagai Aplikasi Terapan

Untuk pengerjaan perusahaan butuh waktu minimal 3 hari kerja. Untuk pengerjaan Skripsi atau tugas akhir biasanya 5 x pertemuan @4-8jam. Siswa diwajibkan hadir untuk mempelajari logika pemrograman, pemahaman algoritma yang dipakai dan source code yang digunakan. Untuk jarak jauh siswa disediakan penginapan dan pengerjaan max 2 sd 3 hari kerja.

Tutorial

Link Pembelajaran FORTRAN LP2M ARAY