INFO KURSUS COBOL LP2M ARAY


default image lp2maray.jpg

PENDAHULUAN COBOL

COBOL adalah bahasa pemrograman komputer, digunakan oleh orang yang akan memberikan instruksi-instruksi kepada komputer untuk menyelesaikan persoalan bisnis. karena orientasinya pada suatu masalah, bahasa ini sering disebut juga dengan istilah Problem Oriented Language.

COBOL hampir dapat digunakan pada semua komputer yang tersedia kompiler COBOLnya (High Level Language). ANSI COBOL ini yang sekarang banyak diterapkan oleh sejumlah pabrik-pabrik komputer. Dengan adanya standarlisasi, pemakai tidak terlalu sulit menggunakan bahasa COBOL versi yang berbeda, karena inti dari bahsa ini sama. Dengan bahasa COBOL, kita cukup menulis instruksi dengan kata bahasa inggris seperti ADD, MOVE, MULTIPLE,READ, WRITE dan sebagainya.

Kata-kata yang dipergunakan dalam bahasa COBOL disebut COBOL Reserved Words. Disamping CoBOL reserved words, yang merupakan kata-kata yang sudah ditetapkan oleh bahasa COBOL, yang mempunyai arti tertentu, pemakai bahasa ini dapat membuat sendiri kata-kata ( User Defined Words) untuk mendefinisikan suatu nama tertentu. Program bahasa COBOL merupakan program terstruktur , yaitu program yang strukturnya jelas, mudah dibaca, dan mudah dipelajari, dan baik untuk dokumentasi.

 

Keunggulan Cobol

 

Kekurangan Cobol

Kursus Cobol 5 Hari

LP2M menyelenggarakan Training Cobol Untuk Math Computation dan Analysis yang sangat berguna untuk mendapatkan skill tentang cara penggunaan Cobol sebagai aplikasi bantu untuk memudahkan para pengguna untuk keperluan Project Manajemen Data.

Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi Programmer yang mampu mengoperasikan Cobol demi menghasilkan pembuatan Kalkulasi Optimal yang sesuai kriteria project. Selama training, pengajar akan menggunakan kombinasi teori serta praktek langsung dengan studi kasus yang telah dipersiapkan yang menyerupai Aplikasi nyata dan GUI interface agar belajar pemrograman bertambah mudah dan interaktif.
Belajar 5 hari @3 jam; Biaya Mahasiswa : Rp. 1.000.000;

IDENTIFICATION DIVISION : 
untuk pengidentifikasian pembuat program ,tanggal pembuatan,dll Harus ada didalam program, 
tetapi isinya tidak mempengaruhi jalannya/ proses dari program: 
 +Judul divisi
 +Paragraph
 +Paragraph yang mengandung entry

ENVIRONNENT DIVISION : 
untuk informasi keadaan komputeryang dipakai:
 +Configuration section  (Berisi informasi mengenai komputer yang digunakan).
 +Input - Output section (Berisi mengenai peralatan - peralatan yg digunakan untuk memproses file), al:
	 Section yg terdiri dari paragraph
	 Paragraph yang berisi entry
	 Entry yang berisi clause

DATA DIVISION : 
untuk informasi mengenai bentuk dan jenis data yang digunakan, antara lain:
 - File Section (nama record dalam file,jenjang dari data item didalam record, ukuran panjang dan tipe dari masing - masing file)
 - Working-Storage Section (optional)
 - Screen Section (optional/ untuk mendefinisikan bentuk dari layar input / output)
 - Linkage Section (optional/untuk menerangkan bahwa suatu file mempunyai hubungan dengan file lain)
 - Report Section (optional /untuk menggambarkan bentuk laporan yg akan dicetak)

PROCEDURE DIVISION : 
untuk memuat procedure pemrosesan data:
Berisi paragraph - paragraph yang terdiri dari instruksi untuk pelaksanaan program.

STUDI KASUS
Pengolahan manajemen data (Studi Kasus Surat Masuk/Keluar)

Kursus cobol Lanjutan

LP2M menyelenggarakan juga Training cobol Lanjutan untuk memudahkan para pengguna melakukan pengolahan data / arsip. Training ini akan mengarahkan para pesertanya untuk menjadi programmer terapan yang lebih baik, Tajam dalam menganalisa suatu bentuk basis data dan Mahir dalam Pembuatan berbagai Aplikasi Terapan


Belajar Minimal 3 hari atau Sampai target aplikasi Selesai; Biaya Mahasiswa : Rp. 500.000 s/d 1.500.000;

Untuk pengerjaan perusahaan butuh waktu minimal 3 hari kerja. Untuk pengerjaan Skripsi atau tugas akhir biasanya 5 x pertemuan @4-8jam. Siswa diwajibkan hadir untuk mempelajari logika pemrograman, pemahaman algoritma yang dipakai dan source code yang digunakan. Untuk jarak jauh siswa disediakan penginapan dan pengerjaan max 2 sd 3 hari kerja.

Tutorial

Link Pembelajaran LP2M ARAY